Cara Transfer Kontak dari iOS ke Android

Cara Transfer Kontak dari iOS ke Android

Mengganti telepon sering menjadi urusan yang cukup rumit, terutama karena melibatkan transfer sejumlah besar data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dan salah satu bagian paling penting adalah kontak, dan ini sering menjadi hal pertama yang perlu dilakukan migrasi ke telepon baru.

Untungnya, jika kamu beralih dari perangkat iOS ke Android, sangat mudah untuk melakukan migrasi kontak. Berikut adalah empat cara untuk melakukannya.

Menggunakan akun Google

Karena kamu pindah ke perangkat Android, hampir bisa dipastikan kamu akan menggunakan akun Google. Login ke akun Google kamu (atau buat, jika kamu tidak memilikinya). Sekarang, masuk ke Settings > Mail, Contacts, Calendars, dan tambahkan akun Google di sana.

Ketika ditanya informasi apa yang akan disinkronkan dengan akun tersebut, pastikan kamu memilih Kontak. Perhatikan sinkronisasi yang mungkin memerlukan waktu tergantung pada seberapa banyak kontak yang kamu miliki. Setelah selesai, kamu dapat memeriksa daftar kontak di akun Google kamu.

Menggunakan iCloud

Layanan sinkronisasi Apple iCloud juga dapat berguna untuk mentransfer kontak dari iPhone ke smartphone Android. Untuk melakukan hal ini, pergi ke Settings > Mail, Contacts, Calendars, dan kemudian pilih ‘iCloud’ dari pilihan account. Sekarang pilih kontak untuk melakukan sinkronisasi kontak kamu dengan akun iCloud.

Setelah itu dilakukan, buka icloud.com pada browser web PC kamu dan login dengan ID Apple. Setelah log in, pilih Contacts > All Contacts. Sekarang klik ikon roda gigi di bagian bawah halaman dan klik Ekspor vCard, hal ini akan membuat file VCF pada PC yang dapat diimpor ke ponsel Android kamu.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika kamu tidak ingin menggunakan metode standar, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu melakukan migrasi kontak dari iPhone ke ponsel Android. Namun, pastikan kamu memilih sebuah aplikasi yang tersedia untuk iOS dan platform Android.
Hampir semua aplikasi untuk memindahkan kontak mencakup kemampuan untuk membuat cadangan kontak dan mengirim daftar kontak sebagai lampiran email (file VCF) ke alamat pilihan kamu. Setelah ini dilakukan, cukup download file VCF di ponsel Android kamu dan kontak akan diimpor ke perangkat kamu.

Menggunakan iTunes

Untuk melakukan ini, pertama-tama kamu harus menghubungkan iPhone ke komputer kamu. Buka iTunes dan pergi ke opsi iPhone di bagian atas. Di bawah tab Info, periksa pilihan ‘Sync Contacts with’ dan pilih Google Contacts. Akhirnya, masukkan rincian akun Google kamu dan tekan opsi ‘Sync iPhone’.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *