Cara Hapus Virus Shortcut dengan Mudah dan Cepat

Infeksi virus komputer sebenarnya dapat di atasi dengan antivirus pastinya kamu sudah tahu dan mungkin sudah digunakan saat ini olehmu, tapi kali ini kita berbicara tentang Virus Shortcut yang merupakan virus baru yang modern yang mana secara otomatis akan menginfeksi ke komputer / USB / SD card dan mengkonversi file menjadi shortcut.

Terkadang virus ini membuat seluruh file terlihat seperti menghilang. Hal pertama yang terkadang membuat kesal krena virus Shortcut ini tidak dibersihkan oleh program antivirus.

Kebanyakan kasus yang terjadi adalah ketika kita melakukan scan pada komputer/ USB Drive yang jelas-jelas terinfeksi virus Shortcut dengan program anti-virus mereka hanya memberitahu bahwa “Tidak ada ancaman yang terdeteksi” yang benar-benar membingungkan dan bagi yang tidak tahu cara menghapus virus ini, hal terakir yang biasanya dilakukan adalah mem-format media penyimpanan yang terinfeksi, ini bukanlah solusi yang bai karena kebanyakan kasus media penyimpanan yang akan diformat terdapat sesuatu yang penting.

Virus ini biasnya berasal dari internet, perangkat lunak pihak ketiga, perangkat penyimpanan portable seperti flashdisk dan lainya. Terkadang kita menghubungkan USB drive kita ke komputer teman untuk bertukar data dan kita tidak tahu ternyata komputernya sudah terinfeksi oleh virus shortcut, Jadi ketika kamu menghubungkan flashdisk tersebut ke komputermu secara otomatis akan menginfeksi komputermu juga.

Hapus Virus Shortcut dari Flashdisk dan SD Card

Ada 2 metode yang dapat kamu gunakan untuk menghapus virus ini pertama menggunakan CMD atau menggunakan aplikasi. Tapi sebelum melakukanya saya menyarankan kamu untuk melakukan scan terlebih dahulu dengan antivirus yang kamu gunakan.

Metode pertama, menggunakan command prompt

Buka Command prompt sebagai Administrator. Lalu hubungkan penyimpanan USB kamu (flashdisk / SD Card) ke komputer.

Scan penyimpanan USB tersebut dengan antivirus (Tidak wajib tapi efektif), Jika antivirus menemukan virus hapus segera.

Selanjutnya Ketik Command prompt: attrib -h -r -s /s /d :*.* (Ganti dengan drive penyimpanan USB di komputer-mu sebagai contoh jika drive USB di komputermu adalah “D” maka perintahnya adalah : attrib -h -r -s /s /d D:*.*

virus shortcut cmd

Sekarang file Shortcut dikonversi lagi ke file normal. Hapus file yang dicurigai dari penyimpanan setelah proses diatas selesai. Saya sangat menyarankan kamu untuk menyalin data USB ke komputer lalu Format penyimpanan USB Kemudian copy kembali ke penyimpanan USB.

Metode kedua, menggunakan Software

Ada beberapa apliasi yang saya temukan di web untuk memperbaiki masalah ini sebagai contoh saya menggunakan aplikasi USB Fix untuk tutorial ini karena USB Fix bekerja dengan sangat dan tentu saja gratis.

virus shortcut usbfix

Download USB Fix dan instal (Jika antivirus Anda menunjukkan virus dalam program ini, maka nonaktifkan antivirus selama beberapa menit)

Tutup semua program yang aktif, karena ketika aplikasi ini dijalankan akan otomatis menutup semua program dan kamu mungkin akan kehilangan data yang sedang dikerjakkan.

Hubungkan semua media penyimpanan eksternal ke komputer lalu pilih “clean”. Secara otomatis USB Fix akan membersihkan masalah virus shortcut dari semua penyimpanan USB dan jangan lupa untuk restart komputer setelah menggunakan aplikasi ini karena USB Fix membuat perubahan dalam direktori windows dan komputer tidak akan berfungsi normal sampai kamu restart komputer.

Hapus Virus Shortcut dari Hardisk

Menghapus virus dari komputer terasa sedikit lebih sulit dari USB, karena USB merupakan media penyimpanan kecil, tetapi hard disk komputer adalah penyimpanan yang besar. Tapi setelah saya menemukan aplikasi untuk masalah ini saya tinggal menggunakan aplikasi tersebut, karena menginstal ulang windows buang banyak waktu dan virus shortcut bukanlah masalah yang sangat besar seperti yang pertmaka kali dipikirkan.

Menghapus virus shortcut pada hardisk yang sudah terinfeksi

Jika file komputer kamu sudah dikonversi menjadi shortcut maka kamu harus mencoba metode dengan command prompt yang mana sama seperti metode yang sudah dikjelaskan diatas;

Ketik : attrib -h -r -s /s /d :*.* pada Command prompt

Atau gunakan aplikasi ini: Shortcut Virus Remover

Shortcut Virus Remover

Sebenarnya virus shortcut berjalan dalam proses task manager, kamu bisa mematikan proses itu dan komputer tidak akan menciptakan lagi shortcut secara real time.

Buka task manager > Pilih processes > scroll ke bawah dan cari proses “wscript.vbs” > Pilih dan klik kanan lalu “end task”

Atau gunakan salah satu software ini untuk menghapus Wscript dari komputer kamu:

Shortcut Virus Remover

USB fix

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *