7 Website Terbaik untuk Para Pecinta Musik

Musik dan internet adalah 2 hal keren yang bisa bersinergi bersama. Buktinya, hampir semua dari kita yang punya smartphone pasti sudah menginstall setidaknya 1 aplikasi musik terbaik seperti Spotify, Pandora, atau Soundcloud.

Kamu juga sudah tahu ke situs mana setiap Selasa untuk melihat-lihat rilisan musik baru. Karena perkembangannya sangat cepat, mungkin tidak semua situs-situs bagus untuk para pecinta musik banyak diketahui. Atau mungkin lupa? Apapun itu, inilah daftar website terbaik bagi para pecinta musik, baik itu untuk browsing-browsing musik, share musik, hingga informasi nonton konser musik.

1. Daytrotter

daytrotter

Mereka melabeli diri sebagai “Tempat mencari musik-musik baru dari band yang baru muncul ke permukaan”, tapi banyak juga kok yang dari band yang sudah naik daun. Daytrotter merekam live sessions dengan para musisi (contoh: Mumford and Sons, The Lumineers) dan bisa kamu tonton/dengarkan, kalau sebelumnya sudah mendaftar sebagai member. Kamu bisa mengatur playlist musik di Daytrotter Player di bagian bawah website, baik playlist buatan member lain atau buatan musisinya langsung.

Selain live sessions yang baru dan yang akan datang, ada juga arsip yang bisa kamu jelajahi untuk mendapat hiburan musik berjam-jam non stop. Mulai dari Avett Brothers ke Zookeeper, Swingin’ Utters ke The Mountain Goats, Daytrotter menyediakan semuanya untuk para pecinta musik.

 

2. Hype Machine

hype-machine

Hype Machine ini seperti gabungan Pandora dan last.fm. Website ini mengumpulkan musik dari blog-blog mp3 dan mempostingnya ke halaman utama dimana pengguna bisa mengirimkan “love” ke lagu yang diinginkan dan membuat daftar putar. Kamu bisa mencari berdasar genre berbeda atau sekedar mencari musik yang paling fresh, premiere album, dan artis paling populer.

Menu musik paling populer bagus untuk menemukan musik-musik baru. Di setiap lagu terdapat tautan dimana kita bisa membeli/mendownload musik dan tautan untuk share lagu tersebut ke banyak media sosial.

 

3. NPR Music

npr

National Public Radio punya (hampir) semuanya. Wawancara, sesi khusus, daftar putar, review, “All Songs Considered”, artikel-artikel musik yang dibuat secara profesional. Karena cakupan luasnya itulah, banyak sekali ’emas’ yang bisa ditemukan di situs ini. Beberapa konten yang terkenal adalah saat Jack White berbicara tentang Charley Patton, postingan tentang ulang tahun ke-20 The Chronic, serta musik apa yang harus kamu download di 2016 ini.

 

4. This Is My Jam

thisismyjam

Situs ini adalah tempat share jams. Itu lho, lagu yang sedang kamu gandrungi. Lagu yang lagi suka kamu putar berkali-kali, lagu yang membuat harimu lebih baik, atau lagu yang selalu membuatmu baper dan menangis…

Pengguna posting lagu yang mereka inginkan dengan bantuan layanan eksternal seperti YouTube atau Soundcloud. Kemudian lagu tadi secara otomatis akan ada di linimasa follower kamu, nantinya follower atau pengguna lain bisa like, comment, atau re-jam untuk menjadikannya jam mereka sendiri. DSG suka nongkrong di situs ini ketika sedang ingin mendengarkan lagu-lagu yang lain dari biasanya. Tips: scroll saja halaman utamanya atau klik tombol explore untuk menemukan lagu-lagu dan musik rekomendasi pengguna lain.

 

5. Soundcloud

soundcloud

Soundcloud awalnya menjadi tempat para musisi berbagi hasil karyanya, namun seiring berjalannya waktu menjadi semakin luas. Kini musisi bisa berkolaborasi, mempromosikan, dan share musik mereka sementara para penikmat musik bisa tetap mencari musik baru untuk didengar.

Hal yang paling unik tentang Soundcloud adalah caranya menampilkan lagu dalam gelombang suara, pengguna bisa mendengarkan dan berkomentar di hanya bagian tertentu saja dari sebuah lagu (timed comments). Lebih dikenal sebagai aplikasi distribusi musik daripada aplikasi untuk mendengarkan musik, Soundcloud tetap menjalankan kedua fungsinya dengan baik.

 

6. Stereomood

stereomood

Yang satu ini cocok disebut emotional radio. Stereomood adalah aplikasi musik yang menyajikan musik sesuai dengan mood. Misal, ketikkan “I feel aggressive” pada kotak pencarian dan kamu akan langsung disuguhi playlist yang cocok dengan mood kamu sekarang. Tidak hanya mendapat lagu yang sesuai dengan mood saat ini, tapi juga tidak mungkin kamu menemukan musik baru.

Algoritma pada situs ini bekerja cukup baik. “I feel melancholy” menyertakan Bon Iver pada playlist dan “I feel sad” menyertakan lagunya Bat For Lashes. Banyak mood yang bisa kamu eksplor disini, entah itu mood yang rumit atau sederhana, lagu yang sesuai mood kamu akan diberikan website ini. Kamu bisa menyukai (“♥”) lagu-lagu dan menambahkannya ke playlist pribadi sehingga jika kedepannya kamu sedang dalam mood yang sama, cukup putar ulang saja. Atau klik tombol mood flip untuk membuatnya sebagai mood booster, semoga lekas ceria lagi ya dengan bantuan Stereomood.

 

7.  Concert Vault 

concert-vault

Konser-konser musik live yang distreaming secara online. Lengkap. Mulai dari The Ramones saat konser di Palladium tahun 1978. U2 di Boston Garden tahun 1987. Janis Joplin, Filmore East, 1969. Tidak hanya konser musik rock, ada juga jazz, indie, bluegrass, hingga komedi. Memang kamu harus menjadi member pada situs ini, tapi ada trial gratis kok. Biaya membernya pun murah dan worth it: ada fasilitas streaming audio dan video, playlist, wawancara eksklusif, dan download-an musik gratis.

***

Semoga kamu merasa terbantu dengan adanya artikel ini, terutama kalau website diatas kamu belum tahu, atau sekedar menyegarkan ingatan. Kamu bisa berbagi situs musik favoritmu juga kok, kali-kali DSG hendak membuat Part 2 dari daftar website terbaik untuk para pecinta musik.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *