Sekarang Android dapat Mengidentifikasi Panggilan Telepon Spam

Sekarang Android dapat Mengidentifikasi Panggilan Telepon Spam

Tidak ada yang lebih buruk daripada menjawab panggilan dari nomor yang tidak kamu kenal dan mendapatkan situasi yang canggung dimana kamu terlanjur menerima telpon dari agen sales atau pemasaran. Nah, insiden-insiden tersebut mungkin akan berkurang banyak setelah Google menambahkan deteksi panggilan spam ke aplikasi ponsel untuk Android.

Aplikasi Ponsel Android menerima update besar pada tahun 2013 ketika menambahkan ID penelepon untuk panggilan masuk dari penelpon bisnis sebagai bagian dari peluncuran Android KitKat. Sekarang semakin jauh lebih berguna seiring ditambahkannya pendeteksian spam, meskipun fitur ini awalnya terbatas untuk mereka yang memiliki perangkat Nexus atau Android One.

Deteksi spam adalah bagian inti dari “Truecaller“, sebuah startup Eropa yang menawarkan aplikasi pemanggil pintar yang sangat populer di India dan pasar negara berkembang lainnya.

Truecaller juga menyediakan ID penelepon untuk panggilan masuk menggunakan direktori nomor yang bersumber dari ‘crowdsourced’ oleh para penggunanya.

Google mengatakan fitur baru memungkinkan pengguna untuk memblokir dan melaporkan nomor spam, yang mengisyaratkan bahwa google akan menggunakan data dari pengguna untuk mengenali sumber dari panggilan yang mengganggu, tapi aplikasi pemanggil Android tidak memiliki pendekatan secara komunitas seperti Truecaller. Meskipun demikian, fitur deteksi spam pasti akan berguna bagi pengguna yang tidak menyadari hal itu.

Apple juga saat ini sedang mengimplementasikan fitur ini pada sistem operasi terbaru mereka iOS 10, dimana akan membantu mengidentifikasi panggilan spam.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *