25 Penyimpanan Cloud Storage Gratis Terbaik dan Terbesar

Menyimpan data di internet secara gratis sudah menjadi kebutuhan kita saat ini. Walaupun mayoritas layanan penyimpanan cloud yang ada juga menawarkan opsi premium, opsi gratisannya tidak hanya sebagai penggembira kok, yang berarti lebih dari cukup untuk kebanyakan orang.

Apalagi kamu masih bisa menambahkan kapasitas penyimpanan jika kamu merekomendasikan layanan penyimpanan cloud tadi ke rekan-rekan (mayoritas cloud storage services menerapkan sistem referral).

 

MEGA

MEGA

Dapatkan 50 GB untuk menyimpan data di internet secara gratis di MEGA. Sudah dilengkapi enkripsi end-to-end agar lebih aman dan menjaga privasi.

Kamu bisa melihat dan mengupdate file-file yang kamu simpan di MEGA lewat browser, klien app desktop sync, atau perangkat mobile seperti iOS, BlackBerry, Android, dan Windows Phone.

Link Website

 

pCloud

pCloud

Kapasitas penyimpanan cloud 10 GB untuk menyimpan data di internet secara gratis ditawarkan oleh pCloud dengan kemungkinan bertambah hingga 20 GB jika kamu mereferensikannya pada orang lain.

App desktop client bisa diinstall pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Ada juga app mobile untuk iOS dan Android yang sangat intuitif dan mudah digunakan.

Kamu bisa menambahkan file ke pCloud dengan remote URL baik satu file maupun satu folder, lewat browser. Aplikasi mobile nya bisa mengupload foto dan video langsung ke akun pCloud.

Baik file dan folder bisa di-share ke yang bukan pengguna pCloud sekalipun. Foldernya bahkan bisa di-download dalam format ZIP.

pCloud juga menyediakanmu tautan unik dimana siapapun bisa mengirimimu file lewat URL unik tadi langsung ke akunmu. Sebuah alamat email unik juga akan dibuat jika sewaktu-waktu kamu (atau orang lain) mengirimi email berisi file yang langsung tersimpan pada folder pCloud.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa membackup foto dari akun sosial media-mu seperti Facebook, Instagram, dan Picasa. Sip lah.

Link Website

 

MediaFire

MediaFire

Dapatkan 10 GB kapasitas secara instan untuk menyimpan data di internet secara gratis. Kamu bisa menambahnya hingga 50 GB lewat referrals dan download aplikasi yang disediakan MediaFire.

Terdapat opsi sharing untuk file dan folder, upload yang mudah dengan folder MediaFire di komputer (aplikasi desktop client), maupun aplikasi mobile di iOS dan Android yang bisa melihat, share, atau upload foto bahkan video.

Link Website

 

Dropbox

dropBox

Pengguna Dropbox dibekali 2 GB kapasitas untuk menyimpan data di internet secara gratis dengan beberapa cara mudah untuk meningkatkannya hingga 18 GB.

Kamu bisa melihat dan mengupload semua file ke Dropbox dengan bantuan aplikasi dekstop maupun mobile, serta share folder maupun file dengan siapapun walau mereka tidak memiliki akun Dropbox.

Jika ada file Microsoft Office yang tersimpan pada akun Dropbox, kamu bisa mengeditnya langsung di browser, gratis, menggunakan Microsoft Office Online.

Link Website

 

Box

box

10 GB penyimpanan untuk menyimpan data di internet secara gratis ditawarkan oleh Box. Box menyediakan aplikasi mobile untuk hampir semua device: iOS, Android, BlackBerry, dan Windows Phone dimana kamu bisa mengupload/download/share konten. Aplikasi sync client untuk desktop tersedia dalam versi Windows dan Mac OS X, yang memudahkan upload file ke Box.

Pengguna Box bisa share seluruh data dalam folder atau memilih file tertentu yang akan di-share menggunakan tautan publik.

Link Website

 

SeaCloud

seacloud

Pilihan lainnya adalah SeaCloud yang memberikan kapasitas untuk menyimpan data di internet secara gratis 1 GB untuk pengguna baru. File bisa ditambahkan ke akunmu dengan aplikasi sync client desktop (Windows, Mac, Linux). Pengguna Android dan iOS bisa mengupload foto dan video dari perangkat mobile.

Kamu bisa share folder ke pengguna SeaCloud lainnya dan membuat tautan publik untuk share file/folder dengan siapa saja. Share file juga bisa dilakukan lewat aplikasi mobile.

SeaCloud memiliki fitur lain seperti folder yang diproteksi password, deskripsi direktori, grup, dan share link yang bisa kadaluarsa kapanpun sesuai keinginan.

Link Website

 

FlipDrive

FlipDrive

Pengguna FlipDrive baru akan mendapatkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis sebesar 10 GB yang masih bisa bertambah seiring kita mereferensikan FlipDrive ke rekan-rekan.

Tidak tersedia aplikasi mobile atau desktop yang mempermudah kita upload file ke FlipDrive, jadi satu-satunya pilihan adalah lewat web. Meski begitu, kita bisa upload 1 folder sekaligus kok.

Kamu bisa share file dengan siapa saja walau mereka tidak memiliki akun FlipDrive. Walaupun begitu, mengakses folder yang di-share membutuhkan akun FlipDrive. Pengakses bisa diberikan permissions beragam: write, edit, delete, share.

Kamu bisa membuat hingga 10 tautan share dan upload file maksimal 25 MB.

Websitenya FlipDrive bukan yang termudah digunakan jika dibandingkan dengan layanan penyimpanan cloud lainnya, tapi masih patut dicoba.

Link Website

 

Google Drive

google-drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud buatan Google, setiap pengguna dibekali 15 GB kapasitas menyimpan data di internet secara gratis.

Total kapasitas penyimpanan sebenarnya “dibagi-bagi” dengan produk Google lain seperti Gmail dan Google+ Photos. Jika kamu tidak menggunakan produk Google lainnya berarti semua 15 GB tadi bisa kamu gunakan hanya untuk Google Drive.

Aplikasi sync client bisa diinstall di Windows dan Mac, dimana fitur utamanya ya upload file dan folder. Sedangkan aplikasi mobile untuk Android dan iOS bisa mengupload foto dan video ke Google Drive.

Folder dan file bisa di-share ke pengguna Google spesifik lewat akun email mereka atau siapapun yang mengetahui URL tautan publik yang dibuat. Kamu juga bisa membuat sebuah file memiliki permission view-only sehingga mencegah siapapun mendownloadnya.

Google Drive membuat kolaborasi sangat mudah dengan fitur komentar dan membolehkan file dibuka oleh lebih dari 1 pengguna dalam satu waktu.

Link Website

 

OneDrive

OneDrive

Dulunya bernama SkyDrive, OneDrive adalah layanan penyimpanan cloud dari Microsoft. Semua pengguna mendapat 5 GB gratis ketika mendaftar untuk menyimpan data di internet secara gratis.

Kapasitas tambahan bisa didapat jika kamu mengikuti instruksi tertentu seperti mereferensikan teman dan mobile photo syncing.

Aplikasi sync tersedia untuk Windows dan Mac, kamu bisa menggunakannya untuk transfer file dan folder ke OneDrive dengan mudah, sehingga file/folder tadi juga bisa diakses di perangkat mobile (iOS dan Android). Aplikasi mobile nya juga bisa mengupload baik foto maupun video.

OneDrive menyediakan fitur sharing file/folder ke yang bukan pengguna OneDrive. Permission bisa di-set ke view only atau full editing.

Link Website

 

Mightyupload

MightyUpload

Kamu bisa menyimpan data di internet secara gratis sebanyak mungkin selama ukuran sebuah file tidak lebih dari 4 GB. Semua file dan folder yang telah kamu buat akan nampak secara publik lewat laman profilmu.

Fitur upload lewat URL dan FTP disediakan oleh Mightyupload, selain upload biasa lewat browser.

Tidak perlu membuat akun untuk menggunakan Mightyupload, tapi jika kamu membuat akun nantinya akan memudahkanmu mengelola file yang telah kamu upload. Non-user hanya bisa mengupload 10 file sekali waktu, sedangkan pengguna bisa upload hingga 25 file dalam sekali waktu. File akan terhapus dari Mightyupload jika tidak dilihat/didownload dalam waktu 30 hari.

Link Website

 

HiDrive

HiDrive

Dapatkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 5 GB, jika kamu mereferensikan temanmu, kamu bisa meningkatkannya hingga 10 GB.

Jika kamu pengguna Windows/Mac, kamu bisa menghubungkan akunmu dengan WebDAV sehingga proses upload ke akunmu menjadi lebih mudah dengan drag and drop.

Aplikasi mobile tersedia untuk pengguna iOS, Android, dan Windows Phone yang mendukung upload foto dan video.

Ketika share file, kamu diharuskan mengatur URL akan kadaluarsa dalam hitungan hari tertentu dan juga mengatur jumlah download maksimal sebelum link menjadi invalid.

Kamu juga bisa share folder, dan walaupun penerimanya tidak memiliki akun HiDrive tapi masih bisa mendownload semua file dalam folder dalam bentuk arsip (zip).

Link Website

 

Cubby

Cubby

Awalnya kamu akan dibekali kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 5 GB yang bisa bertambah hingga 25 GB jika mereferensikan Cubby pada teman-temanmu.

Pengguna Windows dan Mac bisa menginstall aplikasi sync client dan pengguna Android dan iOS bisa mendownload aplikasi mobile-nya untuk mengupload gambar. Baik file dan folder bisa di-share ke siapa saja walaupun bukan pengguna Cubby.

Link Website

 

OziBox

OziBox

OziBox menawarkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 10 GB. Aplikasi desktop tersedia untuk Windows yang memiliki status window keren yang menampilkan progress bar, ukuran, dan kecepatan upload saat sedang mengupload. Kamu bahkan bisa mengatur prioritas upload untuk masing-masing file sehingga yang lebih penting akan lebih dahulu diupload.

File dan folder bisa kamu drop langsung ke folder OziBox yang ada di PC, atau bagi yang pengguna sistem operasi lain bisa mengupload lewat web browser. Aplikasi mobile tersedia untuk pengguna Android. Segala data hanya bisa di-share ke pengguna OziBox lain.

Link Website

 

Yandex.Disk

Yandex.Disk

Yandex.Disk akan memberikan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 10 GB. Ada banyak fitur berguna dalam Yandex.Disk: share file/folder privat/publik, kemampuan untuk import foto via media sosial, download banyak file sekaligus, upload mobile otomatis, dan drag and drop.

Pengguna Windows, Mac, dan Linux bisa menginstall aplikasi sync client untuk mengupload file ke Yandex.Disk, sementara aplikasi mobile nya tersedia untuk Android, iOS, dan Windows Phone.

Link Website

 

hubiC

hubiC

Dapatkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 25 GB ketika mendaftar di hubiC. Pengguna Windows, Mac, dan Linux bisa menginstall aplikasi desktop untuk mengupload file, atau cukup gunakan versi webnya. Aplikasi mobile bisa kamu gunakan di Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry.

File dan folder bisa di-share dengan siapapun walau bukan pengguna hubiC. Walau begitu, setiap tautan yang di-share harus diatur untuk aktif selama 5, 10, atau 30 hari sebelum kadaluarsa. Jika share folder, pengunjung bisa mendownload banyak file sekaligus lewat zip.

Link Website

 

SFShare

SFShare

Daftarkan dirimu di SFShare untuk mendapatkan 50 GB kapasitas menyimpan data di internet secara gratis. Hanya satu file yang bisa diupload sekali waktu, tapi kamu memiliki opsi untuk memproteksinya dengan password. File juga bisa diupload berdasar URL (remote URL).

SFShare tidak membolehkan folder di-share, dan share file membutuhkan waktu tunggu sebelum link download aktif.

Link Website

 

PromptFile

PromptFile

Walau PromptFile adalah website sederhana tanpa fitur berlebih, layanan ini menawarkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 250 GB tanpa batasan upload/download.

File apapun bisa diupload dari komputer, FTP, atau remote URL selama tidak lebih besar dari 5 GB. Kamu bisa share file (bukan folder) dengan siapa saja, dan bisa juga streaming musik dan video tanpa download.

Kekurangannya adalah tidak bisa memindahkan file ke folder karena tidak tersedia fitur drag and drop. Jadi harus manual. Membuat folder lewat FTP juga tidak bisa. PromptFile bisa digunakan tanpa registrasi, tapi bakal ada restriksi.

Catatan: Ada beberapa pengguna yang komplain menggunakan PromptFile, jadi lebih waspada aja, jangan dijadikan sumber utama menyimpan file-file pentingmu.

Link Website

 

Jumpshare

Jumpshare

Ada lebih dari 200 format file bisa diupload ke Jumpshare, dengan disediakannya kapasitas awal untuk menyimpan data di internet secara gratis sebesar 2 GB. Jika mereferensikan teman, bisa dapat hingga 18 GB.

Aplikasi sync client tersedia untuk Windows dan Mac yang memiliki fitur drag and drop sangat sederhana serta kapabilitas untuk sharing file dengan hotkey.

Link Website

 

CloudMe

CloudMe

CloudMe memberikan kapasitas untuk menyimpan data di internet secara gratis 3 GB dengan akses WebDAV. Bisa meningkat hingga 19 GB secara gratis dengan mereferensikan teman. Perangkat mobile juga didukung: Android, iPhone, iPad.

Kamu bisa mengupload banyak file sekaligus lewat web browser (hingga 150 MB untuk tiap file) atau aplikasi desktop untuk Windows, Mac, dan Ubuntu.

Dengan CloudMe kamu bisa share file individu dengan siapapun. Kamu juga bisa share folder terproteksi password, dan pengguna lain bisa mengupload file ke akunmu jika kamu membuat folder WebShare+.

Link Website

 

myDrive

myDrive

myDrive adalah penyedia penyimpanan cloud lainnya namun menawarkan kapasitas lebih sedikit dari penyedia sejenis. Maksimal hanya 100 MB. Menyediakan aplikasi mobile dan kamu bisa menghubungkan akunmu lewat WebDAV.

myDrive sangat terbatas jika dibandingkan dengan lainnya, seperti fakta bahwa sharing file hanya diperbolehkan jika kamu memberikan username dan password untuk “guest”. Meski begitu, kamu bisa mendownload banyak file yang telah diarsipkan dan me-restore file yang telah dihapus hingga sebulan setelah menghapusnya dari akunmu.

Link Website

 

myVdrive

myVdrive

myVdrive membolehkanmu mengupload file hingga sebesar 2 GB, tapi file yang diupload oleh free user hanya disimpan selama 60 hari di server.

Folder/file bisa dishare dengan yang lain, siapapun. Website akan memberimu tautan URL untuk dishare, share-lah ke media sosial atau email. Kamu juga bisa membuat file-file menjadi privat dan memproteksinya dengan password.

myVdrive juga menyediakan fasilitas upload biasa lewat browser, upload lewat FTP, upload remote URL, dan upload lewat aplikasi mobile.

Link Website

 

360 Cloud Drive

360 Cloud Drive

360 Cloud Drive memberikan kapasitas untuk menyimpan data di internet secara gratis sebesar 360 GB. Jika kamu mendownload desktop client, kapasitas penyimpanan akan diupgrade menjadi 10 TB!

File dan folder bisa ditambahkan ke akunmu lewat website atau aplikasi desktop Windows/Mac. Kamu bisa share file dan folder lewat tautan publik. Aplikasi Android dan iOS bisa diinstall untuk mengakses 360 Cloud Drive, share file dan folder, serta upload foto dan video.

Ada link daily draw di websitenya yang jika diklik akan memberikan tambahan kapasitas penyimpanan. Besaran kapasitasnya berubah terus dan kamu hanya bisa ikut undian sekali sehari.

Catatan: App mobile, website, dan aplikasi desktop hanya tersedia dalam bahasa Mandarin. Untuk memudahkan proses upload dan share file, buka saja websitenya dan translate webnya.

Link Website

 

Amazon Cloud Drive

AmazonCloudDrive

Amazon .com memiliki layanan penyimpanan online bernama Amazon Cloud Drive yang menawarkan pengguna Amazon Prime menyimpan data di internet secara gratis, foto unlimited dan tambahan 5 GB untuk video dan file lain.

Pengguna bisa share file, membuat tautan publik yang bisa diakses semua orang. Share folder tidak bisa, sayangnya.

File bisa diupload lewat aplikasi desktop atau web nya. Aplikasi mobile nya bisa untuk mengupload video dan foto dari perangkat Android dan iOS.

Link Website

 

SurDoc (Layanan untuk konsumen umum sudah tidak didukung)

SurDoc

Pengguna SurDoc baru akan diberi 100 GB kapasitas menyimpan data di internet secara gratis yang bisa bertambah hingga 1 TB dengan mengerjakan task tertentu.

Sebuah folder SurDoc akan muncul jika kamu menginstall client app untuk Windows, sehingga upload file menjadi lebih mudah dengan drag and drop folder ke akunmu. Tersedia juga aplikasi untuk mobile.

Kamu bisa share file dan folder di SurDoc, tapi sayangnya kapasitas 100 GB hanya berlaku selama setahun. Setelah setahun berlalu, kamu perlu mengerjakan task untuk mendapatkan kapasitas tambahan.

 

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *