5 Aplikasi HTML to PDF Android Gratis Terbaik

Artikel ini mempersembahkan 5 aplikasi konverter HTML to PDF Android yang akan mengubah laman web/html menjadi file PDF dengan mudah.

Hampir semua dari kita memanfaatkan smartphone/tablet untuk browsing web. Ada waktu dimana kamu butuh menyimpan kopian dari laman web. Biasanya, yang dilakukan adalah bookmark laman web tersebut. Ada beberapa kekurangan jika menggunakan cara ini, salah satunya kita hanya bisa mengaksesnya ketika ada akses Internet. Belum lagi kalau tiba-tiba laman web tadi sudah tidak bisa diakses lagi.

Karenanya, mendingan disimpan saja menggunakan aplikasi HTML to PDF Android sehingga akan tersimpan di file lokal dan bisa dibaca offline. DSG akan memberi info bagaimana cara menyimpan dan konversi HTML/web ke PDF agar tidak terjadi masalah seperti diatas.

5 Aplikasi Konverter HTML to PDF Android Terbaik

Berikut adalah daftar aplikasi konverter HTML to PDF Android terbaik, yang masing-masing juga bisa berfungsi sebagai PDF viewer atau PDF reader di Android.

No.Nama App AndroidHargaRatingSupported AndroidUkuran
1Web to PDFGratis3.8/5Android 2.1 keatas220K
2Convert web to PDFGratis4.0/5Android 2.3 keatas777k
3Website to PDFGratis3.8/5Android 2.2 keatas661K
44. Web to PDF saverGratis3.7/5Android 3.2 keatas585K
5URLToPDFGratis4.2/5Android 1.6 keatas1.3M

1. Web to PDF

Web-to-PDF

Web to PDF adalah aplikasi yang bisa menghasilkan PDF dari webpage manapun. Aplikasi ini memiliki 2 tab utama yaitu tab Create dan Browse. Tap pada tab Create akan membawa kita untuk memasukkan URL website yang diinginkan. Di pojok kanan atas, ada tab Generate dimana kamu bisa meng-generate file PDF. Tab Browse adalah dimana kamu bisa melihat PDF dari laman web yang sudah disimpang. Jika kita tap pada PDF agak lama, akan muncul opsi untuk membuka, mengirim/share, mengubah nama, atau menghapusnya.

Aplikasi ini bekerja sesuai promosinya, yaitu mengonversi laman web menjadi file PDF. Antarmukanya mudah digunakan kok. Salah satu keunggulan menggunakan aplikasi HTML to PDF Android ini adalah disertainya browser built-in. File PDF yang dihasilkan oleh aplikasi ini juga bersih dan terformat dengan baik. File PDF juga bisa dishare dengan mudah lewat email, Dropbox, Google Drive, dll.

Kekurangannya mungkin iklan yang tampil di bagian bawah layar. Memang cuma disitu saja iklannya, tapi tetap ada lah orang yang benci sekali dengan iklan dan merasa terganggu. Aplikasi ini juga tidak menyediakan fitur pengaturan parameter file.

Link Download Web to PDF

 

2. Convert web to PDF

Convert web to PDF

Aplikasi Convert web to PDF memenuhi kebutuhan siapa saja yang ingin mengonversi laman website apapun ke PDF untuk dibaca secara offline. Setelah membuka aplikasinya, kamu bisa melihat text field tempat meletakkan URL yang hendak dikonversikan ke PDF. Menekan tombol Convert akan memulai generate file PDF.

Bagian pojok kanan atas adalah dimana kamu bisa menemukan opsi Downloads dan Settings. Tampilan Downloads adalah dimana semua PDF dari laman web disimpan. Tap sebuah item secara lama akan memunculkan opsi untuk share, menghapus, atau membuka filenya. Beberapa layanan share yang bisa dipilih: email, Dropbox, Google Drive, dan Bluetooth.

Ikon Settings adalah tempat dimana kamu bisa mengatur opsi seperti menambah daftar isi (Insert Table of Contents), melakukan proses ekspor PDF di background, ekspor PDF dalam grayscale, ekspor PDF dengan kualitas tinggi, tidak menyertakan gambar untuk diekspor ke PDF, dan hanya ekspor teks ke PDF.

Keunggulan menggunakan aplikasi HTML to PDF Android ini adalah customization. Kamu bisa mengatur parameter berbeda untuk menyesuaikan keinginan. Aplikasi juga mengizinkan kamu untuk preview file PDF langsung tanpa bantuan aplikasi lain.

Iklan yang ada di aplikasi ini mungkin mengganggu. Aplikasi juga tidak menyertakan browser built in sehingga kamu harus mengkopi URL dari browser lain kemudian baru paste di aplikasinya. Masalah muncul jika kamu hendak paste URL yang sangat panjang ke text field, URL nya akan terpotong…

Link Download Convert web to PDF

 

3. Website to PDF

Website To PDF

Aplikasi Website to PDF memungkinkanmu membuat file PDF dari laman web langsung dari smartphone Androidmu. Antarmukanya terdapat text field untuk paste URL yang hendak kamu simpan sebagai PDF. Kamu bisa mengatur ukuran kertasnya sebesar letter atau A4. Untuk orientasinya bisa portrait atau landscape. Fitur lain yang tersedia adalah penghapusan background, menambahkan nomor halaman, membuat PDF menjadi grayscale, dan mengatur opsi untuk book printing. Kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan JavaScript. Di pojok kanan atas ada tombol Downloads untuk menampilkan PDF yang telah di-generate. Ada opsi untuk membuka, share, atau menghapus item tertentu dengan cara klik pada item yang dimaksud.

Keunggulan aplikasi ini adalah kamu bisa mengatur parameter file untuk tiap PDF. Jika kamu menginginkan fitur lain seperti memilih ukuran kertas dan orientasi, serahkan semuanya pada aplikasi HTML to PDF Android ini. Tapi aplikasi ini juga menyertakan iklan yang lumayan. Plus watermark di setiap PDF yang telah di-generate. Untuk menghilangkan iklan dan watermark, kamu diharuskan membeli versi full nya.

Link Download Website to PDF

 

4. Web to PDF Saver

Web to PDF saver

Sesuai namanya, Web to PDF Saver menyimpan laman web ke file PDF untuk dibaca secara offline di perangkat Androidmu. Input URL laman web yang akan disimpan. Juga pilih direktori tempat disimpannya file PDF. Klik tombol Save untuk memulai konversi laman web ke PDF.

Bagi pengguna yang ingin mengatur parameter file, aplikasi ini bukan aplikasi HTML to PDF Android yang pas. Tidak tersedia juga fitur PDF viewer bawaan aplikasi ini sehingga untuk membuka file PDF hasil generate kita harus membukanya dengan aplikasi lain. Plus, aplikasi ini ada iklannya dan proses konversi laman web ke PDF untuk aplikasi ini cenderung lebih lama dari aplikasi sejenis.

Link Download Web to PDF Saver

 

5. URLToPDF

UrlToPDF

URL To PDF adalah aplikasi HTML to PDF Android yang kaya fitur. Masukkan URLnya dan klik tombol Convert untuk generate PDF. Ada banyak pilihan konfigurasi yang bisa dipilih. Beberapa parameter PDF yang bisa dipilih adalah background, daftar isi, grayscale, kualitas, gambar, orientasi, dan media cetak. Kita juga bisa memberi nomor halaman, penanggalan, dan URL sumber. User-Agent untuk konversi juga bisa dipilih: iPhone, iPad, Android, Chrome, atau Internet Explorer. File PDF yang telah di-generate juga bisa langsung dikirim ke email.

Aplikasi ini memiliki browser file built in dimana kamu bisa melihat dan membaca PDF yang tersimpan. Aplikasi ini sangat berguna bagi yang membutuhkan aplikasi HTML to PDF Android dengan banyak fitur. Tidak hanya konversi laman web ke PDF, aplikasi juga menyediakan opsi bagi pengguna untuk membuat link dimana PDF bisa di-download online, sehingga share lebih mudah.

Punya banyak fitur, tapi tetap tidak luput dari kekurangan. Pertama, ada iklan (pastinya). Kedua, beberapa fitur seperti Clean Page masih dalam fase percobaan sehingga kadang-kadang masih tidak bekerja sebagaimana mestinya. Terakhir, link dimana file PDF bisa didownload bisa kadaluarsa tergantung kapasitas yang tersedia di server milik developer.

Link Download URLToPDF

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *