Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan PC

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan PC

Cara mempercepat laptop atau PC: Ringkasan

Langkah awal untuk mempercepat kinerja laptop atau PC, kamu harus terlebih dahulu tahu apa yang membuat kecepatan laptop atau PC turun.

Dalam banyak kasus, kamu dapat mengembalikan performa dengan menghapus aplikasi yang buggy (sering crash, error dan mengganggu kinerja sistem secara keseluruhan), melakukan pengecekan ada tidaknya virus yang menyebabkan masalah, membersihkan file sampah, melakukan defrag pada hard drive, dan melakukan upgrade hardware seperti meningkatkan RAM atau memasang SSD.

Cara mempercepat laptop atau PC: Panduan Detail

Di posting kali ini saya akan menunjukkan cara untuk mempercepat PC atau mempercepat kinerja laptop. Menggunakan aplikasi tweak gratis untuk mempercepat Windows, dan opsi terbaik yaitu upgrade hardware untuk meningkatkan kecepatan PC atau laptop.

Bagaimana untuk mempercepat PC, cara untuk mempercepat laptop. Apa yang harus dilakukan ketika PC atau laptop berjalan lambat.

Semua orang ingin PC atau laptop bekerja lebih cepat. Kemungkinan besar bahwa kamu hanya perlu beberapa solusi dari keseluruhan solusi yang tersedia di artikel ini.

Mungkin kamu memiliki PC yang relatif baru atau laptop yang bekerja dengan baik, tetapi kamu ingin membuatnya lebih cepat.

Atau mungkin kamu memiliki PC atau laptop lama yang sebenarnya dalam keadaan baik dan masih bisa digunakan tapi saat ini kinerjanya sangat menurun.

‘PC berjalan lambat’ atau ‘laptop berjalan lambat’ salah satu istilah pencarian yang populer. Jika kamu datang dari mesin pencari, kamu berada di tempat yang tepat.

Bagaimana untuk mempercepat PC | Cara untuk mempercepat laptop: Tweak Aplikasi

Perubahan atau tweak pada apliaksi tidak berlaku untuk instalasi sistem baru, seperti kamu baru saja menginstal ulang winddows atau memang menggunakan PC/ laptop baru.

Jika kamu ingin membuat PC atau laptop kamu lebih cepat kamu perlu memeriksa akses internetmu dan pastikan tidak terinfeksi virus. Apa bila kamu memang memiliki sistem baru, kamu bisa melewati bagian ini dan langsung ke bagian upgrade hardware.

Ok kita lanjut, nah bagaimana jika kamu sudah memiliki PC atau laptop yang sudah kamu gunakan sudah cukup lama dan tiba-tiba performanya terasa melambat.

Hal bisa jadi dikarenakan perubahan yang telah kamu lakukan sebelumnya, baik perubahan pada perangkat keras atau aplikasi.

Apakah kamu menginstal beberapa aplikasi atau komponen hardware baru? Pada kasus ini yang kamu harus lakukan adalah mengembalikan perubahan ke kondisi sebelum kamu menginstal aplikasi atau memassang perangkat keras baru. Baik menggunakan System Restore atau mencabut kembali hardware yang kamu pasang sebelumnya.

Cara Menggunakan Semua Aplikasi Backup & Recovery Windows 10

Bagaimana untuk mempercepat PC | Cara untuk mempercepat laptop: Apakah masalahnya berasal dari PC kamu atau akses internet yang kamu gunakan?

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan PC akses internet

Hal lain yang pelu pastikan penyebab lambatnya performa apakah memang benar berasal dari PC/ Laptop atau dikarenakan koneksi internetmu yang lambat? Jika kamu termasuk orang yang menggunakan PC dengan instensitas yang cukup tinggi dalam berkirim email, browsing web dan menggunakan Facebook mungkin salah satu penyebab bahwa PC/ laptop kamu terasa lambat adalah dikarenakan koneksi internet kamu, bukan dari PC.

Kamu dapat dengan mudah melakukan tes kecepatan internet dengan mengunjungi web-web untuk tes kecepatan internet. Kamu juga dapat melakukan cek apakah masalah dikarenakan koneksi internet dengan membawa laptop kamu ke tempat lain dengan koneksi internet yang kamu anggap koneksinya baik-baik saja misal kantor atau rumah teman, jika performa laptop terasa baik-baik saja setelah terkoneksi dengan internet di tempat-tempat tersebut dan sebaliknya ketika kamu kembali ke rumah laptopmu kembali lambat maka bisa dipastikan masalah terletak pada jaringan yang kamu gunakan.

7 Aplikasi Terbaik Untuk Mempercepat Internet

Tes Kecepatan Internet dengan 10 Aplikasi Ini, Gratis!

Jika koneksi internet adalah penyebabnya kamu dapat memperbaikinya dengan beberapa cara, tapi yang pertama harus kamu lakukan adalah komplain ke ISP yang kamu gunakan, terutama jika koneksi internet melambat tiba-tiba, tidak seperti biasanya.

Bagaimana untuk mempercepat PC | Cara untuk mempercepat laptop: Apakah dikarenakan virus?

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan PC virus

Kebanyakan kasus kinerja laptop atau PC menjadi lambat disebabkan oleh infeksi dari beberapa jenis malware. Tentu saja kamu harus memiliki paket keamanan internet yang kuat yang berjalan pada PC atau laptop.

6 Antivirus Gratis Terbaik Versi DSG

Scan dan bersihkan PC kamu untuk mengembalikan kinerja PC aau laptop kamu seperti semula. Jika kamu sudah menginstal aplikasi antivirus tidak ada salahnya untuk mengupdate definisi virus dan menjalankan scan, tetapi ada kemungkinan bahwa infeksi telah menyebar dan menginfeksi aplikasi antivirus itu sendiri.

Kamu dapat menambahkan aplikasi perlindungan tambahan seperti Malwarebytes untuk melakukan scan lebih lanjut dan membersihkan malware.

Download Gratis Malwarebytes Anti-Malware

Bagaimana untuk mempercepat PC | Cara untuk mempercepat laptop: Tweaking Mengunakan Aplikasi

Jika kamu telah memastikan bahwa bukan perubahan terbaru, koneksi internet dan malware yang menyebabkan PC kamu lambat, maka bisa jadi hal ini terkait dengan “keausan” pada sistem (sistem sudah lama dan terus menerus dipakai).

Jika kamu telah menggunakan PC untuk waktu yang lama kemungkinan bahwa media penyimpanan yang digunakan sudah cukup penuh dengan file, foto dan video. Kamu juga mungkin telah menginstal banyak program yang semua dijalankan pada saat yang sama menyebabkan prosesor atau CPU bekerja keras.

Aplikasi Pendingin CPU & Kontrol Kecepatan Kipas

Sebagai langkah awal untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghapus apa pun yang kamu tidak perlukan. Dan menghapus program di Control Panel untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan.

Tidak dapat dipungkiri aplikasi adalah salah satu yang menggerus sumber sistem dengan besar dan pada akhirnya dapat memperlambat PC atau laptop.

Salah satu masalah lain yang sering dihadapi adalah ketika PC kamu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk booting, untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan pengaturan untuk menghentikan beberapa program yang tidak terlalu dibutuhkan agar tidak berjalan otomatis saat booting, dan hal ini juga akan mempercepat sistem kamu secara keseluruhan.

Salah satu cara lain mempercepat kinerja laptop atau PC kamu adalah dengan melakukan defragment pada hard drive. Jika kamu menggunakan hard disk dan bukan SSD, perlu dikethui setelah kamu menghapus file, data file yang tidak terhapus akan tersimpan di seluruh bagian partisi disk.

Secara teori PC kamu harus bekerja lebih keras untuk mengakses file yang tersebar seperti itu, sehingga defragmenting (atau defragging) akan menyebabkan lonjakan kecepatan.

Dari pengalaman saya tidak pernah merasakan peningkatan kinerja setelah defrag, tetapi jika kamu baru saja menghapus banyak aplikasi defragging adalah hal yang baik untuk kamu lakukan.

Aplikasi gratis untuk defragment

Walaupun hal yang telah dijelaskan diatas terdengar terlalu teknis, kamu tidak perlu khawatir jangan takut. Ada aplikasi gratis yang akan membantu kamu dalam melakukan pekerjaan seperti membersihkan file yang tidak kamu perlukan dan salah satu yang terbaik adalah CCleaner.

Pada akhirnya aplikasi tweak seperti CCleaner tidak mungkin untuk membuat perubahan besar ke PC yang kinerjanya buruk, Walau begitu kalau kamu menggunakanya akan memberikan peningkatan kecil pada kinerja sistem secara keseluruhan.

Aplikasi Untuk Membersihkan Sistem : CCleaner

Pada akhirnya jika masalah terletak pada aplikasi dan kamu telah menggunakan PC untuk waktu yang lama, satu-satunya pilihan mungkin untuk menginstal ulang Windows.

Bagaimanapun juga hal ini harus menjadi opsi terakhir untuk menyelesaikan masalah penurunan kinerja PC atau laptop kamu.

Dan satu hal lainnya, pastikan bahwa kamu menjalankan versi terbaru Windows

Bagaimana untuk mempercepat PC | Cara untuk mempercepat laptop: upgrade hardware

Selain faktor software, faktor yang paling penting dalam kecepatan PC adalah memori, prosesor dan kemudian media penyimpanan.

Pertanyaan pertama ketika pada akhirnya kamu ingin upgrade hardware agar mempercepat kinerja laptop atau PC kamu adalah; apakah PC atau laptop kamu memiliki RAM yang cukup? Meskipun PC dan laptop jadul dengan sistem (windows) 32-bit PC dapat menggunakan hanya 2-3GB RAM, saya tidak menyarankan apabila memori pada PC atau laptop kamu kurang dari 4GB.

Upgrade hardware lainnya adalah Upgrade CPU. Upgrade CPU bisa membuat frustasi, meskipun tindakan fisik melepaskan prosesor dan memasang penggantinya lumayan mudah.

Kesulitannya adalah dalam saat yang yang tepat untuk meng-upgrade dan prosesor apa yang cocok dimana akan kamu beli agar memberikan kinerja terbaik.

Sebuah upgrade lebih sederhana adalah dengan menginstal SSD ke PC atau laptop. SSD atau solid-state drive jauh lebih cepat daripada harddisk tradisional atau hard drive.

Dan jika sistem operasi Windows kamu terinstal pada SSD, kamu akan mendapati kinerja keseluruhan PC atau laptop kamu jauh lebih cepat.

Dan upgrade terakhir yang bisa kamu lakukan adalah, upgrade kartu grafis. Hal ini bisa memakan banyak biaya, tapi efektif jika kamu ingin menikmati game lebih cepat atau video berkualitas HD yang lebih baik.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *