Aplikasi Planetarium Gratis: Stellarium

Saat ini ada banyak paket aplikasi planetarium dan kebanyakan memiliki banyak fungsi yang memungkinkan para astronom untuk mempelajari angkasa, mengenal rasi bintang, menemukan planet-planet di semua hari dalam satu tahun dan di lokasi manapun di permukaan bumi.

Dengan adanya sistem GoTo, para astronom bahkan dapat terhubung ke teleskop sehingga hanya dengan klik mouse, teleskop akan mengarah ke objek yang dipilih. Namun, meskipun data yang ditampilkan sangat akurat, ketika kamu melihat langit pada layar komputer dan melihat langit secara langsung, kamu akan mendapati perbedaan antara representasi grafis dari bintang yang sangat jelas.

Stellarium adalah aplikasi planetarium yang sangat mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun, namun aplikasi ini dapat menhasilkan tampilan langit yang sangat nyata. Link download terdapat di akhir artikel ini.

Ketika kamu pertama kali menggunakan aplikasi Stellarium akan ada peringatan bagi mereka yang menggunakan koneksi dial-up internet karena apliasi ini akan meload banyak data (hampir sama ketika kamu menggunakan aplikasi map). Ketika aplikasi ini dijalankan, secara otomatis akan mendeteksi pengaturan video di komputer kamu dan mengatur tampilan yang sesuai.

Aplikasi Planetarium Stellarium

Setelah Stellarium terinstal kamu siap untuk mulai mengeksplorasi angkasa. Pertama dan terpenting adalah menentukan lokasi kamu. Kamu dapat melakukan hal ini baik dengan menunjuk ke lokasi pada map kecil yang ditampilkan atau alternatif lainya adalah memasukan nilai garis lintang dan garis bujur (latitude dan longitude). Setelah itu, kamu dapat mengatur tingkat detail yang kamu ingin tampilkan pada aplikasi ini.

Stellarium adalah salah satu aplikasi dengan foto yang realistis. Jika kamu menggunakan aplikasi di siang hari, kamu akan mendapati foto cakrawala (countryside horizon). Pada foto “countryside horizon” tersebut kamu akan melihat langit biru dan matahari di arah yang benar saat itu. Jadi jika kamu melihat cakrawala dari selatan pada aplikasi ini di siang hari, kamu akan mendapati matahari langsung dari selatan.

 

Dengan menggunakan panah kanan dan kiri pada keyboard kamu dapat memindahkan tampilan melalui titik kompas yang ada. Sepanjang waktu berjalan (ada jam kecil di kiri atas layar) matahari perlahan bergerak di langit seperti dalam kehidupan nyata dan ketika mendekati ufuk barat, akan nampak perubahan warna langit yang bertahap dari senja hingga gelapnya malam. Dan ketika langit mulai gelap, bintang-bintang yang cerah mulai menampakan diri, dan saat itulah kamu akan mendapati lebih banyak banyak bintang yang tampil pada layar.

Pada bagian bawah kiri layar terdapat toolbar untuk untuk mengubah view dan rincian pada layar yang antara lain :

  • Drawing of Constellations: Menarik garis konstelasi antara bintang-bintang. Tekan ‘C’ untuk menampilkan atau tidak garis konstelasi.
  • Names of Constellations: Untuk menampilkan nama-nama rasi bintang. Tekan ‘V’ untuk menampilkan atau tidak.
  • Constellations Art: Menunjukkan gambar artistik dari rasi bintang dan tokoh-tokoh mitos dan menunjukkan bagaimana setiap bintang di konstelasi dicocokan menjadi gambar. Tekan ‘R’ untuk menampilkan atau tidak.
  • Azimuthal Grid: Menampilkan garis Deklinasi di langit. Tekan ‘Z’ untuk menampilkan atau tidak.
  • Equatorial Grid: Menampilkan grid khatulistiwa di langit. Tekan ‘E’ untuk menampilkan atau tidak.
  • Ground: Menghilangkan foto cakrawala. Tekan ‘G’ untuk menampilkan atau tidak.
  • Cardinal Points: Menampilkan poin N, S, E, W, di cakrawala. Tekan ‘Q’ menampilkan atau tidak.
  • Atmosphere: Mensimulasikan atmosphere. Jika kamu menetapkan waktu siang hari langit akan cerah, namun akan memudar ke kegelapan dengan bintang jika waktu merubahnya menjadi malam.

Di kanan bawah layar tiga tombol yang dapat meningkatkan kecepatan tampilan gerakan layar dan juga sebaliknya .

Salah satu hal kecil yang membuat aplikasi ini sedikit lebih nyata adalah bahwa dalam jendela konfigurasi, kamu bahkan dapat mengubah jumlah kelip bintang.

Untuk mengetahui tentang berbagai objek yang ditampilkan pada layar kamu dapat memindahkan “cross hairs” (pointer target) ke objek dan klik di objek tersebut. Ketika kamu mengkilk obkek tersebut di sudut kiri atas kemudian ditampilkan informasi dasar tentang nama objek, nipparchus catalogue number, RA dan Dec juga besarnya. Jika kamu klik pada objek Messier itu menunjukkan jumlah M (jumlah NGC) RA, Dec dan besarnya. Sayangnya tidak ada informasi yang memberitahu apa itu sebenarnya (cluster, nebula, galaksi dll).

Aplikasi ini adalah suatu keharusan bagi yang mempelajari astronomi. Stellarium memberikan tampilan yang sangat nyata dari langit dan memungkinkan kamu untuk berlatih “star hopping” di siang hari untuk pengamatan di malam hari.

Link Download Stellarium

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *