Aplikasi untuk Menggabungkan Video Gratis Terbaik

Split, trim dan menggabungkan file video dapat dilakukan secara “lossless” dan sangat cepat jika kamu menggunakan aplikasi yang baik.

Lalu mengapa tidak menggunakan aplikasi yang sederhana saja seperti Windows Movie Maker? Menurut pengalaman ketika mencoba menggunakan Windows Movie Maker untuk menghapus iklan dari salah satu rekaman TV: setelah melakukan editing, butuh 30 menit untuk memproses file, bahkan kemudian hasilnya tidak begitu bagus.

Jadi saya menyarankan menggunakan aplikasi khusus untuk split, trim dan menggabungkan file video dan tidak diperuntukan untuk editing dan mendukung lossless dimana kamu hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk memproses file video yang di split, trim, atau digabung.

Aplikasi split, trim dan join biasanya dapat melakukan tugas-tugas mereka lebih efisien daripada aplikasi video editor karena tidak melakukan “re-encode” video sumber.

Aplikasi-aplikasi seperti ini umumnya lebih cepat dan lebih mudah digunakan untuk setiap tugas editing video dasar seperti dibawah ini:

  1. Memecah video menjadi beberapa part video, sehingga memudahkan nantinya untuk mengekstrak atau menyalin adegan tertentu atau untuk upload ke internet (misalnya untuk YouTube). Masing-masing dari file yang di pecah dapat dimainkan kembali.
  2. Memotong bagian yang tidak diinginkan, seperti iklan dalam rekaman TV.
  3. Menggabungkan file video. Untuk penggabungan video hanya bekerja ketika file video memiliki format yang sama (resolusi yang sama, bitrate, dll). Jika kamu pernah men-download video yang durasinya cukup panjang dimana dibagi menjadi beberapa file video, aplikasi joiner akan menempatkan bagian-bagian video yang dipecah menjadi satu file video, dan proses ini hanya memakan sedikit waktu.

Beberapa aplikasi splitter, trimmer dan joinner jauh lebih ringan dari semua editor video dan memiliki keuntungan dengan disertakanya codec yang mendukung hampir semua jenis video populer.

Meskipun menggunakan aplikasi editor video memiliki banyak keuntungan seperti dari kenyamanan, dalam beberapa kasus diperlukan lebih banyak waktu dan menghasilkan hasil yang berkualitas buruk akibat dari penggunaan “lossy re-encoding” atau pengaturan yang tidak tepat.

Ketika merekomendasikan software gratis dalam kategori ini, kami mempertimbangkan persyaratan dasar berikut:

  • Kemudahan penggunaan
  • Kinerja
  • Format yang didukung
  • Fitur

 

Aplikasi terbaik untuk memecah dan menggabungkan video MP4

 

Avidemux


avidemux243

Avidemux adalah aplikasi gratis untuk menggabungkan dan memotong video. Avidemux mendukung format seperti mp4, mpg, avi, ogm, mkv, flv. Avidemux relatif mudah digunakan dan aplikasi terbaik ketika melakukan split file video mp4.

Aplikasi ini memiliki toolbar yang jelas di atas dengan semua tombol yang penting. Setelah file dibuka, pilih penanda ‘A’ dan ‘B’ untuk memilih bagian dari video yang ingin kamu hapus (penghapusan dilakukan dengan menggunakan tinggal menggunakan ‘Delete’.

Avidemux memiliki beberapa tools tambahan untuk membantu kamu melakukan proses editing. Kamu juga dapat memilih format output yang telah ditetapkan di bawah tab ‘Auto’ dimana format yang ada termasuk format video untuk Apple Ipod, Iphone, Sony Playstation Portable, DVD dan Microsoft Zune.

Selain dari format yang telah ditetapkan, kita juga bisa memilih format video dan audio untuk video dari menu dropdown di sisi kiri. aplikasi ini sering crash, jadi selalu ingat untuk menyimpan proyek sebelum kamu menyimpan hasil akhir video yang diedit.

Avidemux memang memiliki kelemahan yang harus diingat. Pada banyak kasis ketika memuat video pada aplikasi akan muncul pesan error seperti ‘H.264 detected’ dan sejenisnya. Tapi peringatan ini hanya terkait pemutar media pada Avidemux dan tidak mempengaruhi output video.

Avidemux juga memiliki kemampuan untuk menggabungkan video. Namun perlu diingat bahwa untuk menggabungkan file video ukuran dan format dari bagian yang berbeda harus sama.

Link Download Avidemux

 

Aplikasi terbaik untuk memecah dan menggabungkan video WMV/ASF

 

AsfBinWin


aplikasi menggabungkan video

AsfBinWin merupakan versi dengan dukungan “GUI” dari aplikasi AsfBin yang menggunakan baris perintah (command line), ditambah kemampuan pratinjau (preview), menjadikan AsfBinWin pemenang dalam kategori ini.

Aplikasi portable dan ringan ini gratis untuk penggunaan non-komersial dan sangat baik untuk memotong atau menggabung file wmv.

Kelebihan lainya adalah dapat memperbaiki dan re-indeks file wmv yang rusak atau mengandung beberapa error.

Kontrol yang sensitif dan user friendly: Pada aplikasi ini terdapat slider utama yang mana berfungsi unutk kamu gunakan ketika kamu ingin memotong file video, dan kemudian slider kedua memungkinkan fine tuning ke satu frame.

Kemampuan AsfBinWin untuk encode ulang secara lokal membuat pemotongan sangat presisi sehingga kamu dapat memotong video persis di posisi yang benar-nbenar kamu inginkan.

Selain file video wmv dan asf, aplikasi kecil ini berguna juga untuk memotong, menggabungkan, trim dan memperbaiki file wma (audio). AsfBinWin biasanya dapat menangani file video dikodekan dalam WMV3, mp42 dan video yang mp43 format dengan “precise cutting” diaktifkan (pengaturan default).

Secara keseluruhan, AsfBinWin adalah aplikasi yang sangat handal dan efisien.

Link Download AsfBinWin

 

Aplikasi untuk memecah dan menggabungkan video untuk file AVI

Akan ditambahkan selanjutnya ………

Aplikasi untuk memecah dan menggabungkan video lainnya yang layak kamu pertimbangkan:

Aplikasi untuk memecah dan menggabungkan video yang tidak kami rekomendasikan

  • Easy Video Splitter
  • Easy Video Joiner

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *