Aplikasi Pendingin CPU & Kontrol Kecepatan Kipas

Fan bertanggung jawab untuk kebanyakan bisingnya PC saat ini, adanya fitur kontrol pada fan/kipas merupakan sesuatu yang penting agar komputer tidak berisik. Berbagai chip dan CPU dalam komputer harus di dinginkan, tetapi lebih dalam bayak kasus hal ini tidak harus selalu dilakukan dimana fan/kipas bekerja pada kecepatan yang jauh lebih tinggi dari yang diperlukan.

heatsink fun

Pada zaman dahulu sistem PC tidak mempunyai kontrol pada fan dan akirnya fan dijalankan dengan kecepatan maksimal.

Hari ini, semua motherboard modern memiliki beberapa jenis kontrol dibangun dengan model canggih menawarkan tiga atau lebih “controllable headers”. Karena itu pengaturan secara manual untuk menyesuaikan kecepatan kipas semakin berkurang. Perangkat keras controller fan memang dapat dibeli, tapi dengan adanya kontrol motherboard dan ketersediaan fan dengan kecepatan rendah, Perangkat keras controller fan dirasa tidak terlalu, kecuali jumlah fan yang terpasang sangat banyak.

Kontrol dinamis fan pada kebanyakan motherboard saat ini dapat disesuaikan di BIOS / UEFI dan menggunakan perangkat lunak sehingga fan dapat disetel dengan benar untuk kondisi operasi secara realtime.

Sebagian besar produsen motherboard utama menyertakan software untuk kontrol kipas dan monitoring suhu pada motherboard.

Dan untuk aplikasi kontrol kipas favorit kami adalah SpeedFan, aplikasi gratis yang telah ada selama lebih dari satu dekade. Aplikasi ini akan membantu kamu aga CPU tetap dingin namun tidak menimbulkan kebisingan saat PC tidak dalam penggunaan berat seperti main game, rendering, dan pekerjaan berat lainya.

aplikasi pendingin cpu dan fan

Walaupun terlihat seperti sebuah aplikasi sederhana, SpeedFan memiliki tampilan pengguna yang agak Spartan dan tidak banyak perubahan sejak pertama rilis. Karena aplikasi ini tidak dirancang untuk motherboard tertentu, SpeedFan tidak sepenuhnya berguna dalam keadaan default (tanpa pengaturan lebih lanjut). Untuk pemula, ini mungkin tampak sedikit menakutkan.

aplikasi pendingin cpu

Sebelum melakukan pengaturan dengan aplikasi ini di sarankan untuk mencatat nama dan lokasi dari fan header. Juga disarankan untuk menonaktifkan kontrol kipas di BIOS / UEFI ketika mengkonfigurasi SpeedFan sehingga fans akan berjalan pada kecepatan penuh diawal.

Sebagai tambahan kamu dapat menerapkan trik pada video dibawah, dimana trik ini untuk menurunkan nilai maksimal penggunaan power CPU agar CPU komputer atau laptop mu tetap dingin disaat hanya digunakan untuk pekerjaan ringan.

Link Download SpeedFan

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *