Cara Mempercepat Koneksi Modem Internet

Jika kamu orang yang sangat bergantung pada internet, kemungkinan kamu bisa menghabiskan dana antara 500rb sampai satu juta perbulan untuk koneksi internet broadband.

Tetapi terlepas dari berapa banyak kamu bayar, apakah kamu mendapatkan kecepatan yang ISP janjikan? Dan apakah koneksi internetmu stabil tanpa sering putus atau tanpa harus sering reboot modem? Dengan panduan cepat di artikel ini, kamu dapat memaksimalkan setiap kbps dari koneksi modem broadband yang kamu gunakan dan menjaga koneksi internetmu tetap stabil.

Uji Kecepatan Koneksi Internetmu

Sebelum kamu mulai mengutak-atik modem internetmu, alangkah baiknya melakukan tes kecepatan koneksi cek link ini untuk melakukan test kecepatan internet.

tes kecepatan internet

Jika memungkinkan, lakukan tes kecepatan beberapa kali pada waktu yang berbeda dalam satu hari, terutama pada jam-jam dimana kamu paling sering menggunakan internet, dan setidaknya sekali pada tengah malam atau sekitar jam 3 sampai jam 4 pagi karena berdasarkan data yang saya dapatkan, pada jam-jam tersebut tidak banyak orang yang menggunakan internet.

Memperbarui Firmware atau Ganti Modem Baru

Jika modem kabel atau DSL yang kamu gunakan sudah sangat lama, minta penyedia layanan Internet yang kamu gunakan untuk meminta modem yang baru. Bisa jadi kalau hanya untuk menukarkan modem kamu tidak akan dipungut biaya; dan jika ada biaya biasanya hanya untuk menyetujui kontrak baru selama satu tahun.

mempercepat modem koneksi dcois

Perlu dikethaui modem terbaru saat ini mendukung teknologi DOCSIS 3.1 (Data Over Cable Service Interface Specification). Jadi jika modem yang kamu gunakan saat ini hanya mendukung teknologi 1.1 atau 2.0, Kamu mungkin akan mengalami peningkatan kecepatan yang besar hanya dengan menukar modem ke modem dengan teknologi terbaru.

Bahkan ketika kamu menggunakan modem baru, pastikan bahwa modem yang kamu gunakan memiliki firmware terbaru yang terinstal. Untuk memperbarui modem DSL yang kamu gunakan, kamu harus terhubung ke antarmuka Web-nya, yang berarti bahwa kamu harus tahu alamat IP dari modem pada jaringan lokal.

Biasanya informasi untuk mengakses antarmuka modem DSL terdapat di buku manual. Sebagai alternatif jika kamu kehilangan buku manual, kamu dapat mencoba beberapa alamat ip yang biasanya digunakan sebagian besar modem seperti 192.168.100.1 atau 192.168.1.1.

Akses alamat IP tersebut di browser, dan seharusnya kamu akan mendapati halaman pengaturan modem. Biasanya untuk mengakses halaman konfigurasi tersebut kamu harus memasukan password, dan kebanyakan password atau bakan username untuk login ke halaman pengaturan ini dicetak pada bagian bawah modem, kalau tidak ada coba aja username dan password standar yang biasa digunakan seperti “admin” atau lainya.

Sesaat setelah kamu login, cek nomor firmware, dan lihat apakah ada versi terbaru dari firmware yang tersedia di situs produsen. Jika ya, download firmware yang lebih baru ini ke PC kamu, dan kemudian jalankan prosedur update firmware.

Reboot, tes kembali kecepatan internetmu di situs-situs untuk tes kecepatan, dan lihat apakah kecepatan internetmu meningkat. Selain meningkatkan kecepatan transfer, menggunakan modem baru atau memperbarui firmware dapat memecahkan sejumlah masalah koneksi, seperti sering putusnya koneksi internet.

Periksa Parameter Modem

Sementara kamu memperbarui firmware, kamu juga bisa memeriksa beberapa parameter kunci. Pertama, parameter kecepatan maksimum yang diizinkan (baik downstream dan upstream) harus sesuai paket yang kamu gunakan. Jika tidak ISP tidak mengatur layanan kamu dengan benar.

Apabila memang kejadian parameter kecepatan maksimum tidak sesuai coba hubungi ISP yang kamu gunakan dan meminta untuk memperbaikinya secara remote.

mempercepat modem parameter

Kedua, memerikas rasio signal-to-noise (atau SN margin) dan “Line Attenuation”, yang diukur dalam desibel (dB). Semakin rendah sinyal-to-noise ratio, semakin banyak gangguan yang akan kamu dapati, dan semakin besar jumlah paket yang perlu dikirim ulang karena data dikirim tidak hanya dalam sekali pengiriman.

Semenara Line attenuation mengukur penurunan tegangan yang datang dengan membagi sinyal (terutama untuk modem kabel) dan pada kabel yang sangat panjang atau kabel yang tua. kehilangan sinyal yang berlebihan akan menyebabkan penurunan kecepatan.

Untuk modem DSL, diatas 50 dB untuk “Line Attenuation” menandakan koneksi yag jelek, idealnya “Line Attenuation” berkisar antara 20 sampai 30 dB. Untuk rasio signal-to-noise standarnya berkisar 7 sampai 10 dB, dan ketika mencapai 20 sampai 28 dB sangatlah baik.

Masalah Pada Kabel

Pada saat kamu mekukan tes kecepatan walaup pada jam-jam yang tidak sibuk (misal jam 2-3 pagi) kecepatan internet kamu tidak sesuai dengan kecepatan yang dijanjikan pada paket yang kamu pilih, dan kamu menemukan rasio signal-to-noise yang buruk, mungkin permasalahanya ada pada kabel yang digunakan.

Tugas pertama kamu adalah mengecek apakah sinyal sudah terdegradasi saat mencapai rumah kamu ataukah karena masalah kabel dirumahkamu saja yang menjadi masalah. Untuk menguji ini, pindahkan modem kamu sedekat mungkin ke percabangan kabel yang dibuat.

mempercepat modem koneksi percabangan

Jika mungkin, ambil laptop dan kabel power dari modem untuk melakukan tes koneksi langsung ke kabel utama yang menghubungkan koneksi ke rumahmu. Tes ulang dan lihat apakah ada pengingkatan kecepatan.

Jika tidak, hubungi perusahaan internetmu. Jika instalasi kabel dirumahmu yang menjadi masalah, kurangi jumlah percabangan atau ganti kabel yang mungkin rusak.

Untuk modem DSL, noise pada kabel cenderung disebabkan oleh telepon yang terhubung. Gangguan ini seharusnya dikendalikan oleh filter ditempatkan antara soket di masing-masing perangkat.

Pastikan bahwa mereka semua di tempat. Jika kamu mendapati masih terdapat banyak noise, solusi terbaik adalah dengan menginstal “DSL/ POTS splitter”. Pengaturan seperti ini benar-benar akan mengisolasi modem dari kabel telepon biasa.

Optimalkan Pengaturan Software

Diibaratkan kamu sekarang memiliki jalur DSL yang clean, sekarang waktunya untuk kamu untuk men-tweak sistem dan aplikasi untuk kinerja maksimal.

internet booster

Untuk mengoptimalkan parameter kinerja jaringan pada Windows kami menyarankan kamu untuk menggunakan aplikasi-aplikasi gratis yang ada di artikel ini : 7 Aplikasi Terbaik Untuk Mempercepat Internet

Dan ketika kamu sering menggunakan Firefox untuk akses internet kamu bisa menggunakan aplikasi untuk optimasi firefox seperti

Mempercepat Proses Download

Kita dapat mempercepat proses download dengan menggunakan download manager seperti IDM.

Internet Download Accelerator

Download manager menciptakan beberapa link download simultan, dan kemudian menempatkan file bersama-sama sesudahnya. Untuk kamu ingin menggunakan download manager gratis yang baik cek link berikut : 34 Download Manager Gratis Terbaik

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *