6 Aplikasi untuk Membaca File Dokumen PDF Terbaik

Kebanyakan orang tidak terlalu memperdulikan tentang aplikasi PDF reader yang mereka instal. Mereka hanya menginstal Adobe Reader. Padahal Adobe PDF Reader bukan satu-satunya pilihan, ada beberapa aplikasi untuk membaca file dokumen PDF berkualitas tinggi untuk Windows.

Banyak sekali alternatif aplikasi PDF Reader yang ada saat ini, mulai dari yang sangat ringan dengan penggunaan sumberdaya sistem yang minimal karena dibuat hanya untuk membaca file dokumen PDF sampai aplikasi yang memiliki fitur lengkap yang mencakup annotations dan highlighting. Beberapa aplikasi bahkan menyertakan fitur yang kamu tidak akan temukan di Adobe Reader, seperti pembuatan dokumen PDF dan alat-pengeditan dasar PDF.

 

Built-In PDF Readers

6 Aplikasi untuk Membaca File Dokumen PDF Terbaik Chrome

Jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu sudah memiliki tools untuk membaca file dokumen PDF. Walaupun tidak banyak fitur, tapi Built-In PDF Readers sangat cepat, menjadikanya cara yang mudah untuk membaca dokumen PDF di browser kamu tanpa harus menginstal dan meluncurkan aplikasi terpisah.

Built-In PDF Readers membuat PDF terlihat seperti halaman web lain, walaupun akan akan ada toolbar yang muncul ketika kamu mengarahkan  kursor pada dokumen.

Mozilla sedang merencanakan pengintegrasian built-in PDF reader yang dikenal sebagai PDF.js ke Firefox 14 dan versi berikutnya dari Firefox yang akan dirilis. Firefox memang seharusnya harus sudah memiliki built-in PDF reader sejakversi 14 dan mudah-mudahan memang ada pada Firefox terbaru.

Windows terbaru juga dilengkapi dengan Built-In PDF Readers dimana PDF Readers PDF menjadi lebih terintegrasi ke dalam browser dan sistem operasi yang kita gunakan setiap hari, secara bertahap menghilangkan kebutuhan untuk pembaca pada aplikasi PDF.

 

Foxit Reader

6 Aplikasi untuk Membaca File Dokumen PDF Terbaik Foxit

Foxit mungkin salah satu nama pertama yang datang ke pikiran ketika orang berpikir tentang alternatif PDF reader, karena Foxit Reader salah satu dari PDF reader alternatif pertama yang hadir dan masih menjadi pilihan yang bagus saat ini.

Sayangnya, Foxit Reader mencoba untuk menginstal toolbar dan mengubah halaman rumah web browser kamu saat instalasi. Tidak seperti beberapa pilihan lain yang lebih ringan, Foxit menyertakan dukungan anotasi (annotations), highlights dan fitur editing PDF lainnya.

Link Download

 

Sumatra PDF

SumatraPDF

Sumatra PDF hadir sebagai PDF reader paling ringan yang ada saat ini. Sumatra PDF sangat ringan, memiliki antarmuka yang sederhana, dan juga tersedia sebagai aplikasi portabel yang dapat kamu gunakan dimana saja.

Sumatra PDF tidak memiliki pilihan pengeditan atau fitur-fitur canggih lainnya. Sumatra PDF hanya sebuah aplikasi yang memuat dan menampilkan file dokumen PDF dengan sangat cepat.

Sumatra PDF mendukung cara pintas keyboard, sehingga ideal untuk membaca file PDF cepat. Sumatera juga mendukung jenis file lainnya, termasuk eBook dalam format ePub dan Mobi dan buku komik pada format CBZ dan CBR.

Link Download

 

Nitro PDF Reader

6 Aplikasi untuk Membaca File Dokumen PDF Terbaik Nitro

Nitro hadir di antara PDF reader gratis dengan beberapa fitur unik, serta antarmuka yang slick ala microsoft office, meskipun orang yang tidak suka tampilan “Microsoft ribbon” dapat memilih tampilan lainnya.

Nitro PDF Reader memiliki beberapa fitur yang kamu tidak akan temukan di aplikasi lain. Misalnya fitur QuickSign yang memungkinkan kamu untuk menangkap gambar digital dari tandatangan kamu dan menerapkannya ke dokumen PDF.

Nitro PDF juga dapat mengkonversi file dari Microsoft Word dan format lain ke PDF, mengkonversi file PDF ke teks, dan mengambil gambar dari file PDF.

Link Download

 

PDF-Xchange Viewer

6 Aplikasi untuk Membaca File Dokumen PDF Terbaik PDF-Xchange Viewer

PDF-Xchange Viewer adalah aplikasi yang cepat, meskipun tidak seringan ringan beberapa PDF reader lain yang tersedia.

PDF-Xchange Viewer punya dukungan yang baik untuk mengedit dan anotasi, meskipun untuk proses editing yang lebih kompleks akan membutuhkan aplikasi yang memiliki fitur lebih lengkap seperti Adobe Acrobat versi berbayar.

Link Download

 

Adobe Reader

6 Aplikasi untuk Membaca File Dokumen PDF Terbaik Adobe

Adobe Reader masih menjadi standar PDF reader, meskipun jelas bukan yang tercepat. Sementara sebagian besar dokumen PDF dapat dibaca pada PDF reader lainnya, banyak dokumen PDF yang kompleks hanya bisa dibuka di Adobe Reader.

Jika kamu lebih memilih PDF reader lain, jangan heran jika kamu harus sesekali menjalankan Adobe Reader untuk melihat PDF yang lebih kompleks yang tidak dengan benar dimuat di PDF reader lainnya. Sebagai contoh ada beberapa alasan Built-In PDF Readers di Chrome akan meminta pengguna untuk membukanya (atau download) pada Adobe Reader.

Link Download

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *