Tes Kecepatan Internet Kamu di 10 Situs Ini

Tes kecepatan internet akan mengukur bandwidth (dan latency) dari koneksi internetmu. Buat apa? Memastikan kita mendapatkan sesuai yang kita bayar dong. DSG akan memberikan 10 tool terbaik untuk tes kecepatan internet. Bisa kamu gunakan jika kamu merasa koneksi internetmu sedang lemot atau ingin tahu performa koneksi internet.

Kadang, internet lemot bisa karena masalah server. Nah, tes kecepatan internet 2x atau 3x kemudian mengambil rerata-nya akan memberimu hasil tes yang paling akurat.

Tes kecepatan internet dengan Speed.io

speed.io

Speed.io adalah situs tes kecepatan internet DSL modern untuk menganalisis akses internet (broadband) yang kamu gunakan. Jika kamu merasa internetmu sedang lemot atau ingin tahu seberapa cepat internetmu, speed.io adalah tool sempurna untuk melakukan tes kecepatan internet dengan cepat dan kompatibel dimanapun kamu berada.

Speed.io terasa berbeda dibanding situs lainnya (unik): tidak hanya memberi informasi detail dari kecepatan download dan upload koneksi internetmu, tapi juga memberi analisis cepat dengan grafik. Speed.io mengukur kecepatan internetmu sekarang dengan server yang paling dekat.

Broadband, fiber, 3G, HSPA atau 4G; LTE, UMTS, GPRS, ISDN, DSL, VDSL, atau kabel; tes kecepatan dari speed.io akan mengetes koneksimu sehingga kamu bisa memverifikasi apakah provider internetmu memberikan layanan sesuai yang kamu bayarkan. Tes kecepatan ini juga berguna bagi siapa yang ingin membandingkan paket internet. Semua tes dilakukan dalam browsermu lewat HTTP (TCP) dan tidak membutuhkan software lain kecuali browser dengan Flash.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan SpeedTest

speedtest-net

Speedtest menggunakan applet berbasis flash tapi tetap enteng dan tidak berdampak negatif terhadap kecepatan internet. Aplikasi diagnosis bandwidth milik Ookla menampilkan banyaknya tes kecepatan internet yang dilakukan.

Dengan akses lebih dari 2500 server cepat yang berbeda-beda, lokasi fisik tidak memengaruhi hasil tes, dan akan dengan cepat memberi informasi kecepatan upload dan download, latency, dan paket data yang hilang. Antarmuka pada situs ini sangat mudah. Cukup klik Begin Test dan beberapa detik kemudian kamu akan diberi informasi kecepatan download dan upload yang kamu dapat. Speedtest juga mendeteksi alamat IP.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan Dslreports

Dslreports

Dslreports.com akan mendiagnosis koneksi internet broadband (satelit, kabel, fiber, dan mobile). Sudah ada sejak Juni 1999, awalnya sebagai media pelanggan share review mereka terhadap ISP koneksi DSL.

Disini kamu bisa melakukan tes dari perangkat apapun, mengetahui kecepatan download dan upload dari server terdekat. Situs ini juga menyediakan tool lain seperti ‘berapa alamat IP saya’, Line quality, ping test, stream test (real time), smokeping, bandwidth calculator, tweak test, dll.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan BandWidthPlace

BandwidthPlace

BandwidthPlace adalah destinasi all-in-one untuk mengukur dan mengelola performa bandwidth. Merupakan salah satu situs gratis terbaik yang bisa kamu gunakan untuk tes kecepatan internet di desktop, laptop, tablet, smartphone, mobile, dll.

Situs ini berbasis HTML5. BandwidthPlace juga menyediakan berita terbaru tentang layanan broadband dan menawarkan opsi koneksi internet yang lengkap. Kamu juga bisa memilih lokasi dan server spesifik untuk mengetahui latency dan kecepatan internetmu, apakah dipengaruhi jarak atau tidak.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan TestMySpeed

TestMySpeed

Yang perlu dilakukan pada TestMySpeed untuk tes kecepatan internet hanyalah klik Start Speed Test. Tunggu beberapa detik, dan kamu akan tahu berapa kecepatan internet yang kamu dapatkan.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan MySpeed Visualware

myspeed-visualware

Situs ini menyediakan beragam data selain yang ditawarkan situs lain: prosentase konsistensi koneksi internet, latency, jitter, round trip time, TCP settings, bahkan margin of error dari timing sehingga kamu jika paket data tidak direkam dengan baik.

Tidak terlalu user-friendly, tapi powerful, cepat, dan mendetail. Dengan situs ini kamu bisa mengecek performa internet berbasis tasks berbeda, seperti menggunakan layanan VOIP dan video atau mengecek konfigurasi firewall, apakah ada masalah atau tidak.

Karena situs ini berbasis Java jadi ada masalah saat dijalankan dalam Chrome. Silakan menggunakan Firefox atau Edge.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan Testmy.net

testmy.net

Testmy.net adalah situs tes kecepatan internet yang sangat user friendly. Sangat powerful untuk mengetes internet di server Amerika Utara, Eropa, Australia, dan Asia. Testmy.net akan melakukan tes terhadap internetmu, menghitung transfer rate, dengan luaran yang akurat, bisa diandalkan, dan mudah dimengerti.

TestMy memiliki metode testing unik dimana kamu bisa mendiagnosis koneksi, browser, atau permasalahan sistem operasi yang situs lainnya tidak bisa mendeteksi.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan Speakeasy.net

Speakeasy-speed-test

Speakeasy Speed Test akan mengecek kecepatan download dan upload internetmu langsung dari browser. Cukup pilih lokasimu (atau yang terdekat) dan Speakeasy akan mengerjakan sisanya.

Link Website

 

Tes kecepatan internet dengan NetWorx

NetWorx

NetWorx adalah aplikasi sederhana, gratis, dan powerful yang membantumu mengevaluasi konsumsi bandwidth. NetWorx bisa membantumu mengidentifikasi biang kerok problema jaringan. Contoh: memeriksa apakah ada aktivitas mencurigakan (Trojan/hacker).

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengumpulkan data pemakaian bandwidth dan mengukur kecepatan internetmu, bisa diekspor ke format seperti HTML, MS Word, dan Excel. Aplikasi ini juga bisa memutuskan semua koneksi dial-up dan mematikan komputer.

Link Download

 

Tes kecepatan internet dengan Ping Test

Ping Test

Ping Test adalah situs tes kecepatan internet yang memberimu informasi kecepatan upload, download, dan waktu rata-rata yang diperlukan untuk menghubungi server terdekat (latency). Speedometer dan backdrop pada tampilan situs ini semua berbasis Flash, jadi bisa saja memengaruhi hasil tes.

Link Website

***

Jika kamu merasa daftar aplikasi tes kecepatan internet diatas berguna, kamu bisa share ke media sosial agar bisa membantu yang lain. Merasa ada yang kurang? Tambahkan saja di kolom komentar.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *