Visual Novel Games Terbaik yang Harus Kamu Mainkan (Walau Tidak Suka Anime)

Visual novel games? Sebagian orang mungkin akan membayangkan simulator kencan dengan scene ala anime dan… hentai. Padahal ya nggak. Ada visual novel games yang worth dimainkan walaupun tidak ngefans atau tidak suka anime apapun.

Visual novel games adalah tentang cerita interaktif dimana tujuan pemain bukan menembak musuh sampai mati, sembunyi-sembunyi masuk bangunan rahasia. Tapi membaca -bisa powerful, menghibur, dan menyita emosi seperti jalan cerita game BioShock atau The Last of Us.

Lah, tapi kalau mencari jalan cerita yang bagus, kenapa gak baca buku/novel aja?

Memang. Tapi visual novel games ini sama kerennya dengan buku, dan bahkan dikemas dalam cerita yang interaktif, yang hanya bisa dilakukan video game. Dengan melengkapi narasi dengan puzzle, detektif-detektifan, atau gameplay lain, visual novel games merupakan game yang sangat menarik. Trust us.

Cara bermain visual novel games

Kebanyakan visual novel games yang direkomendasikan DSG dibawah ini harus dimainkan di konsol portabel seperti Nintendo DS (NDS dan sekutunya) atau PlayStation Portable (PSP dan sekutunya). Jika kamu tidak punya konsolnya, tenang, kamu masih bisa bermain menggunakan emulator Nintendo DS dan emulator PSP gratis kok.

1) Phoenix Wright

phoenix-wright-ace-attorney-dual-destinies

Visual novel games yang paling populer ini jadi populer karena alasan bagus: lucu, menghibur, dan penuh dengan pengacara gokil. Kamu bermain sebagai pengacara pembela bernama Wright yang harus menginvestigasi TKP untuk mencari petunjuk dan menggunakan petunjuk tadi untuk ‘menyerang balik’ saat saksi memberikan testimoni dan mencari kebenaran dibalik semua rentetan (percobaan) pembunuhan misterius.

Hampir semua kasus akan dibawah ekspektasimu pada awalnya, tapi semakin jauh melangkah dalam game ini maka semakin bagus pula. Seri Phoenix Wright penuh dengan plot twists dan momen-momen kecil yang membuat bulu kuduk berdiri. Keren bingits.

Cara bermain Phoenix Wright

Mulailah dengan game pertama (Phoenix Wright: Ace Attorney) pada NDS atau iOS, kemudian lanjutkan bermain seri-seri selanjutnya secara berurutan. Kemudian mainkan game kelima (Phoenix Wright: Dual Destinies) pada 3DS atau iOS.

Link Download Phoenix Wright – Ace Attorney (Legacy) NDS ROM // Ace Attorney: Phoenix Wright Trilogy HD (iOS)

 

2) Danganronpa

Danganronpa

Danganronpa kurang lebih adalah gabungan game Persona dan The Hunger Games, dengan sedikit sentuhan Phoenix Wright. Kalau tidak cukup bagimu, premisnya adalah sebagai berikut: 15 murid terperangkap di sekolah SMA mereka dan diberitahu oleh teddy bear serem-tapi-imut bahwa satu-satunya cara untuk lolos adalah A) membunuh teman sekelas; dan B) jangan sampai ketangkap.

Tugasmu disini memastikan semua pembunuhnya tertangkap. Jalan ceritanya lucu dan twisty, penuh dengan momen-momen campuran menakutkan+menghibur dan berpetualang di dalam sekolah, berharap semoga karakter kesayanganmu tidak terbunuh. My trip my adventure? Wkwk.

Cara bermain Danganronpa

Walau Danganronpa aslinya dirilis di PSP, untuk bahasa Inggris cuma tersedia untuk Vita. Tentunya, mainkan versi pertamanya dulu sembari download yang kedua.

Link Download Dangan-ronpa PSP ISO English // PSP ISO Japan // Super Dangan-Ronpa 2 (Japan) PSP ISO

 

3) Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors (999)

Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors (999)

Seperti Danganronpa, 999 adalah cerita misteri-horor yang penuh dengan twists, peralihan, dan karakter menarik. Sembilan orang terjebak dalam pesiar dan harus bekerja sama agar bisa lolos.

Dengan memecahkan seri puzzle berjenis escape-the-room, kamu dan rekanmu akan menjumpai satu atau beberapa ending berdarah-darah dengan harapan akan menemukan kebenaran dibalik semuanya kenapa kamu ada disana. Prosa-nya memang sedikit muluk-muluk, tapi jalan ceritanya worth jika ditukar dengan waktumu yang berharga itu…

Cara bermain Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors (999)

999 tersedia di NDS atau iOS. Oh ya, bersiaplah memainkan game-nya beberapa kali untuk menamatkannya. Tenang: kamu bisa mempercepat teks yang sudah kamu baca sebelumnya. Gunakan contekan cara bermain 999 ini jika tidak ingin mengulang ending yang sama secara sengaja/tidak.

Link Download Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors (999) NDS // 999: The Novel iOS

 

4) Virtue’s Last Reward

zero escape Virtues Last Reward

Merupakan sekuel dari 999, Virtue’s Last Reward menggabungkan unsur horor dan mindf*ckery untuk menceritakan cerita tentang orang-orang yang terjebak di tempat mengerikan dimana kematian rasanya tidak bisa dihindari. Virtue’s Last Reward datang dengan penyempurnaan dibanding seri sebelumnya: tidak ada puzzle berulang! Juga jalan ceritanya jauh lebih baik.

Cara bermain Virtue’s Last Reward

Kamu bisa memainkan VLR di 3DS atau Vita, walau di versi 3DS-nya dilaporkan bug save-an akan terhapus (tapi semoga sudah hilang ya bug nya ketika kamu download game ini). Jadi DSG merekomendasikan main game ini di Vita, dan sebelumnya mainkanlah 999 dulu.

Link Download Virtue’s Last Reward 3DS // PS VITA

 

5) Hotel Dusk

hotel-dusk-room-215

Hotel Dusk adalah game NDS sunyi tentang detektif keras kepala bernama Kyle Hyde. Walaupun misteri Hyde tidak begitu bikin shock seperti game-game diatas, jalan ceritanya masih benar-benar layak untuk dimainkan: penuh kegelapan, penyesalan, dan hal-hal kelam lainnya.

Cara bermain Hotel Dusk

Kamu bisa memainkan Hotel Dusk untuk DS dan memainkannya baik di NDS atau 3DS.

Link Download Hotel Dusk – Room 215 NDS

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *