10 Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik

Beberapa tahun ini tampak peningkatan dramatis dalam pendidikan online. Menurut laporan onlinelearningsurvey.com pada Februari 2015, 70,8% dari pemimpin di lembaga akademis menyatakan bahwa pendidikan online merupakan komponen penting dari strategi jangka panjang mereka.

Banyak organisasi telah mulai bereksperimen dengan “Massive Open Online Courses” atau MOOCs, sebagai cara baru untuk menawarkan layanan pendidikan.

Diperkirakan jutaan orang telah berpartisipasi dalam kursus-kursus yang organisasi-organisasi tersebut selenggarakan sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan mereka, yang mana banyak dari mereka merupakan mahasiswa non-tradisional.

Saat ini begitu banyak pilihan pendidikan online gratis untuk profesional TI yang ingin memajukan karir atau orang-orang yang ingin masuk ke bidang IT.

Ada banyak situs yang didedikasikan untuk pembelajaran online, ditambah bootcamp coding, universitas tradisional yang biasa diselesaikan selama 4 tahun dan kursus-kursus yang diadakan vendor.

Dalam post kali ini akan menampilkan 10 situs untuk menemukan kursus IT online gratis, dan kami sertakan juga contoh dari jenis kursus yang tersedia pada masing-masing situs. Tentu saja, tidak semua kursus memiliki kualitas yang sama.

Siswa yang tertarik untuk mengikuti kursus secara online disarankan terlebih dahulu untuk memeriksa kualifikasi dari pengajar serta mempertimbangkan apakah tersedianya gelar atau sertifikasi.

Disarankan juga untuk melihat setiap ulasan dan penilaian yang ada. Untuk para pelajar otodidak yang selalu termotifasi untuk terus belajar, kursus-kursus ini dapat menjadi cara yang sangat baik untuk mendapatkan pelatihan yang mereka butuhkan.

Coursera

Coursera menawarkan akses online untuk kelas pembelajaran dari 147 perguruan tinggi, universitas dan organisasi lainnya yang bersal dari 29 negara yang berbeda. Contohnya, mereka memiliki kursus dari Georgia Tech, University of Florida, École Polytechnique Paris, University of Virginia, University of Melbourne, University of Edinburgh, Stanford University, Tel Aviv University dan banyak lagi. Di Coursera terdapat bagian dari website yang dikhususkan untuk kursus computer science dan data science.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik Coursera

Banyak dari kelas Coursera ini tersedia secara gratis, namun beberapa memang membutuhkan biaya yang kecil. Salah satu kurus gratis yang sangat berharga adalah “Crash Course in Data Science” yang ditawarkan oleh Johns Hopkins yang mana bagian dari lima rangkaian kursus “Executive Data Science Specialization”.

Link Website

 

EdX

Dengan lebih dari 5 juta komunitas pelajar, EDX menawarkan kursus online dari beberapa ilmu pengetahuan dan universitas teknologi terkemuka di dunia, termasuk MIT, Harvard, University of California Berkeley, Caltech, Hong Kong University of Science and Technology, University of Pennsylvania dan University of Michigan.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik edX

Banyak program EDX yang tersedia secara gratis, tetapi membutuhkan biaya jika kamu ingin mendapatkan sertifikat atau “credential verifying” atas partisipasi yang kamu lakukan. Contoh dari jenis kelas yang tersedia di EdX adalah kelas arsitektur komputer yang ditawarkan oleh MIT.

Link Website

 

OEDb

Situs dengan kelas pembelajaran online gratis lainnya adalah Open Education Database atau OEDb yang mana memudahkan untuk menemukan kursus dari berbagai disiplin ilmu. Saat ini OEDb memiliki lebih dari 10.000 program studi yang tersedia dan semuanya gratis. OEDb juga memiliki fitur “advice section” yang dapat membantu siswa membuat pilihan pendidikan online yang tepat.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik  OEDB

Tingkatan kursus TI yang tersedia pada OEDb sangat bervariasi, mulai dari kursus untuk pemula sampai ke tingkat sangat ahli. Sebagai contoh kursus yang ditawarkan adalah “A Beginner’s Guide to InDesign”, yang tersedia melalui iTunes, dan “Advanced Analog Integrated Circuit Design” dari Seoul National University.

Link Website

 

MIT OpenCourseWare

Selain berpartisipasi dengan situs pendidikan online lainnya, banyak universitas memiliki bagian dari situs web mereka sendiri yang didedikasikan sebagai kelas online gratis. MIT telah menjadi pemimpin dalam gerakan OpenCourseWare (OCW) dan memiliki katalog kelas IT gratis yang lengkap. Di MIT OpenCourseWare terdapat lebih dari 2.260 kelas pembelajaran.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik MIT OpenCourseWare

Salah satu kelas IT populer di situs ini adalah Pengantar Ilmu Komputer dan Pemrograman. Dirancang untuk pemula dengan sedikit atau tanpa pengalaman pemrograman, mengajarkan dasar-dasar coding dengan bahasa pemrograman Python.

Link Website

 

Harvard

Seperti MIT, Harvard memiliki bagian dari situs yang didedikasikan untuk kelas online. Namun tidak semua kursus Harvard yang tersedia secara gratis.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik Harvard

Situs ini melakukan pekerjaan yang baik dengan memberikan catatan pada setiap kursus yang ada, catatan tersebut meliputi apakah kursus tersebut memerlukan biaya dan apakah dengan mengikuti kursus tersebut akan mendapatkan credential, sertifikat, atau gelar.

Kelas ilmu komputer untuk entry-level di Harvard disebut CS50 yang mana meliputi Pengantar Ilmu Komputer yang dirancang untuk “science junkies” dan pemula.

Link Website

 

Codecademy

Beberapa tahun belakangan ini, beberapa “coding bootcamps” telah tumbuh menjanjikan untuk mengajarkan orang-orang menjadi pengembang dalam waktu lebih cepat dari yang dibutuhkan untuk mendapatkan gelar ilmu komputer tradisional.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik Codecademy

Sebagian besar coding bootcamps memungut biaya yang besar, tapi Codecademy menawarkan kursus online secara gratis. Sebagian besar kursus di Codecademy berhubungan dengan pengembangan web. Selain pembelajaran tentang dasar HTML, ada juga kursus Ruby on Rails, AngularJS dan banyak lagi.

Codecademy juga memiliki fitur “Estimates” yang bermanfaat, dimana fitur ini akan memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap kursus dan penguasaan skill yang dibutuhkan.

Link Website

 

Alison

Tidak seperti situs-situs sebelumnya yang menawarkan kelas pembelajaran dari perguruan tinggi dan universitas tertentu, Alison menawarkan kursus yang dirancang oleh berbagai penerbit buku. Disini terdapat kelas gratis dan berbayar.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik alison

Alison menawarkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai ijazah, tetapi siswa harus memahami bahwa ijazah tidak didukung oleh sebuah universitas yang terakreditasi.

Sebagai contoh kursus yang tersedia di Alison antara lain untuk Diploma Information Technology Management yang mana mencakup sekitar 10 sampai 15 jam belajar dan menuntut siswa untuk menyelesaikan 14 modul yang berbeda dan mencapai skor 80 persen atau lebih tinggi dari penilaian.

Link Website

 

Microsoft Virtual Academy

Pilihan lain untuk pendidikan IT online gratis adalah untuk mengambil kursus langsung dari vendor. Microsoft Virtual Academy memiliki lineup yang luas dari kursus gratis untuk pengembang ponsel dan Web; developer game; jaringan, Insinyur infrastruktur dan cloud; admin Database, arsitek dan pengembang; dan siswa yang tertarik dalam karir di bidang teknologi.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik Microsoft Virtual Academy

Salah satu contoh dari jenis kelas yang tersedia adalah “Microsoft Azure Fundamentals: Virtual Machines” yang memiliki rating bintang lima pada saat penulisan. Kursus tersebut menawarkan pembelajaran praktek langsung cara membuat dan menghubungkan mesin virtual (Virtual Machines), cara mengkonfigurasi endpoint jaringan, bagaimana untuk melampirkan disk untuk mesin virtual, dan bagaimana untuk memformat disk dalam mesin virtual.

Link Website

 

VMware Education

VMware juga memiliki bagian pelatihan yang ekstensif di situsnya, termasuk daftar kursus gratis populer yang bermanfaat. Banyak kursus di situs yang mengarah ke sertifikasi profesional memerlukan biaya, tetapi ada banyak yang gratis. Perusahaan ini menawarkan kursus secara self-paced, live online dan on-demand classes.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik VMware

Salah satu contoh kursus adalah Data Center Virtualization Fundamentals [V6] yang merupakan kelas mandiri, dimana memakan waktu sekitar tiga jam untuk menyelesaikan kursus ini. kursus Data Center Virtualization Fundamentals [V6] sendiri menawarkan gambaran tentang bagaimana virtualisasi bekerja dengan penekanan khusus pada VMware vSphere 6.0.

Link Website

 

Udemy

Opsi pendidikan IT online kurang resmi lainnya adalah Udemy. Di situs ini, siapa pun dapat membuat kursus mereka sendiri, sehingga kualitas pengajaran bervariasi.

Situs Kursus IT Online Gratis Terbaik Udemy

Siswa harus memeriksa ulasan dan peringkat sebelum mendaftar. Beberapa instruktur di situs memilih untuk menawarkan kursus gratis, tetapi yang lain mengenakan biaya kecil, kebanyakan kurang dari $50.

Salah satu contoh dari jenis kursus gratis yang tersedia di situs ini adalah Business Development, Information Management Technology LITE, yang ditawarkan oleh instruktur yang memiliki gelar B.A.A. untuk Management Information Systems.

Link Website

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *