Google Menjelaskan Mengapa Tidak Ada Palestina di Map

Google Menjelaskan Mengapa Tidak Ada Palestina di Map

Google Maps adalah salah satu aplikasi navigasi terkemuka di seluruh dunia, digunakan oleh jutaan orang untuk mendapatkan informasi wilayah di suatu negara atau kota baru. Namun tampaknya sebuah masalah baru-baru ini telah menarik perhatian pengguna dari Palestina.

Sebuah kelompok jurnalisme berbasis di Kota Gaza mengklaim bahwa negara Palestina dihapus dari Google Maps, yang menyebabkan kemarahan banyak orang di media sosial, termasuk Facebook dan Twitter. Forum Jurnalis Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa mereka “mengutuk kejahatan yang dilakukan oleh Google dalam menghapus nama Palestina, dan menyerukan Google untuk membatalkan keputusannya dan meminta maaf kepada rakyat Palestina”.

Washington Post melaporkan bahwa media Timur Tengah menuntut agar Google memberikan label/ nama wilayah atau bahkan semua wilayah Israel sebagai “Palestina”.

Pihak Google lalu mengkonfirmasi terkait hal ini pada Engadget dan menyatakan bahwa “Tidak pernah ada label ‘Palestina’ di Google Maps, namun kami menemukan adanya bug yaittu label yang dihapus untuk ‘Tepi Barat’ dan ‘Jalur Gaza.” Kami bekerja dengan cepat untuk membawa label ini kembali ke wilayah tersebut”.

Ketika pengguna mengklik kota-kota tertentu di wilayah tersebut, Google mendefinisikan mereka sebagai Palestina dan menunjukkan perbatasan putus-putus di sekitar wilayah tersebut. Sebagai tambahan, terdapat tambahan Wikipedia knowledge box yang disediakan di Maps dimana menggambarkan Palestina sebagai “de jure sovereign state” atau negara yang berdaulat. Istilah ini sama dengan apa yang ditetapkan oleh PBB pada tahun 2013.

kesalahpahaman menyebabkan banyak dari daerah untuk beralih ke layanan pemetaan geografis lainnya, seperti Apple Maps. Masalah ini menunjukkan bahwa aplikasi sekalipun dapat menyebabkan kegemparan di negara-negara tertentu di dunia, terutama jika terkait dengan politik yang sensitif.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *