Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin

Jika kamu menggunakan Windows Explorer untuk menghapus file, itu tidak benar-benar dihapus tapi pindah ke folder tersembunyi yang disebut Recycle Bin. File tersebut akan selalu ada di recycle bin sampai kamu mengosongkan Recycle Bin untuk mengurangi ruang pada hard disk atau file yang baru dihapus menghapus file lama di Recycle Bin.

Jadi, sebelum kedua hal tersebut terjadi, kamu dapat mengembalikan file yang telah dihapus dari Recycle bin dengan mudah. Caranya klik kanan pada file lau pilih “Restore“. Maka file yang dihapus akan muncul kembali di folder aslinya. Kamu bisa secara berkala mengosongkan Recycle Bin untuk menambah ruang pada hard disk.

Ketika kamu menghapus file dari Recycle Bin, maka tidak mungkin lagi bagi kamu untuk langsung mengembalikan file/ folder tersebut karena sudah terhapus secara permanen dari recycle bin. Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di recycle bin?

Biasanya ketika kamu menghapus file dan kemudian mengosongkan recycle bin, kamu mungkin berpikir bahwa file hilang secara permanen. Tapi sebenarnya itu tidak terjadi. File-file yang dihapus dari Recycle Bin dapat dikembalikan dengan aplikasi khusus untuk recovery data.

Tapi apakah kamu tahu file yang telah dihapus dari recycle bin file masih bisa dikembalikan? Bahkan notifikasi pada Windows akan memberitahu kamu bahwa “Menghapus item dari Recycle Bin secara permanen menghapusnya dari komputer kamu”, Tetapi kenyataannya semua data tersebut tidak akan segera terhapus.

Windows hanya menandai ruang pada hard drive sebagai “tersedia” untuk digunakan dengan mengubah satu karakter dalam tabel file sehingga entri file tidak akan ditampilkan lagi di My Computer atau perintah “DIR” pada commandline, itu sebabnya kamu dapat mengembalikan file yang sudah dihapus dari recycle bin dan mendapatkan kembali file kamu yang hilang.

EASEUS disk data recovery merupakan alat recovery data yang mudah digunakan yang benar-benar akan membantu untuk mengembalikan file yang terhapus dari Recycle Bin di semua versi Windows. EASEUS disk data recovery memungkinkan kamu untuk melihat semua file yang telah dihapus. Untuk versi gratisnya kamu bisa mengembalikan file yang telah terhapus dengan batasan total file yang dikembalikan tidak lebih dari 2GB saja. Kalau kamu tidak puas dengan ini kamu bisa mencari aplikasi gratis serupa.

Cara mengembalikan file yang terhapus di recycle bin

Langkah 1. Download dan Install Aplikasi EASEUS disk data recovery disini (link versi gratis)

Langkah 2. Jalankan  EASEUS disk data recovery dan pilih jenis file yang ingin kamu kembalikan. Kemudian klik tombol “Next” untuk pindah ke langkah berikutnya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Langkah 1

Langkah 3. Pilih disk di mana kamu kehilangan data kamu dan klik tombol “Scan“, aplikasi akan segera memindai disk yang dipilih untuk menemukan semua file target kamu. Jika kamu kehilangan partisi kamu, pilih “Lost Disk Drives” dan “Scan” untuk melanjutkan proses pengembalian data.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Langkah 2

Langkah 4. Setelah scan, kamu dapat melihat preview dari semua file yang masih bisa dikembalikan dan pilih salah satu yang kamu ingin kembalikan. Kemudian, klik tombol “Recover” untuk mengembalikan mereka kembali. Di sini kamu harus menyimpan semua file pada disk lain untuk menghindari overwrite/ penimpaan pada data.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Langkah 3

 

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *