Cara Merotasi Video Dengan VLC dan Movie Maker

Jika kamu pernah merekam video pada smartphone kamu, dan mendapati hasil video yang kamu rekam ternyata menyamping atau terbalik dan bagaimana frustasinya kamu kalau mengingat kesulitan untuk menontonnya nanti. Jika kamu menggunakan Windows, ada beberapa cara yang sangat baik untuk memperbaiki masalah ini.

Banyak orang merekomendasikan pemutar video gratis VLC player untuk menonton video dalam orientasi yang benar, tetapi perbaikan video tersebut tidaklah permanen.

Jika kamu ingin memutar dan menyimpan video kamu sehingga selalu dapat diputar pada orientasi yang benar, maka kami sarankan menggunakan aplikasi Windows Movie Maker.

Memang ada beberapa aplikasi gratis lain yang ada saat ini, tapi kita tidak bisa menjamin apakah aplikasi tersebut aman untuk digunakan atau tidak.

Untuk kemudahan dan menghemat waktu, Windows Movie Maker adalah cara terbaik untuk hal ini. Mungkin aplikasi ini sedikit jadul, tapi masih bisa tersedia dan bekerja seperti yang diharapkan.

Jadi disini kami akan membahas cara merotasi video menggunakan Windows Movie Maker sebelum menjelaskan metode merotasi sementara video di VLC.

Cara Rotasi Video dengan Windows Movie Maker

Jika komputer kamu belum memiliki Windows Movie Maker, kamu dapat mendownloadnya di sini, yang mana aplikasi ini bagian dari paket Windows Essentials. Ketika kamu memulai proses instalasi, kamu harus memilih untuk aplikasi yang ingin kamu instal dengan memilih pilihan “Choose the programs you want to install“.

Merotasi Video Dengan Movie Maker Install

Kecuali jika kamu tertarik aplikasi lain dalam paket Windows Essentials, jangan pilih aplikasi selain Photo Gallery and Movie Maker.

Merotasi Video Dengan Movie Maker Install Option

Setelah Movie Maker terinstal, jalankan aplikasi dan kamu akan melihat jendela berikut.

Merotasi Video Dengan Movie Maker Window

Kamu akan mendapati jendela aplikasi dengan lumayan banyak tombol dan menu untuk mengakses berbgai fitur dan fungsi, tetapi tidak perlu khawatir tentang ini, untuk tujuan rotasi video prosesnya tidak terlalu rumit. Seperti contoh pada gambar dibawah kami sudah menyematkan sampel film yang akan diperbaiki. Kamu hanya perlu “drag” file ke jendela Movie Maker untuk mengimpornya.

Jika kamu tidak yakin untuk memutar film yang kamu impor sebelumnya (mungkin salah file dan sebagainya), coba cek terlebih dahulu dengan memutar file film atau vide tersebut beberapa detik untuk memastikan. Seperti yang kamlian lihat pada sample video yang kami import memerlukan rotasi 90 derajat ke kiri.

Merotasi Video Dengan Movie Maker Origin

Di tab “Home“, bagian “Editing“, kamu akan melihat dua tombol, “Rotate Left” (putar Kiri) dan “Rotate Right” (Putar Kanan).

Merotasi Video Dengan Movie Maker Rotate Menu

Kami mencoba klik “Rotate Left” dan video tersebut sekarang memiliki orientasi yang benar.

Merotasi Video Dengan Movie Maker Rotate Final

Prosesnya belum selesai. Langkah selanjutnya adalah menyimpan video tadi yang telah dirubah orientasinya. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan klik pada menu “File” dan pilih “Save movie“. Kamu akan diberi banyak pengaturan untuk memilih. Dalam hal ini kita akan membuatnya mudah dengan memilih pilihan “Recommended for this project“.

Merotasi Video Dengan Movie Maker Recomended Seting

Jika kamu menginginkanya, kamu dapat menyimpan film sebagai file baru, atau kamu dapat menimpa yang lama, tapi kami tidak menyarankan melakukan hal ini kecuali kamu hany menimpa salinan file yang lama.

Kamu pastinya tidak ingin menimpa file asli kecuali kamu benar-benar yakin film baru ini adalah sebagai versi lebih baik dari file lama. Jika tidak, ada kemungkinan kamu bisa menghapus memori berharga (file video kenangan) yang tidak pernah bisa kamu dapatkan lagi karena tertimpa file baru.

Untuk contoh kali, kami hanya akan menyimpannya sebagai “My Movie.mp4” ke Desktop. Jelas, kamu dapat memberikan nama apapun dan menyimpannya di mana pun yang kamu suka.

Setelah itu, file film baru akan diproses dan disimpan di lokasi yang kamu pilih. Kamu sekarang dapat melihat video tersebut dengan benar di pemutar video yang kamu suka.

Jika kamu tidak senang dengan hasilnya, kamu dapat mengulangi proses tadi dan menyimpanya lagi menggunakan pengaturan yang berbeda.

Cara Rotasi Video dengan VLC

Seperti yang telah disebutkan di awal, ada cara lain untuk memutar video pada Windows, VLC menjadi salah satu cara yang paling sering disebutkan. Menurut kami metode ini hampir tidak semudah dengan metode untuk membuat perubahan permanen seperti cara sebelumnya dengan windows movie maker. cara ini harus melompat beberapa tahapan.

Namun demikian, mari kita jalankan menggunakan prosedur standar dimana dalam kasus ini kamu sudah memiliki VLC yang terinstal, dan tidak ingin men-download Windows Movie Maker.

Pertama, buka video di VLC. Seperti yang kamu lihat, videonya terbalik, jadi harus dirotasi.

Buka menu Tools dan pilih “Effects and Filters” atau menggunakan cara pintas keyboard Ctrl+E.

Merotasi Video Dengan VLC Effect and Filters Menu

Dalam menu “Adjustments and Effects“, klik pada tab “Video Effects“, dan kemudian ceklis “Transform“.

Merotasi Video Dengan VLC Transform

Disini kami akan memutar video 180 derajat dan klik “Close“. Kamu juga dapat menggunakan “Rotate“, dengan mengakses tab “Geometry” tapi lebih sederhana menggunakan “Transform” karena tinggal memilih pilihan rotasi dari menu dropdown.

Sekarang kita bisa melihat bahwa video telah memiliki orientasi yang benar.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, perubahan ini tidak permanen. Untuk menyimpan video ini dengan orientasi baru secara permanen, buka menu Tools> Preferences (Ctrl+P), dan di bagian bawah jendela preferensi mengaktifkan pengaturan “All“.

Merotasi Video Dengan VLC Show Output Stream

Dengan semua pengaturan yang diaktifkan dan tampil, cari “Sout stream” (berada di bawah “output Stream“), kemudian klik pada “Transcode” dan pilih “Rotate video filter” dari pilihan di bagian kanan. Terakhir, klik “Save“.

Selanjutnya, klik menu “Media” kemudian  Convert/Save” (Ctrl+R), dan klik “Add“. Sekarang, pilih file yang ingin dirotasi.

Merotasi Video Dengan VLC Media Convert

Klik pada tombol “Convert/Save” di bagian bawah dialog ini dan kemudian pilih “Convert” (Alt+O).

Merotasi Video Dengan VLC Convert

Pilih tujuan dan nama file yang kamu inginkan.

Kamu tidak harus mengubah apa pun. Profil konversi secara default seharusnya benar sehingga kamu dapat melanjutkan dan klik “Start” dan file akan dikonversi dan disimpan.

Sekarang kamu dapat membuka file film baru di aplikasi video apapun yang kamu sukai, dan seharusnya video yang dimainkan telah memiliki orientasi yang benar.

Perlu dicatat, bahwa kamu perlu kembali ke preferensi VLC dan mengembalikan opsi kembali ke default. Seperti kami katakan, hal ini memang rumit dan mengapa kami merasa Windows Movie Maker adalah cara terbaik untuk merotasi video.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *