10 Game Hacker Terbaik untuk PC

Game hacker adalah cara yang paling rasional bagi kita yang ingin mencoba merasakan sensasi hacking, coding, dan mengoprek komputer tingkat lanjut namun tidak sampai berurusan dengan hukum.

Berikut ini 10+ game hacker, pemrograman, dan oprek komputer sehingga kamu bisa merasakan meta-dystopia.

10. Enter the Matrix

game-hacker-enter-the-matrix

Pada dasarnya game hacker ini konsepnya hampir plek dengan Max Payne plus Matrix Reloaded, tapi juga merupakan game dimana kamu memecahkan misteri dalam terminal. 

Pilih ‘Hacking‘ dari menu utama dan kamu bisa mengeksplor direktori pada sebuah komputer misterius dan berjumpa dengan puzzle, file .wav, blueprints, dan pesan-pesan dalam font hijau menyala.

Apa hadiah yang kamu dapat jika berhasil memecahkan puzzle berbekal commands, file paths, dan password? Sebuah pesan suara. Langsung dari Keanu Reeves.

Developer game ini menyembunyikan banyak concept art, Easter Eggs, klip FMV, dan cheat yang bisa kamu pecahkan.

Itulah yang paling menarik dalam game ini. Bagus bagimu yang baru hendak terjun bermain game hacker, sebuah genre yang jarang ada, karena memang gamer pada dasarnya lebih tertarik tembak-tembakan…

 

Link Download Enter the Matrix PS2 ISO

 

9. System 15000

game-hacker-system-15000

Mungkin inilah game hacker pertama yang dibuat: tahun 1984! Antarmuka game ini adalah command prompt sederhana yang meniru sistem modem dan bulletin board. 

Ide awal game ini adalah replikasi rasanya si Matthew Broderick yang mencoba menebak password yang benar untuk server-server misterius yang dia temukan.

Tidak sekedar eksplor, gol game ini adalah kamu mencoba untuk hack sebuah rekening bank dan mentransfer uang curian kembali ke pemiliknya.

Yaaa kalau dimainkan di 2016, game ini minimalis dan merupakan petualangan menebak password yang… tidak relevan? Tapi melihat kembali fakta bahwa ini adalah simulasi hacking pertama, boleh lah kalau mau coba main, sejauh kamu punya ZX Spectrum 48K lho ya… :’)

Link Download System 15000

 

8. Hacker

game-hacker

Game ‘Hacker’ dirilis pada 1985. Kamu bisa memainkannya secara online dan rasakan suasana horor jika harus hidup dengan teknologi yang sama sekali tidak modern jika dibanding sekarang. Sebagian besar gamenya adalah tampilan blueprint robot yang bisa kamu sempurnakan dengan trial and error, terowongan bawah tanah, peta dunia.

Semuanya kamu lewati untuk tahu kepentingan misterius Magma Ltd. Memo yang tampil di awal memberimu petunjuk: “…unlimited energy source“, “…and world domination”.

Di masanya, game ini terjual lebih dari 50.000 kopi dan mendapat review seperti ini dari majalah Compute!, “Hacker memberi sensasi bahwa kamu melakukan hal yang salah dan bisa tertangkap kapan saja. Siapa tahu FBI tiba-tiba sudah di depan pintumu dan menyita komputermu”.

 

Link Main Game Hacker (Online)

 

7. Minecraft

game-hacker-minecraft-mod

Maaf, bagi sebagian orang memang Minecraft bukanlah game hacker, melainkan lebih ke game bertahan hidup-mukulin pohon-dan banyak dimainkan anak-anak.

Tapi faktanya, banyak penggunanya yang memanfaatkan Minecraft untuk mengekspresikan diri di bidang oprek komputer, programming, atau hacking.

 
Contohnya, ada yang membuat komputer 16 bit; struktur circuit board dengan RAM; music box landscapes; membuat game sendiri didalam Minecraft; membuat sebuah PC (termasuk keyboardnya juga yang bisa digunakan!); membuat hard drives didalam Minecraft; dan membuat replika tempat serupa Denmark untuk ‘menempatkan’ itu semua.

Ada juga yang membuat sesi belajar coding dalam Minecraft, jadi menggunakan Minecraft sebagai media pembelajaran.

RockPaperShotgun bahkan mengatakan bahwa Minecraft lebih ke game untuk hacker dan programmer. Terbukti di 2011 bahwa grup hacker LulzSec ‘berhasil’ membuat server Minecraft down bersamaan dengan  Eve Online, Bethesda, Sony, Nintendo, dan The Escapist.

 

Link Download Minecraft PC/Mac, Xbox 360 EditionXbox One EditionWindows 10 Edition Beta, Playstation 3 Edition, Playstation 4 Edition, Playstation Vita EditioniOS, Android, Windows Phone, atau Amazon Kindle Fire.

 

6. TIS-100

game-hacker-tis-100

Slogan dari TIS-100 adalah “game pemrograman dengan bahasa Assembly yang tidak pernah kamu bayangkan”. Yang punya dasar coding pasti tahu kan horornya Assembly seperti apa… Siap-siap otakmu terluka lah, wkwk. TIS-100 adalah game yang paling mengasah logika, sepertinya.

Ceritanya kamu menemukan komputer tua misterius dari jaman 70an peninggalan pamanmu. Kamu bisa mencari tahu hal penting apa yang dilakukan pamanmu dulu dengan mengoprek komputer ini lebih dalam.

Contoh goal sebuah level: buatlah angka positif muncul dahulu, kemudian angka negatif. Untuk bisa melakukannya, kamu diberikan daftar commands dalam buku manual yang sudah buram.

Game ini secara tidak langsung menyuruhmu nge-print buku manual-nya biar lebih enak mainnya. Buku manual tadi tentunya sudah dilengkapi anotasi dan stabilo-an dari pamanmu, yang juga merupakan petunjuk untuk ‘menjinakkan’ si mesin.

Game ini merupakan game logika & matematika yang membuat otak lelah. Bisa saja muncul matematika dasar, tapi ya kamu masih bisa terpeleset kok.

 

Link Download TIS-100 PC | iOS

 

5. Duskers

game-hacker-duskers

Kamu mengontrol sebuah skuad drones dan mencari penyelamatan di luar angkasa. Kamu butuh bahan bakar dan benda tertentu agar pesawatmu tetap jalan. Satu-satunya cara mendapatkannya adalah terbang dan mengeksplor ‘tempat sampah’ galaksi. Lewat command line terminal. Nah lo.

Dengan antarmuka ala 1970an, defaultnya kamu akan diberi tampilan skematis dari sebuah pesawat luar angkasa. Ketikkan commands untuk menjalankan drone ke power outlet untuk menghasilkan listrik.

Ketikkan commands lagi untuk membuka pintu. Pelan-pelan kamu akan sampai ke ‘tempat sampah’ sambil berharap dibalik pintu sana tidak ada alien yang menunggu.

Banyak game hacker adalah tentang panik dan mengetik cepat, di bawah tekanan. Tapi Duskers adalah tentang ketelitian, waspada, cerdik (atau licik), jadi tidak perlu buru-buru. Gunakan sensor pemindai gerak untuk mendeteksi adanya hal berbahaya.

Singkirkan alien keluar pesawat dengan membuka airlocks secara remote atau aktifkan sistem pertahanan pesawat sehingga alien-alien tadi menemui ajalnya ditangan pasukan khusus.

Note: kamu bisa memasukkan banyak commands sekaligus dengan menggunakan semikolon (‘;’, contoh: “navigate 1 2 3 r2; generator 2” akan menjalankan drone 1, 2, dan 3 ke ruang kedua dan drone 2 akan menyolokkan diri ke power outlet).

Kamu juga bisa membuat shortcut command sendiri menggunakan command “alias” (contoh: “alias balikdulu navigate 1 2 3 4 r1” akan membuat command baru “balikdulu” yang berfungsi agar semua drone kembali ke airlock).

 

Link Download Duskers (PC)

 

4. Gunpoint

game-hacker-gunpoint

Dalam Gunpoint, kamu bermain sebagai mata-mata (protagonis?) yang harus bisa masuk (secara paksa) ke bangunan yang dijaga kemudian mencuri data untuk klien pribadimu.

Untuk bisa melakukannya, kamu diberi sebuah perangkat bernama Crosslink untuk manipulasi perkabelan di setiap level. Kamu bisa mengatur ulang kelistrikan saklar lampu untuk memberi penjaga sengatan listrik, main-main dengan elevator sehingga bisa mengantarmu kemanapun dan kapanpun kamu, atau membuat senjata api dari kemampuan kelistrikanmu.

Tidak sepenuhnya bermain dengan kabel sih. Kamu bisa melakukan kekerasan, seperti membanting pintu tepat di muka si penjaga maupun menerjang si penjaga dengan lompatan ala ninja.

 

Link Download Gunpoint

 

3. Uplink

game-hacker-uplink

Sepertinya inilah game hacker yang paling cocok dengan yang dibayangkan kebanyakan orang. Berperan sebagai dirimu sendiri, kamu bergabung dengan agensi hacker. Menerobos jaringan dan keamanan untuk mengubah data, mencuri data, atau menghapus file dengan kepentingan tertentu.

Semakin lama kamu akan menemukan banyak permasalahan yang lebih rumit, sistem yang lebih mengerikan, karenanya kamu juga harus upgrade diri. Agar menghilangkan jejak, sambunganmu terus dinamis, melompat dari 1 lokasi alamat IP ke alamat IP lain maupun menggunakan beberapa alamat IP sekaligus.

Game ini mengajarkan betapa kerasnya kegagalan. Kalau kamu gagal, mesin proxy dan rekening bank-mu disita oleh The Law, mengharuskan kamu memulai semuanya dari awal lagi. Sebenarnya bisa sih nge-save game, tapi caranya adalah mengoprek daleman file game ini sendiri -meta puzzle?

Selain tadi, Uplink dengan mudah menjadi klasik/standar dari simulator hacking dan menginspirasi developer untuk membuat game hacker sejenis.

 

Link Download Uplink (Windows, Linux, Mac, Android, iPad)

 

2. Hacknet

game-hacker-hacknet

Dalam game hacker ini kamu adalah computer user yang bersembunyi dibalik banyak alamat IP dan terlibat di berbagai komunitas hacker underground. Seorang misterius bernama ‘Bit’ memberimu sistem operasi baru yang nyeleneh ini, yang kemudian menjadi hacker’s toolkit-mu.

Keseruan utama game ini bukanlah mencari tahu kematian Bit atau asal muasal sistem operasinya, tapi menggunakan command line untuk menjalankan program, mengeksplor direktori targetmu dan membuat kekacauan disana.

Tips: lebih mantap kalau kamu main game hacker ini sambil mendengarkan soundtrack WipeOut.

Diharapkan kamu bisa terbiasa menggunakan terminal/command line ala Linux, walau sebenarnya disediakan juga kontrol lewat mouse. Semi spoiler: rasakan juga pertarungan dengan blackhat hacker atau membuat keputusan moril yang membuat hati nuranimu bertanya-tanya. Konsepnya mirip Uplink, tapi dengan eksekusi yang lebih baik.

Stylish, lucu, dengan terdapat typo membuat Hacknet tidak hanya sebagai game hacker (simulasi) terbaik, namun juga game yang paling underrated.

Note: Kalau PCmu ada CD Drive-nya, ketikkan ‘openCDTray’ di terminal Hacknet dan tray CD mu akan terbuka beneran. Ada versi multiplayernya juga lho game hacker ini.

 

Link Download Hacknet (PC)

 

1. else Heart.Break()

game-hacker-else-heart-break

Game hacker terbaik, pintar, penuh warna? Ya ini. Heart.Break() menjadikanmu Sebastian, yang baru pindah ke kota besar Dorisburg, bekerja sebagai salesman soda.

Kamu terus mengitari seantero kota menjual kalengan soda ke penduduk yang tidak ramah, yang hampir semuanya tidak lagi butuh soda.

Hmm. Apa hubungannya dengan hacking? Nah, seiring dengan kehidupan barumu, kamu juga bertemu dengan beberapa teman (dan cewek) baru yang ternyata adalah sekelompok hacker aktif yang bergelut dengan Computer Ministry yang penuh kuasa.

Setelah ini kamu akan mendapatkan ‘modifier’, sebuah perangkat yang membuatmu bisa meng-hack objek apapun dalam game ini.

Nah, sekarang saatnya mengeksplor kode apapun yang terpikirkan. Kamu mencari orang yang bisa mengajarimu bagaimana membaca dan menulis kode dalam bahasa pemrograman bernama SPRAK.

Kemudian kamu bisa bermain-main dengan objek sehari-hari yang membantumu mempercepat progress bermain game ini.

elseheartbreak

Normalnya, Sebastian akan capek setiap harinya dan kamu harus tidur dulu sebelum jatuh pingsan. Namun hal itu tidak akan terjadi jika kamu nge-hack segelas air sehingga bisa mengurangi rasa kantukmu sebanyak 100. Keren kan? Itu masih awalnya.

Ingin nge-hack pintu sehingga kamu bisa langsung pergi ke pusat kota? Bisa. Ingin mentransfer tubuhmu lewat internet ke komputer keuangan sentral di kotamu? Bisa juga.

Ingin menulis ulang software pada komputer keuangan tadi sehingga saldo rekening bank semua orang menjadi $0 ? Leh uga.

Hal yang paling keren tentang Heart.Break() adalah dekatnya dengan dunia manusia serta nuansa youthful yang ditawarkan.

Tidak seperti game hacker lainnya yang kelam, yang hanya menampilkan layar berwarna hijau… Game hacker ini menampilkan satu kesatuan kota dengan segala hiruk pikuk pemabuk, perokok, buruh, bell boy hotel, gelandangan, aktivis, hingga pejabat.

elseheartbreak (1)

Cerah, sangat indah, nyata, cerdas, serta artsy banget (thanks Niklas Åkerblad!). Oh ya, dan hal lainnya yang membuat game hacker yang ini sangatlah berbeda tidak seperti game pemrograman komputer kebanyakan.

Saking nyatanya sampai Heart.Break() bukan lagi membuatmu merasa menjadi hacker, tapi menjadi pesulap kehidupan. Cieh.

 

Link Download else Heart.Break() (Windows, Mac & Linux)

 

Honorable mentions:

Waktu honorable mentions game hacker ini ditulis, ketiga game masih upcoming alias belum dirilis. Jadi DSG tidak menyediakan link download, hanya link website resmi tiap game/developer saja.

Top Secret by James Long

game-hacker-top-secret

Game hacker yang dimainkan lewat email ini menempatkanmu sebagai karyawan NSA saat bencana (bagi mereka) kebocoran informasi.

Ya, ini menceritakan Snowden debacle dengan perspektif berbeda. Karena bisa dimainkan lewat email, kamu bisa merasakan langsung enkripsi end-to-end dengan PGP-hal yang harusnya dipahami semua orang yang pernah berinternet.

Dijadwalkan rilis Mei 2016.

  

Quadrilateral Cowboy by Blendogames

game-hacker-quadrilateral-cowboy

Game hacker ini adalah tentang menyusup masuk ke bangunan rahasia dengan menggunakan komputer briefcase MS-DOS plus modem 56k.

Jadul, tapi bisa kamu gunakan untuk nge-hack kamera, pintu, dan environmental gadgets lain dengan mengetikkan scripts pendek di command line prompt.

Game ini akan dirilis…. segera?

 

Beglitched by Hexecutable

game-hacker-beglitched

Suatu ketika semua netizen tahu ada sosok legendaris bernama Glitch Witch. Di game hacker ini, kamu merupakan apprentice-nya.

Mungkin inilah game hacker paling imut yang ada dalam sejarah karena banyak menggunakan warna pastel (terutama pink) dan desain game yang juga unyu-unyu.

Mekanisme dan goal dari game ini masih belum jelas (karena hanya trailer yang dirilis). Tapi sepertinya berhubungan dengan ngeklik-ngeklik puzzle dengan antarmuka dan gameplay yang beda dari semua game yang sudah diulas diatas. Colorful!

Tanggal rilisnya TBA (To Be Announced)

 

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *