Cara Hapus History Google (Pencarian) di Akun Google-mu

Sekarang Google membolehkanmu mendownload daftar arsip dari semua pencarian yang telah kamu lakukan, hapus history Google juga bisa. Arsip ini berisi semua terms yang telah di-Google pengguna, termasuk informasi sensitif seperti gejala medis atau nama orang yang kamu taksir… Dengan ini kamu memiliki akses data kapanpun dan dimanapun kamu mau.

Hapus history Google disini tidak terbatas pada mesin pencarinya saja, namun juga berlaku untuk produk Google lainnya seperti akun email maupun alamat yang diketikkan pada Google Maps. Tapi kalau dilihat lagi, fitur ini sebenarnya berbahaya karena data yang di-download bisa bocor ke oknum, karena itulah Google memberi peringatan pada pengguna yang hendak mendownload semua history Google.

Btw, untuk cara download history Google dan cara hapus history Google dibawah, jika akun Google mu menggunakan bahasa lain selain bahasa Inggris, menyesuaikan ya… Maklum, DSG pakenya bahasa Inggris #sombong

Cara download history Google

download-history-google

  1. Sign in ke akun Google.
  2. Pergilah ke Web & App Activity
  3. Di pojok kanan atas laman, klik ikon 3 titik vertikal dan pilih “Download searches”.
  4. Klik “Create Archive”. download-arsip-history-pencarian-google
  5. Saat arsip pribadimu siap di-download, Google akan mengirimimu email. Kemudian kamu bisa melihat arsipnya di “Takeout Folder” pada Google Drive. Kamu juga bisa mendownload daftarnya ke PC dalam file zip berisi file-file JSON.

Cara hapus history Google

hapus-history-google

  1. Sign in ke akun Google.
  2. Pergilah ke Web & App Activity
  3. Di pojok kanan atas laman, klik ikon garis vertikal dan pilih “Delete options”.
  4. Pilih periode waktu history yang akan dihapus. Untuk menghapus seluruh history Google, pilih “The Beginning of Time”.
  5. Klik “Remove”.

 

hapus-history-google-advanced

Disediakan juga opsi untuk menghapus item pencarian tertentu/spesifik, pencarian yang dilakukan di periode tertentu yang lebih baru, dan pencarian yang dilakukan hanya di perangkat mobile/tablet.

Tapi dengan kamu hapus history Google tidak berarti data tersebut benar-benar menghilang. Berdasarkan pernyataan resmi Google, data-data tadi memang tidak lagi diasosiasikan dengan akun Google kamu, tapi masih digunakan untuk mencegah spam, abuse, dan sebagai basis data untuk meningkatkan fitur-fitur produk Google.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *