5 Aplikasi Gratis untuk Membuat Katalog Produk

Kita semua memiliki alasan untuk membuat berbagai katalog produk. Apakah anda seseorang yang memiliki bisnis kecil dengan kebutuhan untuk melacak setiap item produk yang dimiliki atau anda seorang yang memiliki koleksi besar software, buku, game, atau film, dan membutuhkan sebuah katalog agar koleksi anda lebih terorganisir.

Menemukan aplikasi gratis yang cocok untuk membuat katalog tidaklah mudah. Tapi dengan sedikit kreativitas dan banyak pencarian, setidaknya bisa menemukan lima aplikasi yang baik dan gratis untuk membuat berbagai katalog produk.

Pada posting kali ini DSG telah mengumpulkan 5 aplikasi terbaik dan gratis untuk membuat katalog, dimana masing-masing aplikasi tersebut kami anggap sangat baik dalam membuat katalog. Meskipun beberapa aplikasi menawarkan lebih banyak fitur daripada lainnya, tapi pada intinya semua aplikasi pada daftar ini dapat mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik.

Jadi, mari kita simak kelima aplikasi gratis ini dan tentukan mana yang sempurna untuk kebutuhan anda.

1. Datacrow

Aplikasi Gratis untuk Membuat Katalog Produk Datacrow

Datacrow sering disebut sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk kategori ini dengan alasan yang baik. Dengan Datacrow anda dapat membuat katalog produk,  film, video, buku, gambar, game, software, musik, dan banyak lagi.

Fitur lain pada dDatacrow termasuk: membuat modul koleksi anda sendiri, mengelola apa yang anda pinjamkan, terhubung dengan layanan online (seperti imdb.com, bol.com, dan lebih), terdapat reporting, dukungan untuk import file informasi dan lainya.

Datacrow adalah aplikasi cross-platform (Windows, Mac, Linux) yang dibuat menggunakan bahasa Java. Jadi, agar Datacrow dapat dijalankan, anda akan memerlukan JRE yang terinstal pada komputer anda.

Link Download

 

2. SoftCAT Free

SoftCAT Free

SoftCAT Free adalah aplikasi untuk membuat katalog yang sangat baik dengan banyak fitur. Fitur-fitur baik yang dapat anda manfaatkan antara lain: Comprehensive data fields, custom data fields, catatan pribadi, built-in explorer, aplikasi pencarian yang kuat, pencarian dan penggantian, sorting dengan lima tingkatan data, membuat laporan, laporan arsip, menganalisa koleksi, dan banyak lagi.

Link Download

 

3. inFlow Free

Aplikasi Gratis untuk Membuat Katalog Produk InflowFree

Inflow Gratis adalah aplikasi persediaan produk paling cocok untuk usaha kecil. Keterbatasan utama dari versi gratis adalah: pembatasan produk/ pelanggan, hanya mendukung sampai lima belas laporan, mode multi-user hanya read only, dan dukungan untuk aplikasi hanya dari forum saja.

Di luar semua batasan pada versi gratisnya, inflow menawarkan fitur yang sangat baik seperti: Product lists, dukungan untuk barcode, dukungan banyak unit pengukuran, lokasi, sejarah perpindahan, one-click workflow atau advanced workflow, menyusun ulang persediaan produk, pelacakan biaya produk, cetak/ email pesan pembelian, dan banyak lainya.

Link Download

 

4. Zotero

Aplikasi Gratis untuk Membuat Katalog Produk Zotero

Zotero adalah aplikasi cross-platform yang ditujukan khusus untuk membuat katalog penelitian. Anggap saja Zotero sebagai asisten penelitian pribadi anda, di mana anda akan mendapatkan dapat: menyimpan data apapun, mengutip, sinkronisasi, dan berkolaborasi.

Zotero akan mengatur penelitian anda ke katalog koleksi mirip dengan playlist pemutar musik. item penelitian dapat ditambahkan ke beberapa nama koleksi dan sub-koleksi. Dan pencarian dibuat sederhana dengan sistem tagging. Dengan “citing system” anda dapat membuat: catatan kaki, catatan akhir, kutipan dalam teks, atau bibliografi.

Sementara “sync system” memungkinkan anda untuk melakukan sinkronisasi penelitian di banyak perangkat yang anda butuhkan. Akhirnya, anda dapat membuat grup dan mengundang sekelompok pengguna untuk bekerja sama dalam penelitian anda. Zotero datang dalam aplikasi desktop atau berupa ekstensi Firefox, Chrome, atau Safari.

Link Download

 

5. LibreOffice Base

Aplikasi Gratis untuk Membuat Katalog Produk LibreOffice Base

LibreOffice Base jelas bukan software khhusus untuk membuat katalog produk, tapi dengan sedikit kreativitas anda dapat dengan cepat membuat database katalog khusus untuk apa yang anda butuhkan.

Gunakan wizard Form Designer untuk membuat form yang user-friendly yang memungkinkan anda untuk memasukkan data untuk katalog anda. Hal terbaik menggunakan metode ini adalah bahwa nantinya anda dapat menggunakan aplikasi database, sehingga anda tidak membatasi pengumpulan data hany ke salah satu aplikasi.

Satu-satunya hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan LibreOffice Base adalah bahwa anda harus memiliki, setidaknya sedikit pemahaman tentang bagaimana kerja database. Anda tidak perlu menjadi seorang DB Admin, tetapi anda setidaknya tahu apa database dan bagaimana untuk membuatnya (dengan bantuan wizard yang disediakan).

Link Download

Alternatif lainya kamu bisa menggunakan aplikasi gratis serupa seperti “Openoffice Base

 

Kesimpulan

Jika anda ingin membuat katalog apa saja, ada aplikasi di luar sana menunggu untuk digunakan. Dengan sedikit eksplorassi, anda dapat menemukan apa yang anda butuhkan.

Atau, jika anda tidak juga menemukan apa yang anda butuhkan, anda dapat mencoba salah satu aplikasi pada daftar diatas. Masing-masing aplikasi pada daftar memiliki sesuatu yang unik, dan beberapa diantaranya jauh lebih kuat daripada yang lain, tetapi masing-masing dari mereka sangat baik dalam pembuatan katalog.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *