Aplikasi untuk Rekam Video Gameplay di Windows 10

Ada banyak cara bagi gamer PC untuk berbagi gameplay video seperti dengan YouTube dan layanan livestreaming seperti Twitch. Tapi sebelum kamu dapat berbagi video, kamu harus merekamnya terlebih dahulu.

Dengan fitur Windows 10 Game DVR, kamu dapat dengan mudah merekam eksploitasi game kamu dan berbagi dengan teman kamu tanpa harus men-download dan menginstal aplikasi tambahan seperti ShadowPlay atau OBS Nvidia. Berikut adalah cara untuk memulai.

Jika kamu belum pernah menggunakan aplikasi Xbox sebelumnya atau tidak memiliki sebuah konsol Xbox, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan “gamertag”, dan menyiapkan “Xbox screen name” (nama alias) kamu.

xbox app windows 10 2

 

Untuk menyiapkan “Xbox screen name” buka aplikasi Xbox (atau install terlebih dahulu bia mbelum menginstalnya) dan ikuti petunjuk pada layar, dan Xbox aplikasi akan mengurus sisanya. (aplikasi Xbox tidak harus terbuka agar fitur Game DVR untuk bekerja)

Selanjutnya, buka game yang ingin kamu mainkan: Untuk kepentingan artikel ini, kami akan bermain Solitaire. Setelah kamu siap untuk mulai merekam, tekan tombol “Windows + G” pada keyboard. Satu set kontrol akan muncul di atas jendela game kamu: Tekan tombol Record (lingkaran merah) atau ketik “Win + Alt + R” untuk mulai merekam . Setelah kamu selesai, tekan “Win + Alt + R” lagi untuk berhenti merekam.

Record Bar Game DVR

Untuk melihat klip rekaman yang kamu buat, buka aplikasi Xbox dan klik tombol Game DVR terletak di kiri sidebar-mencari ikon game controller dengan rol film.

Jika kamu suka, kamu dapat mengubah nama klip kamu, atau mengeditnya melalui fitur Trim, yang memungkinkan kamu memotong klip ke-satunya bagian yang ingin kamu simpan. Jika kamu sangat bangga dengan kemenangan game kamu, klik Share untuk berbagi klip kamu dengan pengguna lain Xbox: Setelah upload, klip kamu akan muncul di bawah tab.

Xbox DVR

Sayangnya, kamu tidak dapat berbagi rekaman video yang dibuat di YouTube melalui aplikasi Xbox, tetapi kamu dapat dengan mudah mengakses file rekaman video yang disimpan: Pergi ke Xbox app Settings (ikon roda gigi di sidebar kiri), klik Game DVR, kemudian klik “Open Folder” dan dengan file rekaman video siudah ditangan kamu dapat menguploadnya secara manual ke youtube.

Sementara kamu berada di menu Settings, pastikan untuk mencoba beberapa pengaturan lain di sana! kamu dapat mengatur shortcut keyboard kamu sendiri untuk fitur Game DVR, mengubah durasi maksimum rekaman setiap aplikasi (satu jam, dua jam, atau 30 menit), dan mengubah kualitas rekaman video.

Kamu juga dapat mengatur game DVR secara otomatis berjalan di latar belakang saat kamu sedang bermain game, yang mengaktifkan kemampuan untuk menekan Win + Alt + G untuk secara otomatis menyimpan 30 detik terakhir dari gameplay.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *