Cara Download File Torrent

Apa yang tidak bisa kamu dapatkan dari internet, mulai dari film, TV, musik, aplikasi, buku, foto, dan lainnya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Ada banyak cara untuk men-download semua yang disebutkan diatas secara gratis, dan Torrent bisa dikatakan salah satu cara paling populer untuk melakukannya.

Bagian 1: Download File Torrent.

1 Menemukan website tracker (pelacak) torrent.

Ada banyak situs yang menyediakan daftar file torrent. Beberapa situs lebih terpercaya dari situs lainnya. Ada dua jenis tracker torrent: public tracker dan private tracker. Kamu bisa mencari website tracker dengan mencarinya di website mesin pencari khusus untuk torrent. Gunakan kata “torrent search engine” di mesin pencari apabila kamu kesulitan mencarinya.

torrent eu

Public tracker tersedia untuk siapa pun. Situs-situs ini dapat kamu temukan ketika melakukan pencarian web torrent tracker. Karena sifatnya publik, banyak torrent dilacak oleh pemegang hak cipta, dan dengan men-download bisa mengakibatkan tindakan dari penyedia layanan internet kamu.

Sedangkan untuk private tracker membutuhkan undangan untuk bisa mengaksesnya. Situs-situs tersebut tidak dapat diakses sampai kamu diundang oleh anggota lain. Mereka sering memiliki persyaratan, seperti berbagi dengan jumlah konten yang sama dari apa yang kamu download. Dengan private tracker, lebih kecil kemungkinan untuk digugat dan penghapusan oleh pemegang hak cipta.

2 Mencari file yang kamu inginkan.

Hampir semua tracker publik memiliki tv show, film, album, dan game baru yang tersedia, serta file lama yang populer.

cara download file torrent pencarian

Gunakan “shorthand” populer untuk menemukan file yang kamu inginkan, mungkin kalo diartikan “shorthand” ini kependekan kata dalam pencarian sehingga kamu tidak perlu mengetikan semua kata kunci di kotak pencarian. Contoh: jika menginginkan episode dua dari season tiga sebuah acara berseri, kamu bisa menggunakan “shorthand” seperti ini: <nama acara> s03e02. –> (Season 03 episode 02)

cara download file torrent shorthand

cara download file torrent download button

3 Download file torrent yang memiliki populasi yang baik atau basis pengguna yang besar.

Kecepatan dalam men-download file torrent ditentukan oleh jumlah seeders yang tersedia. Seeder adalah pengguna torrent yang memiliki seluruh file yang tersedia untuk di-download.

cara download file torrent seeds peers

Sebagian besar situs torrent memungkinkan kamu untuk mengurutkan hasil pencarian berdasarkan jumlah seeders. Maka dari itu disarankan kamu untuk mencari file dengan sejumlah seeders yang banyak. Dengan begitu, kamu tidak hanya akan men-download lebih cepat, tetapi kecil kemungkinan bahwa file tersebut palsu atau terinfeksi virus.

Jumlah leechers juga akan mempengaruhi kecepatan download kamu. Leechers atau Peers adalah pengguna yang sedang men-download, tetapi saat itu tidak melakukan seeding. Sebuah Leecher atau peer akan menjadi seeder ketika telah selesai mendownload file secara keseluruhan. Jika ternyata lebih banyak leechers dari seeders, jumlah bandwidth yang kamu bisa dapatkan akan lebih sedikit, sehingga download akan lebih lambat.

4 Memilih antara kualitas dan ukuran.

Hal ini sangat penting untuk file video. Karena kompresi dapat mempengaruhi kualitas, file dengan ukuran lebih kecil sering memiliki kualitas audio dan video yang lebih jelek daripada video yang sama dengan ukuran yang lebih besar.

cara download file torrent file metadata

Di sisi lain, men-download file besar membuat waktu download lebih lama tergantung pada koneksi yang kamu gunakan.

Baca sebanyak mungkin komentar yang ada untuk menentukan apakah pengguna lain merasa bahwa kualitas file baik dan layak untuk kamu download. Beberapa tracker memiliki sistem rating yang memungkinkan pengguna untuk memilih apakah file tersebut baik atau tidak.

cara download file torrent komentar

cara download file torrent rating

5 Download magnet link jika tersedia.

File magnet link sedikit berbeda dari file torrent standar. Mereka mencocokan konten berdasarkan pengenal unik yang kemudian dapat diakses tanpa menggunakan central trackers.

cara download file torrent magnet link

Dengan link magnet kamu tidak perlu men-download file torrent terlebih dahulu untuk mendownload konten file yang kamu inginkan.

6 Pastikan bahwa kamu dapat menjalankan konten yang di download.

Torrent dapat digunakan untuk mentransfer semua jenis file. Oleh karena itu, file yang kamu download mungkin salah satu yang kamu tidak kamu kenali. Baca deskripsi file dan pastikan bahwa kamu memiliki aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan file setelah kamu mendownloadnya.

VLC Player merupakan aplikasi media player gratis dan open-source yang dapat memutar hampir semua file media yang kamu download.

File ISO merupakan image dari saebuah disk, yang mana perlu di burning atau dipasang pada drive virtual untuk menjalankannya. 4 Aplikasi Gratis Terbaik untuk Burn File ISO

cara download file torrent mount image

 

7 Selalu waspada terhadap virus.

Karena torrent sering berada di wilayah (hukum) abu-abu, tidak ada pengawasan untuks file yang tersedia. Yang berarti bahwa hacker bisa saja menanamkan virus dengan harapan agar virus dapat disebarkan ke pengguna lain.

Virus bahkan sering ditemukan pada file kontent torrent yang termasuk dalam pencarian populer dimana mereka berharap mendapatkan korban sebanyak mungkin.

Scan setiap file yang kamu download dengan anti-virus. 6 Antivirus Gratis Terbaik Versi DSG

Cobalah untuk men-download file yang telah dirilis oleh sumber terpercaya di komunitas.

Selalu periksa komentar dan penilaian untuk melihat apakah ada orang lain yang pernah terserang virus dengan mendownload file tersebut.

Bagian 2: Mendapatkan Konten.

1. Menginstal torrent client.

Protokol BitTorrent memungkinkan kamu bertukar atau mendistribusikan data melalui Internet. Tidak ada server pusat yang terlibat. Data di-download dari pengguna lain (seeders).

Aplikasi Torrent Gratis Terbaik utorrent

Dan untuk melakukanya kamu memerlukan aplikasi client yang akan terhubung ke host dan mengelola download. Ada beberapa torrent client gratis yang tersedia. Kamu bisa melihat daftarnya disini: 5 Aplikasi Torrent Gratis Terbaik

2 Membuka file torrent.

File torrent yang kamu download dari situs tracker memiliki ukuran yang sangat kecil, biasanya hanya beberapa KB. File ini tidak berisi konten yang ingin kamu download. File bertindak sebagai panduan untuk men-download potongan file dari klien lain. Gunakan torrent client/ aplikasi torrent yang telah kamu instal untuk membuka file torrent tersebut.

cara download file torrent torrent file

Torrent client harus dikonfigurasi untuk secara otomatis membuka file torrent. Jika tidak, kamu bisa drag file torrent ke jendela aplikasi torrent untuk menambahkannya ke antrian download.

3 Mengatur lokasi download.

Tergantung pada bagaimana klien torrent kamu dikonfigurasi, kamu mungkin akan bertanya di mana kamu ingin men-download konten ketika kamu membuka file torrent. Pilih lokasi yang dapat kamu ingat.

cara download file torrent download location

4 Memantau download.

Kamu dapat memeriksa progress download di aplikasi torrent. Kebanyakan aplikasi memungkinkan kamu untuk melihat berapa banyak seeders yang terhubung. aplikasi torrent akan secara otomatis mencoba untuk men-download dengan kecepatan tercepat yang diperbolehkan oleh koneksi kamu.

cara download file torrent download progress

Download beberapa file sekaligus akan memperlambat kecepatan keseluruhan setiap file.

Jika kamu tidak ingin menggunakan semua bandwidth untuk proses download, klik kanan pada aplikasi torrent dan pilih alokasi Bandwidth. Dari sini kamu dapat membatasi kecepatan download dan kecepatan upload. Ini berguna jika kamu ingin melakukan akses internet seperti browsing dan lainya selama proses download berjalan.

cara download file torrent alokasi bandwith

5 Tambahkan lebih banyak tracker ke torrent.

Jika kamu mengalami kesulitan terhubung ke banyak seeders untuk men-download file, kamu dapat mencoba menambahkan lebih banyak tracker. Jangan mencoba ini jika kamu menggunakan private tracker, karena hal ini biasanya dilarang.

Cari daftar tracker aktif online. Ada beberapa situs yang memiliki daftar tracker aktif. Contoh pencarian situs di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci “active trackers for utorrent”

cara download file torrent tambah tracker

Klik kanan pada file torrent yang sedang kamu download di aplikasi. Pilih Properties dari menu.

Pilih tab General. Kamu akan melihat daftar tracker dalam kotak (mungkin ada hanya satu). Masukan daftar url tracker yang kamu cari tadi. Kamu perlu baris kosong baru (tekan enter) di antara setiap url tracker yang kamu masukkan. Tekan OK dan aplikasi torrent secara otomatis akan mencoba terhubung ke tracker baru.

cara download file torrent tambah tracker di aplikasi

6 Akses konten yang kamu download.

Setelah download selesai, kamu dapat menggunakan file yang kamu download seperti biasa. Jika kamu memindahkan atau menghapus file, kamu tidak akan bisa menjadi seeders file torrent tersebut.

Kamu tidak dapat menggunakan file yang kamu download tersebut sebelum selesai di-download. Misalnya, kamu tidak dapat mulai menonton file video sebelum selesai men-downloadnya. Hal ini dikarenakan file yang didownload merupakan bagian yang terpisah dan bagian-bagian file tidak di-download secara berurutan.

Bagian 3: Seeding File Torrent

1 Seeding setelah kamu selesai download.

Setelah kamu selesai men-download konten dari file torrent, kamu akan menjadi seeder. Ini berarti bahwa kamu meng-upload data ke klien lain yang terhubung ke tracker.

cara download file torrent seeding

Seeding salah satu hal penting yang membuat sebuah komunitas torrent tetap hidup. Tanpa seeders, tidak ada yang dapat men-download file.

2 Mempertahankan rasio yang baik.

Jika kamu menggunakan komunitas pribadi, kemungkinan besar kamu diharapkan untuk mempertahankan rasio positif dengan komunitas. Yang berarti bahwa kamu perlu meng-upload setidaknya sebanyak kamu men-download.

3 Membiarkan aplikasi klien torrent agar tetap berjalan di latar belakang.

Kebanyakan paket layanan internet memiliki kecepatan upload lebih lambat dari kecepatan download. Yang berarti bahwa proses upload file konten torrent untuk mempertahankan rasio dapat menghabiskan waktu yang lebih lama dari pada saat men-download dengan jumlah yang sama. Jadi biarkan aplikasi torrent kamu berjalan di latar belakang saat kamu mengerjakan pekerjaan harian yang bisa kamu lakukan.

Menjalankan klien torrent di latar belakang seharusnya tidak memiliki dampak yang besar pada saat browsing atau pekerjaan kantor biasa seperti saat menggetik dll. Aplikasi yang lebih intensif akan hal ini adalah streaming video dan bermain game dan kamu dapat keluar dari aplikasi torrent untuk sementara.

Tips

Ada mesin pencari Torrent yang mencari situs torrent tracker populer. Hal ini menghemat waktu kamu dengan tidak harus mencari setiap situs. Gunakan kata “torrent search engine” di mesin pencari apabila kamu kesulitan mencarinya

Tip praktis adalah untuk tetap men-download torrent yang memiliki basis pengguna yang besar. Yang berarti hanya download torrents yang telah banyak orang download dan upload, atau yang aktif untuk waktu yang lama. Logikanya, bahwa tak seorang pun akan melakukan seeding file torrent yang memiliki virus di dalamnya dan oleh karena itu file torrent tersebut tidak akan menjadi sangat populer dan tidak akan menjadi unggulan. Berhati-hati terhadap file torrent yang baru berumur seminggu dengan hanya satu atau dua orang seeders.

Ketika mencari file torrent, cari yang memiliki banyak seeders sehingga dapt men-download file tersebut dengan cepat. Saat mencari torrents, kamu dapat mengurutkan hasil berdasarkan jumlah seeder.

Kamu dapat meninggalkan aplikasi torrent berjalan semalaman untuk tetap men-download saat kamu berada jauh dari komputer, atau menutupnya dan mematikan komputer untuk menghemat daya. Kebanyakan aplikasi torrent akan memiliki pilihan dalam preferensi untuk berjalan saat komputer dijalankan.

Kebanyakan aplikasi torrent akan melanjutkan proses download secara otomatis ketika kamu menjalankan mereka kembali. Jika download tidak kembali secara otomatis, seharusnya ada pilihan untuk mulai men-download baik mengklik kanan pada file dan memilih Start, atau suatu tombol dalam aplikasi.

Peringatan

Usahakan anti-virus kamu up to date. Download aplikasi dari sumber yang tidak diketahui di Internet dapat menjadi rumah bagi beberapa virus yang cukup buruk. Ada aplikasi anti-virus gratis, serta aplikasi top-of-the-line seperti Microsoft Security Essentials, AVG, dan Avast.

Di sebagian besar negara, menggunakan torrents untuk men-download materi berhak cipta adalah melanggar hukum.

Download torrents dapat memperlambat komputer kamu. Spesifikasi direkomendasikan untuk setiap klien bervariasi, tapi rata-rata kamu harus memiliki minimal 512 MB RAM dan CPU 1 GHz. Kamu juga akan membutuhkan ruang untuk menyimpan file yang di download.

Dalam yurisdiksi tertentu adalah ilegal untuk men-download konten melalui jaringan peer to peer seperti BitTorrent.

Seperti halnya aplikasi lain yang memakan banyak bandwidth, pastikan kamu tahu berapa banyak data yang telah ditransfer jika penyedia layanan internet kamu menerapkan sistem kuota. Selalu ingat bahwa ketika selesai mendownload torrents file tersebut akan menjadi seeder (upload untuk didownload pengguna lain) dan mungkin secara tidak sengaja kamu melebihi penggunaan kuota internet.

Torrenting adalah tindakan yang memakan banyak bandwidth dan tidak disukai oleh beberapa penyedia layanan internet (terutama untuk paket unlimited), menjadikan mereka untuk mencoba memperkecil bandwidth untuk lalu lintas torrent, memperlambat download kamu atau bahkan menghentikanya sama sekali. Traffic encryption dapat memecahkan masalah ini, tetapi mungkin tidak bekerja dalam situasi tertentu.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *