Cara Menonton DVD di Android dan iOS

Cara Menonton DVD di Android dan iOS

Seperti yang kita semua tahu, ponsel Android tidak memiliki DVD drive untuk menonton film DVD. Itu berarti tidak memungkinkan untuk kamu bisa langsung memutar DVD disc pada ponsel Android pada saat ini. Jadi bagaimana jika kamu ingin menonton DVD di Android?

Cara terbaik adalah menonton film DVD di android adalah dengan melakukan konversi terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi video converter di internet yang dapat digunakan untuk mengkonversi file video agar dapat di mainkan di ponsel Android dan tablet.

Di sini saya ingin berbagi aplikasi converter video yang benar-benar gratis bernama HandBrake. HandBrake cukup mudah digunakan ddengan ketersediaan preset yang dioptimalkan untuk semua perangkat Android bahkan perangkat Aple juga. Ada juga preset universal untuk semua perangkat iOS dan Android. Selain itu, kamu diperbolehkan untuk memotong area video, menyesuaikan parameter video dan audio, impor subtitle, dll.

Convert Video untuk Perangkat Android dan iOS dengan HandBrake

 

1. Download dan install HandBrake

Cara Menonton DVD di Android Handbrake

Video transcoder open-source ini gratis, dan tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk melihat review lengkap dan link download Handbrake, kamu bisa cek di link dibawah.

Download Handbrake, Aplikasi Konversi Video Gratis Terbaik

 

2. Download DVD Decrypter jika diperlukan

Jika ingin melakukan konversi pada DVD yang dienkripsi (di proteksi seperti pembatasan region dll), kamu harus mendownload atau mengambil DVD Decrypter seperti DVD43 atau libdvdcss, dan mencopy-nya ke folder instalasi Handbrake. Tanpa itu proses konversi akan gagal karena proteksi tersebut.

Untuk DVD43 sendiri tidak bisa digunakan pada windows 8 dan 10 64 bit. Jadi jika kamu menggunakan windows 10 gunakan libvicdvdcs.

link libdvdcss untuk Windows 32 bit

link libdvdcss untuk Windows 64 bit

Setelah mendownload dan mencopynya ke folder instalasi handbrake, rename menjadi libdvdcss.dll

 

3. Jalankan Aplikasi HandBrake, dan load DVD

Cara Menonton DVD di Android dan iOS Open DVD

Ketika kamu memulai aplikasi HandBrake, klik tombol Source dan pilih DVD (atau file video jika tidak menggunakan disk) dari menu drop-down. HandBrake kemudian akan memindai disk untuk mulai mengcopy-nya. Langkah ini dapat memakan waktu, tergantung pada seberapa besar data pada disk DVD.

 

4. Pilih judul  video yang ingin di convert

Cara Menonton DVD di Android dan iOS Select Title

Ketika HandBrake telah selesai melakukan scan, klik pada menu drop-down “Title” dan pilih bagian untuk memilih file yang akan di copy/ convert.

Pada menu dropdown tersebut memang akan banyak file yang bisa dipilih, karena biasnya pada DVD menyertakan banyak part video seperti video tambahan, bonus, dll. Kalau kamu tidak yakin apa yang harus dipilih, coba lihat title file yang memiliki durasi terlama yang biasanya merupakan file video utama dari DVD tersebut.

 

5. Pilih format video yang diinginkan

Cara Menonton DVD di Android dan iOS Preset

Berikutnya coba lihat menu “Preset” pada HandBrake di sisi kanan aplikasi. Disana terdapat daftar output yang telah ditetapkan untuk perangkat Apple dan Android. Pilih salah satu preset yang kamu inginkan.

 

6. Pengaturan video

Tab Video memungkinkan kamu menyempurnakan output video hasil konversi, dan memiliki beberapa pilihan yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kualitas akhir film. Hanya ingat bahwa semakin tinggi kualitas, semakin besar ukuran file.

 

7. Pengaturan audio

Kamu dapat men-tweak kualitas audio pada tab Audio. Di sini kamu dapat memilih bit rate dan Dolby processing, tetapi pengaturan default kami rasa sudah cukup baik.

 

8. Convert video

Jika kamu ingin mengkonversi lebih dari satu file dvd, klik “Add to Queue” jika tidak langsung saja pilih folder tujuan hasil konversi dengan mengklik tombol “Browse” pada bagian “Destination“, sesudah itu klik “Start“, dan proses ripping/ konversi pun akan dimulai. Proses ini memakan waktu yang agak lama tergantung besaran file yang dikonversi.

 

9. Transfer hasil konversi ke perangkat Android atau iOS

Setelah proses ripping/ konversi selesai, kamu dapat mentransfer file video tersebut ke perangkat Android atau iOS kamu dan mulai menontonnya pada video player favorit kamu seperti VLC,  MX Player dan lainya.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *