Cara Mengambil Screenshot di Laptop atau PC Windows

Kita bisa menghabiskan sepanjang hari hanya untuk berdebat tentang tools terbaik untuk mengambil screenshot. Tool-tool yang cepat dan efisien dan biasanya menyediakan cara sederhana untuk mengambil screenshot dari jendela aplikasi atau seluruh tampilan pada layar dalam hitungan detik tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan.

Mungkin kamu perlu mengirim screenshot untuk dukungan teknis, email gambar ke teman, atau mengambil screenshot untuk membuat panduan.

Untungnya, Windows memiliki beberapa fitur terintegrasi yang bisa digunakan untuk mengambil dan menyimpan screenshot, dan penggunaan nya pun hanya beberapa klik saja. Tiga cara untuk mengambil screenshot yang dibahas dalam post kali ini benar-benar gratis, tidak terlalu sulit untuk dipraktekan, dan bekerja dengan fantastis pada hampir semua perangkat.

Cara Screenshoot menggunakan shortcut keyboard

Mengambil screenshot sangatlah mudah, terlepas dari versi Windows yang kamu jalankan. Hanya perlu beberapa langkah saja untuk melakukanya, dengan asumsi kamu belum familiar dengan kontrol keyboard standar dan kamu sudah memiliki akses ke semua aplikasi pengedit gambar standar yang kamu butuhkan.

Langkah 1, Mengambil screenshot

Dengan asumsi area yang ingin diambil adalah keseluruhan yang ditampilkan pada layar kamu, tekan tombol “Print Screen” (sering disingkat menjadi “Prt Sc“), biasanya terletak di sudut kanan atas keyboard. Atau, tekan Alt + Print Screen untuk hanya mengambil screenshot dari jendela yang sedang aktif.

print screen laptop keyboard

Tidak akan ada suara atau indikasi lain saat screenshot ini diambil, namun gambar yang dihasilkan akan disimpan sebagai file PNG ke clipboard kamu. Jika menggunakan Windows 8 atau Windows 10, cukup klik “Windows Key” + “Print Screen” untuk secara otomatis menyimpan screenshot layar penuh ke dalam folder Screenshots di direktori gambar (PicturesScreenshots).

Langkah 2, Buka aplikasi Paint

Paint

Pada Windows 7, Klik menu Start, arahkan ke folder Windows Accessories atau folder Accessories. Aplikasi Paint memiliki Ikon dengan gambar palet lukisan dengan kuas di sisi kanan.

Pada Windows 8, tekan tombol Windows untuk membuka layar awal. Setelah itu, klik panah bawah di bagian kiri bawah, tekan Ctrl + Tab, atau scroll ke bawah dari pusat layar untuk mengakses Apps View. Dari sana, pilih Paint.

Pada Windows 10, kamu dapat membuka menu Start >> All Apps, dan telusuri daftar abjad nama aplikasi sampai kamu menemukan Paint.

Pada semua versi Windows diatas bisa menggunakan fungsi Search untuk menemukan aplikasi “Paint”

search funtion wondows 10

Langkah 3, Paste screenshot

Setelah aplikasi paint terbuka, klik tombol Paste di sudut kiri atas program, pilih Edit lalu Paste, atau tekan Ctrl + V pada keyboard untuk menyisipkan screenshot kamu.

Langkah 4, Simpan screenshot

Lakukan pengeditan yang kamu inginkan, seperti cropping gambar untuk area tertentu, dan klik opsi “File” di sudut kiri atas. Setelah itu, pilih “Save As” dan pilih lokasi untuk menyimpan, dan pilih format file yang kamu inginkan dari menu drop-down. Untuk sebagian besar tujuan format JPG akan melakukannya dengan baik, tapi berbagai format lain tersedia untuk dipilih seperti PNG, BMP, GIF, dan lain-lain. Klik tombol Save di pojok kanan bawah ketika selesai.

Cara Screenshoot menggunakan onedrive di windows 10

jika kamu menjalankan Windows 10, kamu punya pilihan lain untuk mengambil dan menyimpan screenshot. Ketika kamu menjalankan layanan penyimpanan file cloud Microsoft Onedrive pertama kalinya, akan ditanya apakah kamu ingin secara otomatis menyimpan screenshot kamu ke cloud setiap kali kamu menekan tombol Print Screen.

Langkah 1, Buka onedrive

Jika kamu belum menginstalnya coba instal terlebih dahulu, aplikasi ini gratis dimana biasanya terdapat pada paket aplikasi yang dibawa oleh Windows 10. Jika kamu sudah menyiapkan onedrive, harusnya folder onedrive bisa diakses di Windows Explorer. Jika tidak, kamu akan diminta untuk login dengan akun Microsoft kamu.

Langkah 2, Tekan tombol Print Screen

Tekan tombol Print Screen, seperti yang dijelaskan di bagian atas artikel ini, dan kamu akan mendapati prompt dari onedrive yang menanyakan apakah kamu ingin menyimpan screenshot kamu pada onedrive. Pergi ke depan dan mengkonfirmasi, dan sejak itu, file gambar PNG dari screenshot kamu akan disimpan ke onedrive setiap kali kamu menekan Print Screen. Hal ini juga bekerja untuk Alt + Print Screen, yang akan mengambil screenshot dari jendela aktif bukan keseluruhan layar desktop.

screenshhot onedrive

Jika kamu tidak mendapati pesan pertanyaan untuk menyimpan otomatis screenshot ke onedrive, kamu dapat mengaktifkan fitur ini secara manual. Klik kanan ikon onedrive di system tray kamu. Bila kamu menemukan ikon cloud, klik kanan dan pilih Settings.

onedrive tray

Kemudian, klik tab Auto save dan pastikan pilihan ” Automatically save screenshots I capture to OneDrive” diaktifkan.

onedrive automatic save

Langkah 3, Cari dan share file

Buka folder onedrive dan buka folder Pictures. Di dalam, kamu akan menemukan folder Screenshots, yang akan berisi semua screenshot yang telah kamu ambil sebelumnya.

onedrive screenshoot folder

Kamu bisa ambil file dan memindahkannya ke folder yang kamu inginkan, atau mengeditnya dengan editor foto pilihan kamu.

Kamu juga dapat berbagi/ share dengan teman-teman dengan menyalin link gambar screenshot tersebut, cukup klik kanan file tersebut dan pilih “Share a OneDrive link“. Sebuah URL untuk berbagi screenshot dengan teman secara otomatis akan disalin ke clipboard kamu, yang kemudian dapat kamu paste ke email atau pesan chat.

Cara Screenshoot menggunakan Menggunakan Snipping Tool

Utilitas Built-in screen capture pada Windows bekerja cukup baik, tapi itu bukan yang paling powerfull atau serbaguna ketika digunakan untuk menyimpan screenshot dari layar kamu.

Snipping Tools

Snipping Tool adalah aplikasi built-in Windows yang memungkinkan pengguna untuk bisa lebih leluasa menentukan dan mengambil screenshot hanya bagian-bagian tertentu dari layar desktop mereka.

Selain mengambil screenshot dari seluruh layar dan jendela yang aktif, alat ini memungkinkan mengambil screenshot dalam bentuk bebas (free form) dan segi empat untuk pilihan yang lebih disesuaikan, serta dukungan untuk menambahkan penjelasan (anotasi) pada screenshot dan berbagi pilihan.

Langkah 1, Buka Snipping Tool

Jika menggunakan Windows 7, Klik menu Start, arahkan ke folder Windows Accessories atau folder Accessories dan pilihSnipping Tool dari daftar perangkat lunak Microsoft asli. ikon aplikasi ini menggambarkan sepasang gunting biru dengan dua oval putih di bawah. Atau cari dan buka program dari bar pencarian Windows.

Jika menggunakan Windows 8, klik panah bawah di sudut kiri bawah, tekan Ctrl + Tab, atau scroll ke bawah dari pusat layar untuk mengakses Apps View. Dari sana, pilih Snipping Tool.

Langkah 2, Pilih jenis snip

Setelah terbuka, klik panah bawah di sebelah kanan New di sudut kiri atas jendela program dan pilih jenis potongan yang kamu inginkan dari daftar pilihan drop-down.

Free-form snip memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot pada bentuk area yang tidak teratur(bebas), Rectangular Snip mengambil screenshot pada bentuk area persegi dengan panjang yang ditentukan, Window Snip, dan Full Screen Snip.

free form snipping

Langkah 3, Tentukan area screenshot

Gunakan mouse atau trackpad untuk secara manual menentukan area pada layar yang ingin kamu ambil screenshot.

Langkah 4, Simpan screenshot

Lakukan pengeditan yang kamu inginkan, seperti highlights atau menambahkan anotasi, dan klik opsi File di sudut kiri atas. Setelah itu, pilih Save As, beri judul file baru, pilih lokasi penyimpanan, dan pilih format file yang kamu inginkan dari menu drop-down.

Jika screenshot yang kamu ambil didalamnya termasuk teks, kamu akan mendapti hasilnya lebih jelas jika kamu menyimpan file sebagai PNG. Jika kamu suka, kamu dapat mengklik ikon amplop untuk langsung email screenshot sebagai lampiran email. Klik tombol Save di pojok kanan bawah ketika selesai.

Cara Screenshoot menggunakan PicPick

Ada banyak aplikasi screenshot baik yang gratis dan premium, yang beredar diinternet. Sebagian besar dari mereka memberikan fitur lebih pada kustomisasi dan fleksibilitas yang melebihi kemampuan yang ditawarkan utilitas bawaan.

Dan salah satunya adalah PicPick. PicPick tersedia secara gratis dimana menawarkan fitur yang lebih komprehensif daripada pilihan yang diuraikan di atas.

aplikasi screenshoot pickpick

 

Langkah 1, Download dan install PicPick

Download PicPick di sini, Tetap waspada untuk setiap toolbar atau potensial malware yang mungkin datang dibundel dengan intsaller aplikasi ini.

Langkah 2, Buka PicPick

Langkah 3, Pilih jenis pilihan pengambilan screenshoot

Setelah dibuka, pilih jenis pilihan dari daftar bertempat di bagian Screen Capture di sudut kiri bawah jendela program utama. Seperti alat potongan, ada pilihan untuk bentuk bebas, persegi panjang, jendela, dan screenshot layar penuh, serta memperbaiki-wilayah dan scroll jendela untuk kontrol yang lebih luas ketika mengambil gambar memanjang.

Langkah 4, Tentukan pilihan

Gunakan mouse atau trackpad untuk secara manual menentukan area layar yang ingin diambil screenshot.

Langkah 5: Simpan screenshot

Lakukan pengeditan yang kamu inginkan, seperti cropping dan filter overlay, dan klik opsi File utama di sudut kiri atas. Setelah itu, pilih Save As

Aplikasi screenshot lain yang layak untuk dipertimbangkan

  1. Awesome screenshot

  2. LightShot

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *