10 Aplikasi untuk Menyesuaikan Pengaturan Monitor

Satu hal yang berdampak nyata ketika menggunakan komputer dalam waktu yang lama adalah kesehatan matamu. Konfigurasi yang lebih pas dan ramah di mata bisa membuat aktivitas berkomputer kita lebih nyaman, terutama jika bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama.

Memang mayoritas monitor atau laptop memiliki tombol fisik untuk menyesuaikan setting-an pencahayaan monitor. Tapi tidak semuanya memiliki fitur konfigurasi yang lengkap sehingga bisa membuat mata lebih nyaman. Berikut ini adalah 10 cara berbeda untukmu mengonfigurasi pencahayaan dan kontras layar komputermu, termasuk konfigurasi lanjut seperti gamma atau color temperature.

1. Desktop Lighter

desktop-lighter

Dengan Desktop Lighter kita bisa menyesuaikan pencahayaan pada layar dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini bisa mengubah brightness level dengan mengklik ikon di tray kemudian menyesuaikan slidernya kearah atas dan bawah, atau dengan menggunakan hotkeys keyboard. Kombinasinya: Ctrl+ atau Ctrl- yang mirip dengan aplikasi lain/hotkey Fn di banyak laptop.

Link Download Desktop Lighter

 

2. iBrightness Tray

iBrightness Tray

iBrightness Tray ini seperti swiss army knife-nya penyesuaian pencahayaan layar. Fitur lainnya ada mengaktifkan screensaver hanya dalam sekali klik dan mematikan layar secara penuh. Berguna bagi pengguna laptop yang ingin menghemat daya dan mematikan layar pada periode waktu tertentu. Jalankan aplikasi portabel-nya dan klik tray icon untuk memunculkan window dimana kamu bisa mengubah tingkat brightness dengan slider, aktivasi screensaver, atau opsi mematikan layar. Klik kanan pada tray akan memberi opsi tambahan apakah aplikasi ini perlu dijalankan saat startup Windows atau mengubah screensaver defaultnya.

Link Download iBrightness Tray

 

3. RedShift GUI

RedShift GUI

RedShift GUI memiliki slider sederhana untuk menyesuaikan kecerahan layar. Selain itu, RedShift GUI bisa menyesuaikan color temperature layar secara dinamis bergantung pada waktu tertentu. Ketika siang akan sedikit lebih cerah dan warm, sedangkan di malam hari sedikit lebih gelap. Hal ini akan memudahkan mata. Cukup atur temperatur saat siang dan malam di Settings kemudian pilihlah lokasimu baik dari IP, kota, atau ketikkan koordinat secara manual.

Link Download RedShift GUI

 

4. Gamma Panel

gamma-panel

Bagi yang ingin mengubah lebih dari sekadar kecerahan, Gamma Panel adalah aplikasi yang patut dilirik karena bisa juga menyesuaikan gamma, contrast, dan tweak masing-masing warna dasar Red, Green, dan Blue (RGB). Kamu juga bisa membuat preset/profile yang bisa diaktivasi dengan hotkey tertentu. Walaupun aplikasi buatan 2002, tapi kompatibel lho dengan Windows 7,8, dan 10.

Link Download Gamma Panel

 

5. ScreenBright

ScreenBright

ScreenBright adalah aplikasi gratis & portabel yang bisa menyesuaikan brightness, contrast, color luminance, dan color temperature layar. Kekurangannya adalah aplikasi ini hanya support layar/monitor yang memiliki DDC/CI atau USB-control. Cara menggunakannya cukup menyesuaikan slider masing-masing dan klik Save jika sudah. ScreenBright juga support argumen command line sehingga bisa kamu gunakan dalam shortcuts, scripts, atau membuat scheduled task untuk mengaktifkannya di waktu tertentu.

Link Download ScreenBright

 

6. f.lux

flux-mac

f.lux adalah aplikasi yang sangat mirip dengan RedShift GUI: menyesuaikan color temperature layar bergantung waktu dan kondisi cahaya. Lokasimu bisa didapat dari website resmi f.lux kemudian bisa kamu inputkan ke aplikasi. Aplikasi ini bisa dinon-aktifkan selama satu jam jika selama itu kamu membutuhkan color range yang tepat (contoh: ketika sedang mendesain hal yang sensitif dengan warna).

Link Download f.lux

 

7. Dimmer

Dimmer

Dimmer adalah aplikasi sederhana berukuran kecil (50 KB) yang akan mengurangi kecerahan layar desktop kapanpun kamu menjalankannya. Cukup jalankan aplikasi portabelnya dan layar akan langsung meredup. Klik kanan pada tray icon memberi kita kesempatan untuk mengonfigurasi besaran pengurangan kecerahan, mulai dari 5% hingga 95%. Kelemahannya, taskbar, Start Menu, dan konteks menu klik kanan tidak ikut meredup kecerahannya.

Link Download Dimmer

 

8. FriendEye

FriendEye

FriendEye adalah aplikasi berguna untuk mengurangi kecerahan layar dengan cepat dengan hanya sekali klik pada tray icon. Jalankan aplikasi portabelnya dan klik tray icon untuk mengonfigurasi besaran pengurangan kecerahan dengan menginputkan prosentase kedalam input box yang disediakan. Ada opsi tambahan untuk menambahkan black/grey, sepia, atau green tint sebagai dimming color. Efek pengurahan kecerahannya sangat halus dan cukup klik tray icon untuk mengaktifkan/mengembalikan ke color level aslinya.

Link Download FriendEye

 

9. Monitor Bright

MonitorBright

Monitor Bright adalah tool portabel yang mirip dengan Dimmer, tapi memiliki fitur tambahan untuk menggunakan color tint untuk menyesuaikan kecerahan layar. Bisa dari warna apa saja selama itu ada pada color palette dan memiliki efek. Pilihlah warna hitam dan kecerahan akan langsung dikurangi sesuai prosentase yang kamu pilih di tray menu klik kanan. Memilih warna putih akan meningkatkan kecerahan layar standar. Kekurangannya juga mirip dengan Dimmer, taskbar, start menu dll. tidak ikut menyesuaikan tingkat kecerahannya.

Link Download Monitor Bright

 

10. Mengubah Brightness dengan driver video bawaan

Kalau kamu punya video adapters dari nVidia, AMD, atau Intel, kamu bisa mengubah setting seperti brightness, contrast, gamma, dan setting lain langsung di window konfigurasi bawaan driver. Jadi tidak perlu aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Mengubah konfigurasi layar untuk graphic adapter NVidia

brightness-nvidia

  1. Klik kanan pada Desktop dan pilih NVIDIA Control Panel.
  2. Klik “Adjust desktop color settings” di navigation bar bagian kiri.
  3. Pilihlah monitor/layar (jika ada lebih dari satu) dan pilih “Use NVIDIA settings“, disini kamu bisa mengubah slider untuk Brightness, Gamma, dan Contrast. Klik Apply jika sudah.

Mengubah konfigurasi layar untuk graphic adapter AMD

brightness-amd-ati

Video driver AMD/ATI juga memiliki fitur brightness, contrast, dan gamma. Tiap versi driver memiliki perbedaan tampilan pada tool, namun kurang lebih sama. Cara mengaksesnya adalah klik kanan pada Desktop dan pilih “Catalyst Control Center” dari context menu.

Mengubah konfigurasi layar untuk graphic adapter Intel

brightness-intel

  1. Klik kanan pada Desktop kemudian pilih “Graphics Properties…” atau temukan Intel driver option pada Control Panel.
  2. Klik pada “Color Correction” di sebelah kiri, kemudian ubahlah settingan untuk gamma, brightness, dan contrast.
  3. Klik Apply atau OK jika sudah.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *