Cara Menghemat RAM Laptop dan PC

Kami akan menunjukkan bagaimana kamu dapat menghemat RAM dan menambah RAM kamu, baik secara virtual maupun secara fisik.

Jalankan ReadyBoost

Fitur ReadyBoost pada Microsoft memanfaatkan kecepatan transfer data pada flash storage (flashdisk) yang hampir sama cepatnya dengan kecepatan RAM.

cara-menghemat-ram-laptop-dan-pc-readyboost

Diperkenalkan pertama kali pada Windows Vista, ReadyBoost membutuhkan USB drive yang menawarkan setidaknya:

  1. Ruang penyimpanan 256 Mb.
  2. Kecepatan akses kurang dari 1 ms.
  3. Kecepatan baca 2,5 Mb/ detik.
  4. Kecepatan tulis 1,75 Mb/ detik.

Kamu dapat mengaktifkan ReadyBoost dengan mengklik kanan USB drive di My Computer lalu pilih Properties, dan kemudian navigasi ke tab ReadyBoost.

Kamu akan melihat beberapa radio button yang memungkinkan kamu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ReadyBoost, serta slider yang memungkinkan kamu menentukan berapa banyak kapasitas drive yang di siapkan untuk fitur tersebut.

Batasan storage yang bisa kamu gunakan adalah 4GB jika kamu menggunakan format FAT32 pada drive, dan 32GB juka drive kamu menggunakan NTFS.

Mengaktifkan ReadyBoost tidak bisa menggantikan manfaat dari menambah RAM, tetapi setidaknya akan memberikan beberapa perbaikan kinerja.

Dalam beberapa kasus dapat menurunkan load time hingga 75%. Kemungkinan besar kamu akan merasakan perbaikan nyata jika kamu memiliki RAM yang sedikit dan hard drive yang relatif lambat.

Windows akan menonaktifkan fitur ini jika kamu memiliki drive SSD karena menawarkan performa yang lebih baik.

Gunakan Windows Task Manager dan Resource Monitor

Cara termudah untuk menghemat RAM yang digunakan adalah dengan memanfaatkan Windows Task Manager. Kamu bisa mengaksesnya dengan mengetikan Task manager pada “search” atau bisa juga dengan menekan tombol keyboard CTRL+ALT+DEL lalu [ilih task manager.

cara-menghemat-ram-laptop-task-manager

 

Arahkan ke tab Processes dan kemudian urut daftar aplikasi yang berjalan berdasarkan jumlah penggunaan memori. Dengan ini kita akan bisa melihat proses mana saja yang memakan memori yang luar biasa besar dari RAM.

cara-menghemat-ram-laptop-task-manager-process

Kamu dapat melihat informasi lebih lajut dengan mengakses tab Performance, buka Resource Monitor, dan kemudian navigasi ke tab Memory.

cara-menghemat-ram-laptop-resource-monitor

Dalam view ini, kamu akan melihat informasi yang ditemukan pada Windows Task Manager dan grafik yang memberitahu lamu bagaimana sistem saat ini mengalokasikan RAM.

Nonaktifkan atau hapus aplikasi yang tidak perlu

Setelah kamu melakukan navigasi pada Windows Task Manager dan Resource Monitor, kamu mungkin melihat beberapa aplikasi yang secara konsisten menyebabkan masalah, namun selalu kembali dijalankan setiap kali sistem anda boot.

Misalnya Dropbox, dimana menghabiskan sekitar 85MB memori pada PC, tapi saya jarang sekali menggunakanya. Menjalankannya selama 24/7 tidak terlalu masuk akal bukan.

Tentu saja kamu dapat menghapus aplikasi yang kamu pikir membebani sistem, tapi bila dirasa aplikasi aplikasi tersebut masih dibutuhkan kamu bisa sekedar menonaktifkan aplikasi agar tidak berjalan secara otomastis saat booting, jadi tidak perlu menghapus aplikasi tersebut.

Kamu bisa melihat cara untuk mencegah agar aplikasi tidak otomatis berjalan saat boot pada artikel ini: Memaksimalkan Windows 10  (lihat bagian Singkirkan service yang tidak diperlukan)

Instal Aplikasi RAM Cleaner

Jika menghapus atau meonaktifkan aplikasi yang membebani sistem kamu rasa sulit untuk dilakukan atau tidak kamu sukai, kamu dapat mencoba menginstal sebuah aplikasi untuk “membersihkan” RAM”.

Aplikasi ini pada dasarnya akan mencari aplikasi yang memakan banyak memori dan mematikan akses mereka, dan pada akhirnya akan menghemat memori agar bisa digunakan untuk kegunaan lain.

Beberapa contoh aplikasi yang kami anggap baik dan telah diuji selama bertahun-tahun antara lain Cleanmen, Minimem dan Super Memory Cleaner (untuk Mac).

cara-menghemat-ram-laptop-cleanmem

Perlu dicatat bahwa aplikasi-aplikasi jenis ini kontroversial. Sementara beberapa pengguna melaporkan keberhasilan, banyak ldari pengguna lainya menganggap aplikasi aplikasi ini gagal untuk mancapai tujuan dalam meningkatkan performa sistem denganmembebaskan sejumlah ruang pada RAM.

Kamu juga harus berhati-hati terhadap setiap ulasan aplikasi RAM cleaner yang kamu pertimbangkan untuk digunakan, karena aplikasi-aplikasi tersebut terkadang malware yang menyamar sebagai RAM Cleaner atau alat untuk optimasi. Periksa bahwa kamu men-download aplikasi dari website resminya.

Menambah RAM

Sedangkan teknik yang sudah diuraikan diatas dapat membantu memecahkan masalah memori kamu, pasti akan datang suatu waktu di mana solusi yang diuraikan diatas tidak bisa membantu dan satu-satunya jalan adalah dengan menambahkan RAM baru untuk medapatkan kapasitas RAM yang lebih besar secara keselruhan.

Kamu harus terlebih dahulu mengidentifikasi jenis RAM yang digunakan oleh komputer atau laptop kamu. KAmu dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis RAM dengan men-download aplikasi spesifikasi sistem seperti CPU-Z yang memberitahu kamu RAM apa yang terpasang di desktop atau laptop.

cara-menghemat-ram-laptop-cpuz

Namun, kamu juga perlu membuka komputer atau laptop kamu dan memeriksa apa ada slot bebas yang masih tersedia. Jika kamu komputer atau laptop kamu masih memiliki slot RAM yang masih tersedia kamu dapat membeli RAM untuk menambah apa yang sudah ada, tetapi jika semua slot terisi, kamu akan perlu pengganti yang menawarkan kapasitas lebih besar.

Setelah kamu memiliki memori baru, kamu dapat belajar untuk menginstalnya dengan memeriksa video tutorial instalasi, seperti tutorial yang sangat membantu dari Crusial.

Tutorial Installasi RAM pada PC Desktop dan Laptop

Author:

1 Komentar

  1. Jasa Seo mengatakan:

    Ini dia informasi yang saya cari-cari selama ini, terimakasih sudah berbagi tips yang sangat bermanfaat ini ya gan..

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *