5 Aplikasi File Manager Gratis Terbaik

Sebuah File Manager menyediakan cara yang mudah bagi pengguna untuk bekerja dengan file sistem dan melakukan berbagai operasi pada file dan folder seperti membuat, mengedit, mengubah nama, menyalin, menghapus, mengubah file atribut, membandingkan folder dll.

Sementara Windows Explorer menyediakan sejumlah kegiatan manajemen file yang sederhana, aplikasi khusus file manager akan membantu kamu mengerjakan hal-hal yang tidak bisa dilakukan di Windows Explorer atau menggantikan fungsi Windows Explorer yang kamu tidak cukup puas denganya.

Selain itu, file manager juga menyediakan berbagai alat untuk mengelola banyak file sekaligus. File manager juga memberi akses dan manajemen lebih cepat untuk file dan folder pada PC kamu.

Berbagai fitur khusus yang kami anggap seharusnya ada di file manager antara lain: panel ganda, tampilan dengan banyak tab, bookmarks, history, penanganan arsip, advanced file search, multi rename, kalkulasi ukuran folder, pembanding folder & sinkronisasi, dukungan FTP, viewer berkas, penyortiran file, splitter berkas, filtered view, shortcut keyboard, akses mudah ke folder sistem dan banyak lagi.

FreeCommander XE

FreeCommander XE merupakan pilihan teratas untuk file manager saat ini. FCXE memiliki tampilan yang sederhana dan elegan. Dengan antarmuka 2 panel dan cara pintas yang tersedia sepanjang toolbar vertikal dan horisontal.

Aplikasi File Manager Gratis Terbaik FreeCommander XE

FreeCommander XE menyediakan satu sentuhan akses ke sebagian besar direktori sistem, item desktop, start menu dan item kontrol panel. Tata letak yang berbeda serta profil kolom dapat dikonfigurasi dan disimpan secara terpisah.

FreeCommander secara default menggunakan Windows explorer untuk operasi file, dan dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang terintegrasi. FCXE membanggakan beberapa fitur besar seperti FTP client, file splitting dan plugin Content (.wdx). pencarian file yang sangat powerfull, kamu bahkan dapat mencari sesuatu dalam arsip. Dengan begini FreeCommander memberikan pandangan yang jelas untuk tiap file dan folder, di mana mereka semua ditampilkan dalam satu tampilan.

Customizability yang disediakan oleh FCXE sangat banyak. Mulai dari toolbar, hampir setiap tombol dan bar dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan kamu. Terdapat juga dukungan kustomisasi keyboard di mana jalan pintas dapat diatur untuk masing-masing fungsi. Kamu bahkan bisa membackup dan restore semua pengaturan. FreeCommander juga memiliki fitur snapshot desktop.

Link Download

 

Unreal Commander

Jika ada file manager yang tampilan dan nuansanya menyerupai Total Commander (TC), maka itu adalah Unreal Commander. Unreal Commander memiliki 3 gaya tampilan yang berbeda: List, Details dan Thumbnails.

Aplikasi File Manager Gratis Terbaik Unreal Commander

Unreal Commander juga memiliki sistem filter yang kuat untuk menyaring item yang ingin kamu lihat. Panel dapat diatur secara horizontal atau vertikal dan terdapat quick view panel.

Paket Unreal Commander menyertakan beberapa gaya visual dengan kategori warna yang berbeda untuk file serta font untuk elemen tampilan. Tema dan tombol bar dapat didownload/ dikonfigurasi serta mendukung ekstensi Total Commander. Unreal Commander juga mendukung untuk perubahan backround.

Seleksi bisa dilakukan pada mode Norton Commander atau mode Windows standar. Berbagai pengaturan yang telah dibuat disimpan saat keluar aplikasi. Pencarian cepat untuk file dapat dilakukan dari jendela utama.

Unreal Commander juga menyertakan built-in FTP client yang benar-benar kuat dimana port data dapat dilindungi dengan menggunakan SSL / TLS dan koneksi dapat dibuat secara anonim.

Kamu bisa mengganti gambar latar belakang file manager ini sesuai dengan selera kamu.

Meskipun Universal Viewer digunakan sebagai penampil internal berbagai file, kamu dapat menggantinya dengan viewer yang kamu rasa cocok/ sukai. Begitu juga dengan file editor.

Sama seperti Total Commander, kamu dapat mengkonfigurasi Lister plugin (.WLX), Packer plugin (.WCX) dan Content plugins (.WDX).

Link Download

 

NOMAD.NET

Nomad.Net merupakan penerus Nomad dan kali ini benar-benar ditulis ulang dalam bahasa pemrograman .Net. File manager ini memiliki antarmuka yang disederhanakan.

Aplikasi File Manager Gratis Terbaik Nomad

Tidak seperti file manager lainya, Tab pada Nomad.net tidak berbasis panel dan karenanya menyediakan ruang yang cukup besar. Kamu dapat menggunakan tampilan “Tree” seperti Windows explorer, dan layout yang dapat disesuaikan.

NOMAD.NET memberikan pentingnya multithreading, sehingga operasi file yang panjang dapat di proses dengan baik hasil dari penggunaan multi-core CPU. FNOMAD.NET juga mempunyai mesin pencari yang kuat dengan aturan penelusuran kompleks serta sistem penyaringan yang kuat.

Sebuah fitur unik pada NOMAD.NET adalah kemampuan untuk menyesuaikan view folder secara individual dan pilihan untuk membuatnya mengingat pengaturan tersebut.

Kamu juga dapat mengunci folder untuk mencegah perubahan yang dilakukan tersebut. Nomad.Net tidak hanya memungkinkan kamu untuk bookmark folder favorit, bahkan memiliki dukungan untuk situs FTP dan pencarian. Aplikasi ini memiliki fungsi menghapus dan memungkinkan untuk membersihkan harddisk/ drive penyimpanan.

Nomad memiliki kemampuan kustomisasi toolbar yang luas disertai dengan dukungan pemetaan keyboard untuk hampir setiap fungsi. Meskipun file manager NOMAD.NET memungkinkan dukungan penuh untuk banyak jenis arsip, NOMAD.NET juga mendukung plugin WCX untuk melihat, membuat dan mengedit arsip.

Link Download

 

MultiCommander

Sebuah file manager besar bagi “power user” adalah MultiCommander. Kamu bisa mengontrol tampilan dan nuansa dari MultiCommander pada startup, dan memilih antara style commander yang dioptimalkan untuk keyboard atau style Windows explorer.

Aplikasi File Manager Gratis Terbaik multicommander

Selain itu kamu bisa memilih dari beberapa profil pengaturan “look n feel” untuk mouse, keyboard, dan warna secara keseluruhan. Berbagai tips disediakan selama aplikasi dijalankan untuk memudahkan kamu memahami fungsi dari file manager.

Kamu akan disambut dengan panel tombol yang unik di bagian bawah file manager untuk berbagai fungsi yang membuat MultiCommander lebih nyaman untuk digunakan.

MultiCommander memiliki cakupan fitur yang luas. Seperti fitur multi-view yang memungkinkan kamu melihat isi folder pada satu panel dan isi folder tersebut di sisi lainnya. Kamu bahkan bisa mengkonfigurasi viewer, editor, dan launcher yang digunakan untuk jenis file yang berbeda.

Berbagai plugin yang tersedia dapat memperluas operasi pada file sistem, file operation seperti auto-sort, auto-unpack. Dan dukungan ekstensi memperluas kemampuan MultiCommander dengan berbagai alat-alat baru.

Juga untuk para “Geeks”, kamu bisa men-tweak strategi baca/ tulis yang digunakan dan juga pengaturan untuk tetap bisa mengakses file rusak/ file yang belum selesai di download/ transfer.

MultiCommander juga memiliki fitur untuk mengakses registry windows langsung dalam file manager dan akses cepat ke control panel. tersedia juga alat yang berguna untuk Audio, Video dan Gambar.

File manager ini sangat powerfull dalam hal penyesuaian dimana akan meningkatkan pengalaman kau dalam menavigasi berkas. Fitur multi-update akan secara otomatis mengupdate MultiCommander ke versi terbaru sehingga lebih menghemat waktu ketimbang harus melakukanya secara manual.

Tombol-tombol yang tersedia pada panel dapat dikonfigurasi untuk menjalankan berbagai aplikasi eksternal, mengaktifkan fungsi dalam MultiCommand, panggilan script dll.

Link Download

 

Master Commander

Master Commander dapat menyenangkan semua pengguna awam. Tidak ada pilihan penyesuaian yang banyak, aplikasi ini sederhana dan langsung ke fungsi inti dari sebuah file manager.

Aplikasi File Manager Gratis Terbaik Master Commander

Sebuah antarmuka tab dengan tampilan “tree” yang merupakan opsional, disediakan untuk masing-masing dari kedua panel yang tersedia. Sebuah history dan bookmark manager yang berguna disediakan untuk mengelola tugas dan file dengan mudah. Dan di bagian bawah terdapat shortcut keyboard untuk kebanyakan operasi file dasar.

Master Commander memiliki fitur yang berbeda dengan file manager lainya. Sebuah editor teks dengan “syntax highlighting” untuk banyak bahasa pemrograman, serta adanya hex editor untuk memodifikasi file.

Dan fitur yang jarang ada di setiap file manager antara lain; dukungan untuk menciptakan gambar ISO serta memverifikasi & menandatangani tanda tangan digital untuk file. Master Commander juga menyertakan burner CD-DVD, process manager dan download manager. Salah satu fitur yang pasti hilang adalah “clickable crumbbars”.

Cakupan untuk segala penyesuaian di Master Commander tidak terlalu banyak. Misalnya, toolbar tidak dapat disesuaikan dan tidak ada shortctuts keyboard yang bisa didefinisikan. Meskipun, font dan warna untuk teks dan latar belakang tersedia untuk di rubah dengan sesuai dengan keinginan penggunanya. Kamu juga bisa menentukan gambar latar belakang untuk tampilan daftar.

Link Download

 

File manager lainya yang layak dipertimbangkan:

  • Nexus File
  • wxCommander
  • xplorer2lite
  • Explorer
  • Cubic Explorer
  • Double Commander
  • Explorer++
  • Far Manager
  • Q-Dir
  • XYplorer Free

File manager lainya yang tidak direkomendasikan:

  • EFCommander Free
  • Just Manager
  • Proto
  • Saladin
  • SE-Explorer
  • Turbo Navigator

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *