Cara Mempercepat Download Torrent di uTorrent

Cara Mempercepat Download uTorrent

Jika kamu akhirnya menemukan torrent yang kamu cari, tetapi membutuhkan waktu download berjam-jam atau bahkan berhari-hari, kamu pasti tahu bahwa hal tersebut sangat menjengkelkan.

Kecepatan download torrent yang lambat mungkin hasil dari kurangnya seeds dan koneksi internet yang lambat, tetapi ada cara untuk tweak pengaturan uTorrent dan cara mengoptimalkan koneksi untuk mendapatkan kecepatan download yang maksimal.

Menambahkan tracker baru dan lebih cepat adalah salah satu cara untuk mempercepat kecepatan download torrent yang lambat atau atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

Bagaimana Cara Menambahkan Torrent Tracker yang Cepat

Menambahkan pelacak/ tracker torrent baru dapat menambah seeds baru dan peers untuk koneksi, cara ini mungkin akan mempercepat download lebih cepat. Tracker-tracker torrent memang sering berubah bahkan tidak tersedia, jadi menambahkan tracker baru adalah penting untuk mengoptimalkan download kamu.

1. Buka torrent dengan menggunakan uTorrent.

2. Klik kanan pada Torrent, dan pilih “Properties”.

3. Pada tab “General”, cari kotak “Trackers”. Scroll ke akhir daftar, dan tekan enter untuk membuat baris baru. Copy dan paste tracker baru ke dalam kotak. Tidak masalah jika terdapat tracker yang duplikat , uTorrent akan mengabaikannya. Jangan menghapus pelacak yang ada. Semakin banyak tracker, semakin banyak kesempatan untuk mempercepat download.

Cara Mempercepat Download uTorrent Update Tracker

Kamu bisa coba mendaftarkan tracker super cepat dibawah ini:

udp://tracker.openbittorrent.com:80
udp://tracker.leechers-paradise.org:6969
udp://glotorrents.pw:6969
udp://tracker.coppersurfer.tk:6969
http://tracker2.istole.it:60500/announce
udp://tracker.opentrackr.org:1337

Atau cara lainya kamu bisa mengunjungi link dibawah untuk mendapatlan tracker terbaru

http://torrenttrackerlist.com/torrent-tracker-list

Pengaturan uTorrent untuk Mempercepat Kecepatan Download

1. Sesuaikan pengaturan kecepatan upload. Pada uTorrent, pilih “Options” kemudian “Setup Guide”. Klik pada menu drop-down “Your Upload Speed” dan pilih kecepatan yang paling sesuai dengan kecepatan upload koneksi internet kamu. Pada jendela yang sama, ubah port dengan angka di atas 10000. Klik “Save & Close”.

Cara Mempercepat Download uTorrent Setup Guide

2. Sesuaikan pengaturan bandwidth. Klik “Options” kemudian “Bandwidth”, dan rubah nilai-nilai dibawah:

  • Rubah Maximum Upload Rate atau MUR ke 10 sampai dengan 15.
  • Rubah Maximum Download Rate atau MDR ke 1800.
  • Rubah Global Maximum Numbers of Connections ke 2329.
  • Rubah Maximum number of connected peers per torrent ke 250 sampai dengan 300. Jangan mengaturnya lebih tinggi dari 300.
  • Atur upload slots per torrent ke 14, kemudian klik “Apply” dan “OK” untuk menyimpan pengaturan.

Cara Mempercepat Download uTorrent pengaturan bandwidth

3. Sesuaikan advanced settings. Klik “Options” lalu “Preferences”. Pilih tab “Advanced” dan rubah nilai-nilai dibawah ini:

  • Scroll ke bawah dan cari “bt.connect_speed”. Rubah nilainya ke 80.
  • Scroll ke bawah lagi dan cari “net.max_halfopen”. Rubah nilainya ke 100, lalu klik “Apply” untuk menyimpan pengaturan ini.

Cara Mempercepat Download uTorrent advanced settings

4. Sesuaikan queueing options. Klik “Options” kemudian “Preferences”. Pilih “Queueing”. Rubah nilai Maximum number of active downloads ke 1, lalu klik “Apply” dan “OK” untuk menyimpan pengaturan.

Cara Mempercepat Download uTorrent Queing

5. Sesuaikan pilihan koneksi. Klik “Options” kemudian “Preferences”. Klik pada “Connection”. Centang kotak enable UPnP port mapping. Hal ini memungkinkan uTorrent terhubung langsung dengan seeds sekaligus menghindari firewall.

Cara Mempercepat Download uTorrent Connection

6. Prioritaskan torrent. Klik kanan pada torrent dan pilih “Bandwidth Allocation”. Set ini ke “High”. Kamu juga dapat melewati pengaturan atau jadwal yang ada dengan mengklik kanan torrent dan memilih “Force Start”.

Cara Mempercepat Download uTorrent bandwith allocation

Tips & Trik

Jika kamu menggunakan koneksi WiFi, coba ganti koneksi dari Wifi ke koneksi langsung ke modem atau router untuk memastikan konektivitas internet yang maksimal.

Stop download lain dan kegiatan yang menggunakan sejumlah besar koneksi kamu untuk membantu mempercepat download torrent. Selain itu, hindari menggunakan internet saat kamu sedang men-download torrent, karena ini dapat memperlambat kecepatan walaupun kamu sudah melakukan pengaturan untuk mempercepat download torrent.

Coba upgrade koneksi internet kamu dengan menghubungi ISP untuk hasil terbaik. Namun, tidak dapat dipungkiri beberapa penyedia layanan internet melakukan pembatasan kecepatan BitTorrent, sehingga download akan menjadi lambat.

Lakukan pembaruan aplikasi uTorrent secara rutin.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *