Cara Mengetahui MAC Address di Windows

Cara Mengetahui MAC Address di Windows

MAC Adress atau Media Access Control adalah nomor yang mengidentifikasi adaptor jaringan (network adapter) yang terpasang pada komputer kamu. MAC Adress terdiri dari 6 pasang karakter yang dipisahkan dengan titik.

Pada kasus tertentu, mungkin kamu perlu mendaftarkan MAC Adress adaptor jaringan PC atau laptop kamu ke router agar bisa terhubung ke jaringan. Biasanya pengaturan ini dilakukan administrator jaringan untuk membatasi perangkat yang boleh terhubung ke jaringan.

Dan untuk mengetahui MAC Adress, kamu bisa menggunakan salah satu metode berikut.

Metode 1, Mengetahui MAC Adress adaptor yang sedang aktif terhubung pada jaringan/ network.

Metode ini hanya berlaku jika komputer kamu sedang tersambung ke jaringan. Tutorial metode ini dikhususkan untuk Windows 10. Walaupun pada intinya sama, untuk versi windows lainya ada sedikit perbedaaan dalam mengakses panel “Network and Sharing Center“.

Klik kanan pada icon koneksi di system tray. Icon tersebut mungkin terlihat seperti icon wifi atau seperti monitor komputer kecil. Setelah mengkliknya, pilih “Network and Sharing Center“.

Network and Sharing Center Menu

Atau kamu bisa klik kiri pada icon di system tray, lalu pilih “Network Settings“. Setelah jendela “Network & Internet” terbuka, klik “Network and Sharing Center“.

Network Settings

Network and Internet Menu

Pada bagian “View Your Active Network” cari nama koneksi jaringan yang mana adaptor jaringan PC kamu terhubung ke jaringan tersebut. Klik disana dan sebuah jendela kecil akan muncul.

Network and Sharing Center Window

Klik tombol “Details” dan akan muncul daftar informasi konfigurasi tentang jaringan, mirip dengan apa yang muncul bila kamu menggunakan ipconfig di Command Prompt.

Network Status

Cari nilai dari “Physical Address“. Nilai tersebut adalah MAC Adress dari adaptor PC kamu yang terhubung ke jaringan tersebut.

Network Connection Details

Metode 2, mengetahui MAC Adress menggunakan Command Prompt.

Metode ini bisa digunakan dengan cara yang sama untuk semua versi Windows.

Buka command prompt. Tekan tombol Windows+R dan ketik cmd pada jendela “Run“. Tekan Enter untuk memulai Command Prompt.

Run Windows

Pada command prompt, ketik “getmac /v /fo list” dan tekan Enter. Maka akan tampil informasi konfigurasi untuk semua koneksi jaringan kamu

cmd result

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *