Cara Memindai (Scan) Dokumen dengan Smartphone/Tablet

Cara memindai dokumen dengan smartphone/tablet seperti apa ya yang hasilnya bisa bagus dan mudah? Jaman sudah berubah, kini semakin banyak orang menggunakan kamera ponsel untuk memindai dokumen, tidak lagi menggunakan scanner hardware. 

Fenomena foto catatan dan tulisan di papan tulis juga semakin marak di kalangan pelajar dan mahasiswa. Memang dirasa lebih praktis, tapi hasil yang didapat sangat bergantung kepada kemampuan smartphone dan kemampuan mengambil foto. Bisa-bisa blur dan tidak terbaca, miring. Seringkali kita perlu mengedit, crop, bahkan mengubah kontras dan tingkat kecerahan agar hasilnya lebih bagus.

Gak masalah sih sebenernya. Tapi akan menjadi masalah jika dokumen/catatan yang harus di-scan berjumlah banyak. Begitu juga jika kamu hendak memindai nota-nota, resep (dari buku resep) favorit, atau kopian yang jelas dari kartu nama orang lain. Untungnya, jika kamu adalah pengguna Android atau iOS, ada cara memindai dokumen terbaik yang bisa kamu coba.

Cara Terbaik untuk Memindai Dokumen dengan Menggunakan Android

Salah satu cara terbaik untuk memindai dokumen pada Android adalah menggunakan Google Drive. Cara memindai item-item dengan Google Drive, buka aplikasinya, tap tanda ‘+’ kemudian tap ‘Scan’.

scan-dokumen-android-google-drive

Setelah berhasil mengambil foto dari dokumen, Google Drive akan melakukan crop dan membersihkannya untukmu. Jika kamu menginginkan perbaikan lainnya, kamu bisa crop lagi, mengubah intensitas warna, mengubah nama file, atau menambahkan pindaian baru. Fitur terakhir penting karena Google Drive menyimpan hasil pemindaian dokumen dalam file PDF, jadi kamu dapat memindai banyak dokumen dalam 1 file.

hasil-scan-dokumen-android-google-drive

Ada beberapa pengaturan lain yang bisa kamu oprek dengan cara tap ikon 3 titik di pojok kanan atas dan pilih ‘Settings’. Pada pengaturan, kamu bisa menentukan bagaimana gambar ditingkatkan kualitasnya (jika iya), ukuran kertas, orientasi (portrait/landscape), serta kualitas gambar.

pengaturan-scan-dokumen-android-google-drive

Mudah dilakukan, bekerja dengan baik, serta segala sesuatunya akan disimpan di cloud jadi tidak perlu repot mentransfer dokumen dari satu perangkat ke perangkat lain. DSG merekomendasikan menggunakan Google Drive di Android untuk keperluan memindai dokumen.

 

Cara Terbaik untuk Memindai Dokumen dengan Menggunakan iPhone atau iPad

Jika kamu pengguna iPhone/iPad maka cara terjelas, tercepat, termudah, dan terbaik untuk mendapatkan hasil scan yang bagus adalah dengan aplikasi Evernote Scannable. Saat ini memang hanya tersedia untuk iOS.

scannable-download

Scannable ini mudah sekali digunakan. Saat membuka aplikasi, cukup tahan posisi device kamu diatas dokumen yang ada diatas background kontras. Dokumen, sesuatu yang penuh dengan teks, kartu nama, nota pembayaran, atau apapun yang kamu pindai akan berubah menjadi biru dan indikator progress berwarna putih akan muncul di tengah-tengah. Ketika indikator berubah menjadi lingkaran penuh, dokumen telah dipindai dengan baik.

scannable-scan

Scannable melakukannya secara otomatis dengan hasil yang bagus. Seperti Google Drive, Scannable tahu bagaimana crop dokumen yang benar serta memperbaiki komposisi warnanya sehingga dokumen hasil pindaian menjadi clean dan mudah dibaca. Walau begitu, tersedia juga fitur untuk scan dan memperbaiki elemen secara manual. Tap ‘Manual’ dan tombol shutter akan muncul di pojok kanan layar. Tap tombol ‘x’ kecil untuk kembali ke mode otomatis.

scannable-scan-kartu-nama

Di bagian bawah aplikasi, ada tray yang bisa di-scroll untuk melihat semua item yang telah dipindai. Tekan dan tahan sebuah gambar kemudian swipe keatas untuk menghapus item tadi; atau tekan ikon tempat sampah untuk menghapus semuanya.

Tap pada gambar manapun dalam tray untuk mengedit. Jika kamu tap sekali lagi, sebuah bar berwarna biru akan muncul, sehingga kamu bisa crop, rotate, dan menghapus gambar yang telah dipilih tadi.

Evernote-Scannable

Tap gambar lagi dan bar biru akan menghilang. Di bagian bawah layar adalah nama hasil pemindaian, secara default adalah ‘Scannable Document’. Untuk mengubah nama file, cukup tap pada nama default. Jika kamu tap lingkaran biru dibawahnya, akan muncul beberapa opsi: kamu bisa menambahkan dokumen pada message yang hendak kamu kirim, email, menambahkannya ke Camera Roll (Photos), atau mengirimnya ke workbook Evernote.

Hendak meeting? Kamu bisa share hasil scan via kalender ke seluruh partisipan event disaat atau setelah meeting sehingga semuanya bisa menikmati. Jika kamu tap tombol ‘More…’ kamu akan menjumpai opsi familier untuk OS X, opsi untuk share ke media sosial, printer, dan AirDrop.

scannable-share

Scannable juga membuat proses menyimpan kartu nama menjadi kontak menjadi sangat mudah. Aplikasi bisa secara otomatis menyimpan kartu nama hasil pemindaian ke Evernote; atau melakukannya secara manual. Perlu install Evernota dan sign in ke LinkedIn dulu tapi.

Untuk mengakses pengaturan, tap ikon gir kecil di pojok kiri atas. Disana kamu bisa menentukan format file apa untuk menyimpan hasil pemindaian, memilih aplikasi kalender mana saja yang memiliki hak akses, membaca knowledge base (bantuan), dll. Kamu masih bisa menggunakan Scannable tanpa Evernote (walau fiturnya menjadi terbatas sih).

scannable-pengaturan

Scannable dan Google Drive adalah cara terbaik untuk memindahkan bentuk analog kertas kedalam format yang lebih ramah lingkungan. Sehingga mimpi mewujudkan paperless semakin mendekati kenyataan.

Bagaimana menurutmu? Cara apa yang kamu gunakan untuk memindai dokumen dengan bantuan smartphone kamu? Adakah cara lain?

Tautan penting:

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *