12 Aplikasi untuk Cara Mudah Telepon Gratis di Android

Era menggunakan telepon landline (Telepon rumahan dan kantoran) sebenarnya telah lama berakhir. Saat ini jika kamu tidak memiliki ponsel/ hp maka dianggap jadul dan ketinggalan zaman. Saat ini kita semakin dekat dan lebih dekat dengan masa dimana ketika melakukan panggilan telepon tidak akan memakan biaya dan hanya menggunakan koneksi data, bukan sinyal telepon nirkabel.

Beberapa orang sudah meneliti bagaimana melakukannya dan mungkin mengapa kamu sekarang akhirnya ada disini dan membaca artikel seputar panggilan telepon gratis hanya dengan hanya mengandalkan smartphone. Jadi dalam daftar ini kita akan melihat 12  aplikasi Android terbaik dan gratis untuk cara termudah membuat panggilan telepon gratis di Android

Facebook Messenger

Facebook Messenger

Pertama pada daftar kami adalah Facebook Messenger. Facebook baru-baru ini telah memungkinkan panggilan gratis pada layanan messenger-nya, dan sejauh ini telah berhasil. Hari ini banyak orang mungkin tidak menyukai Facebook. Namun, Facebook memiliki satu keuntungan tak terbantahkan dimana memiliki banyak layanan seperti yang kamu dapatkan.

Karena sebagian besar aplikasi ini mengharuskan kedua belah pihak memiliki aplikasi yang sama untuk membuat panggilan telepon (yaitu kedua belah pihak memiliki Facebook Messenger untuk membuat panggilan gratis), yang membuat Facebook Messenger merupakan pilihan yang sangat baik karena kemungkinan besar teman-teman kamu menggunakan Facebook juga.

 

Google Hangouts

Hangouts

Google Hangouts adalah jawaban Google untuk Skype. Google Hangouts memungkinkan untuk berkirim pesan gratis dengan teks (juga adanya dukungan untuk menambahkan stiker). Selain itu, kamu juga dapat membuat panggilan telepon gratis dengan pengguna hangouts lainnya, disamping itu kamu juga bisa melakukan video chat dengan maksimal sepuluh orang secara bersamaan.

Kabar baik tentang Hangouts adalah kamu hanya memerlukan akun Google untuk mengakses Google Play Store yang berarti semua orang cukup banyak membaca ini sudah memiliki akun yang diperlukan untuk menggunakan Hangouts. Sama seperti Facebook, Google Hangouts sangat praktis di gunakan dimanapun yang membuatnya menjadi pilihan yang bagus.

 

WhatsApp

Whatsapp

Fitur panggilan pada WhatsApp akhirnya hadir pada maret 2015 dan saat ini semua orang dapat menikmati fitur ini. Fitur ini memang sangat dinantikan oleh pengguna Android.

Kamu harus melakukan undangan terlebih dahulu apa bila ingin melakukan panggilan ke orang yang tidak menggunakan whatsapp, dalam artian kedua belah pihak harus menggunakan whatsapp untuk melakukan panggilan telepon gratis ini.

 

BBM Voice

Update terbaru BBM bagi penggunanya di Android, iPhone dan ponsel BlackBerry membawa banyak fitur baru untuk aplikasi salah satunya adalah panggilan suara gratis, Saluran BBM, integrasi Dropbox dan berbagi lokasi.

Dengan BBM Voice, pengguna BBM Android dapat membuat panggilan gratis ke kontak BBM mereka di mana saja di dunia menggunakan Wi-Fi atau koneksi data. Mirip dengan aplikasi suara-panggilan lain seperti Skype, FaceTime Audio dan Viber, BBM juga membutuhkan BBM Voice dikedua belah pihak untuk dapat melakukan panggilan.

Bila kontak BBM tersedia untuk panggilan BBM Voice, kita akan melihat ikon hijau di sudut kanan atas chatting mereka. Untuk memulai panggilan, pengguna perlu menyentuh ikon hijau tersebut.

 

KakaoTalk: Free Calls & Texts

KakaoTalk Free Calls & Text

KakaoTalk sangat populer meskipun sebagian besar untuk orang-orang yang bukan non Amerika. Seperti kebanyakan aplikasi serupa di daftar ini, kamu dapat berkirim pesan dan melakukan panggilan tekepon secara gratis menggunakan KakaoTalk.

KakaoTalk juga memiliki dukungan untuk melakukan panggilan kelompok yang dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sering membutuhkan panggilan ke beberapa orang sekaligus (conference call). Fitur lain yang baik dari KakaoTalk adalah dukungan multi-platform. Jadi jika kamu memiliki teman dengan perangkat iOS, perangkat Blackberry, atau Windows Phone, kamu masih dapat membuat panggilan gratis selama kalian berdua menggunakan KakaoTalk.

 

Line

Line

Line menjadi pilihan populer lainya untuk membuat panggilan gratis di Android. Saat ini Line digunakan lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia dan berisi banyak fitur bagus. Salah satunya adalah panggilan telepon gratis ke pengguna Line lainnya.

Kamu dapat menghubungi pengguna non-Line tapi ada biaya kecil yang akan dikenakan. Line juga memiliki fitur pesan teks danSMS kelompok . Seperti KakaoTalk, Line juga memiliki dukungan multi-platform untuk sistem operasi mobile dan PC.

 

magicApp by magicJack

Ini adalah salah satu aplikasi yang paling unik pada daftar ini. Pada magicApp memungkinkan kamu untuk menelepon bukan pengguna non-magicApp secara gratis. Namun, ada batasan wilayah regional. Sebagai contoh jika kamu tinggal di Amerika atau Kanada, kamu dapat membuat panggilan gratis ke siapapun.

Namun jika kamu berada di luar Amerika dan Kanada atau Kamu menelepon seseorang di luar AS atau Kanada yang bukan pengguna magicApp, maka kamu harus membayar biaya seperti biasa. Tentu saja jika kedua belah pihak memiliki magicApp, semua panggilan adalah gratis. Juga tidak seperti kebanyakan aplikasi di daftar ini, magicApp hanya dapat digunakan untuk panggilan telepon.

 

Nimbuzz Messenger / Free Calls

Nimbuzz Messenger Free Calls

Aplikasi Nimbuzz telah ada untuk waktu yang lama. Nimbuzz memiliki semua fitur yang sebagian besar aplikasi lain miliki dan masih bekerja cukup baik. Kamu dapat melakukan panggilan suara dengan pengguna Nimbuzz lainnya secara gratis dan layanan dari Nimbuzz.

Nimbuzz juga menawarkan layanan panggilan HD yang merupakan nilai tambah karena banyak aplikasi tidak memiliki kualitas suara terbaik saat melakikan panggilan telepon, tentu saja, jarak dan kecepatan koneksi akan sangat mempengaruhi. Kamu juga dapat melakukan hal-hal biasa seperti penggunaan stiker, grup chat, text chat, dan lain-lain.

 

Skype – free IM & video calls

Aplikasi yang telah memiliki reputasi sangat tinggi “Skype” juga cocok dalam kategori ini. Kebanyakan orang sudah tahu apa yang Skype dapat lakukan. Kamu dapat membuat panggilan Skype gratis untuk siapa saja yang memiliki nomor Skype dan untuk melakukan panggilan ke non-Skype memerlukan biaya yang kecil.

Skype terdapat pada kebanyakan sistem operasi mobile dan sistem operasi komputer (termasuk Linux) jadi salah satu solusi terbaik ketika melakukan panggilan lintas platform. Skype Juga memliki dukungan untukmembuat groups, video, dan chat.

 

Tango Messenger, Video & Calls

Tango jauh lebih populer beberapa tahun yang lalu, tetapi tetap menjadi pilihan yang cukup layak untuk panggilan gratissaat ini. Dengan Tango kamu bisa mendapatkan panggilan gratis ke pengguna Tango lainnya serta standar SMS dan pesan group. Tango Messenger juga memiliki dukungan lintas platform dan video chat.

Tango juga memiliki fitur tambahan seperti game yang dapat mainkan bersamag teman-teman mu dikala bosan.

 

Viber

Viber

Ketika pertama kali hadir di Android Viber telah membuat gebrakan. Dengan lebih dari 200 juta pengguna, Viber adalah salah satu aplikasi untuk melakukan panggilan telepon gratis paling banyak digunakan. Seperti biasa, kamu harus melakukan panggilan ke pengguna Viber lain agar gratis.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk chat dan pesan grup. Viber sedikit lebih sederhana daripada banyak aplikasi lain tapi tetap bekerja sangat baik. Viber juga memiliki dukungan lintas platform.

 

Yahoo Messenger

ym video call

Terakhir adalah Yahoo Messenger. Untuk kasus panggilan telepon pada Yahoo Messenger aga sedikit aneh karena membutuhkan plugin untuk membuat panggilan suara.

Tanpa plugin, Yahoo Messenger hanya layanan pesan teks. Dengan plugin kamu juga akan mendapatkan suara dan video calling. Klik disini untuk mendapatkan plugin-nya.

 

Kesimpulan

Sayangnya, sebagian besar aplikasi ini memiliki masalah yang sama, bahwa hanya memberikan panggilan gratis jika kedua belah pihak menggunakan aplikasi yang sama. Jadi jika kamu memiliki Skype, kamu dapat membuat panggilan telepon kepada siapa pun tapi itu hanya gratis jika orang lain menggunakan Skype juga. Hal Ini menyajikan paradoks unik bahwa semua aplikasi ini tidak 100% gratis tapi mereka gratis jika kamu mengikuti aturan main-nya.

Seperti biasa jika kami melewatkan aplikasi yang menurutmu bagus dan layak masuk daftar, beritahu kami pada kolom komentar di bawah.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *