Cara Rename Banyak File Sekaligus

Dengan hadirnya koneksi internet supercepat diiringi dengan download file yang masif. Kami mengalami hal serupa terkait dengan file ketika fotografi saat ini serba digital.

Tanpa terasa akhirnya saya perlu untuk memiliki hard drive 1TB untuk menyimpan semua foto, lagu, dan file lainya.

Ada banyak cara untuk rename banyak file sekaligus pada Windows. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan File Explorer, Command Prompt, atau PowerShell, dan masing-masing berguna untuk tugas yang berbeda.

Cara rename banyak file sekaligus menggunakan File Explorer

File Explorer (sebelumnya dikenal sebagai Windows Explorer) menawarkan cara rename file termudah, selain itu File Explorer juga menawarkan fleksibilitas untuk proses rename ini.

Untuk memulainya, ambil semua file yang kamu ingin rename dan tempatkan dalam folder yang sama. Lalu tekan CTRL+A untuk memilih semua file. Klik kanan pada file pertama dan pilih Rename.

cara-rename-banyak-file-sekaligus-explorer-1

Setelah kamu memasukkan nama file baru, tekan enter dan semua file akan memiliki nama yang sama ditambah sebuah nomor ke setiap file secara berurutan.

 

Cara rename banyak file sekaligus menggunakan Command Prompt

Untuk mendapatkan nama yang lebih fleksibel dari pada cara diatas yang hanya bisa menambahkan angka, kita bisa menggunakan perintah rename di Command Prompt.

Perintah/ command “ren” memungkinkan kita untuk rename banyak file sekaligus dimana mendukung karakter wildcard “*” dan “?”, juga memungkinkan kita untuk mengubah ekstensi file. Command Line menawarkan lebih banuak pilihan untuk mengubah nama daripada File Explorer.

Kumpulkan file yang ingin di rename dalam folder yang sama. Pada folder tersebut lalu tekan tombol keyboard Shift + Klik kanan dan pilih Open command window here untuk membuka Command Prompt dengan sebagai Administrator.

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-command-prompt-1

Untuk mengubah satu file saja, kamu bisa menggunakan perintah ini:

ren namafile.jpg namabarufile.jpg

Untuk rename banyak file sekaligus, kita perlu menambah perintah menggunakan karakter wildcard. Misalnya, jika kamu memiliki sejumlah file yang memilki nama dengan urutan tertentu. Sebagai contoh saya memiliki beberapa file dengan nama document01.jpg, document02.jpg, document03.jpg, dan ingin mengganti angka “0” menjadi “1” maka saya akan menggunakan perintah ini untuk mengubah angka “0” saja:

ren document??.jpg document1?.jpg

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-command-prompt-2

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-command-prompt-3

Kamu juga dapat menghapus bagian dari nama file menggunakan perintah lain yang sedikit berbeda. Sebagai contoh kamu memiliki beberapa file dengan nama dokumen seperti “Januari-anggaran.xlsx”, “Februari-anggaran.xlsx”, “Maret-anggaran.xlsx”, dan seterusnya, kamu dapat menghapus bagian “-anggaran” dengan menggunakan perintah

ren ???-anggaran.xlsx ???.xlsx

Terakhir kamu juga dapat mengubah nama jenis file itu sendiri menggunakan perintah batch rename. Misalnya, jika kamu memiliki beberapa file .txt dan ingin mengubah semua file tersebut menjadi .csv, kamu dapat menggunakan perintah ini:

ren *.txt *.csv

Karakter wildcard “*” menggantikan nama file, yang memungkinkan kamu untuk mengkonversi setiap jenis file yang diinginkan.

 

Cara rename banyak file sekaligus menggunakan PowerShell

Windows PowerShell menawarkan cara rename file dengan fleksibilitas lebih dari kedua cara sebelumnya, dan merupakan salah satu alat untuk rename paling powerfull yang ada pada Windows.

Buka Start menu dan cari “windows powershell“. Pilih opsi pertama (namanya windows powershell saja). Setelah terbuka, kamu harus menggunakan perintah cd + Path Folder untuk menavigasi ke direktori yang berisi file yang ingin dirubah namanya, seperti contoh dibawah:

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-powershell-1

Sekarang kita dapat mengubah nama bagian dari nama file. Misalnya, jika kita ingin mengubah garis bawah “_” menjadi tanda minus “-“, kita dapat menggunakan perintah ini:

Dir | Rename-Item –NewName { $_.name –replace "_","-" }

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-powershell-2

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-powershell-3

Cara ini bekerja sangat baik untuk file gambar yang baru saja di ambil dari kamera digital. Lalu kamu juga dapat mencoba perintah dibawah untuk mengubah bagian nama:

Dir | Rename-Item –NewName { $_.name –replace "DSG","SoftwareGratis" }

Di mana DSG adalah bagian dari nama file asli digantikan oleh SoftwareGratis

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-powershell-4

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-powershell-5

Dikarenakan PowerShell adalah salah satu alat yang paling kuat yang tersedia saat ini, kita dapat menggunakannya untuk mengubah nama file di seluruh direktori.

Jika kamu memiliki folder yang berisi beberapa file dengan teks tertentu misalnya “pengeluaran-bulanan”, perintah PowerShell dapat mengubah setiap nama file dalam direktori.

Pertama kamu harus menavigasi ke folder yang berisi file menggunakan perintah cd, lalu kamu bisa menggunakan perintah ini:

Get-ChildItem -Filter "*bulanan*" -Recurse | Rename-Item -NewName {$_.name -replace 'bulanan','tahunan' }

Perintah diatas akan mengubah setiap nama file yang mengandung “bulanan” menjadi “tahunan” dan perintah akan berlaku untuk setiap file yang masuk kriteria.

Jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut, kamu selalu dapat melihat contoh PowerShell menggunakan perintah ini:

get-help Rename-Item –examples

Terakhir, parameter PowerShell yang berguna adalah -WhatIf. Parameter -WhatIf menjadikan perintah  dijalankan hanya pada mode Report Only, yang berarti kamu dapat memprediksi terlebih dahulu setiap perubahan sebelum benar-benar perintah rename (tanpa whatif) dijalankan. Sebagai contoh salah satu perintah yang sebelumnya digunakan akan seperti ini:

Get-ChildItem -Filter "*bulanan*" -Recurse | Rename-Item -NewName {$_.name -replace 'bulanan','tahunan' } –WhatIf

 

Cara rename banyak file sekaligus menggunakan Aplikasi

Jika opsi pada File Explorer tidak bisa memenuhi apa yang kamu butuhkan, tetapi kamu tidak ingin bermain-main dengan Command Prompt dan powershell yang rumit, ada beberapa aplikasi untuk rename banyak file sekaligus yang bagus dan layak untuk kamu coba.

Salah satunya adalah Bulk Rename Utility . Tampilanya sedikit rumit dikarenakan banyaknya pilihan yang tersedia untuk pengguna command-line. Tetapi tidak akan memakan banyak waktu untuk belajar menggunakan aplikasi ini.

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-bulk-rename-utility

Kamu dapat menggunakanBulk Renaming Tool untuk mengubah nama file, menambah atau menghapus angka dan huruf, mengganti ekstensi, dan mengubah nama file berdasarkan data EXIF atau ID3.

Aplikasi lainnya yang sangat baik adalah AdvancedRenamer, dan memiliki UI jauh lebih sederhana. Kamu dapat memilih dari sejumlah “metode” dan melihat prediksi perubahan sebelum melakukan benar-benar melakukan perubahan.

cara-rename-banyak-file-sekaligus-menggunakan-advancedrenamer

Metode dapat dikonfigurasi, sehingga aplikasi ini bisa menjadi alat yang sederhana atau sebagai alat yang cukup komprehensif tergantung kebutuhan, ditambah file kamu dapat disalin atau dipindahkan ke lokasi baru setelah proses rename berjalan.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *