Octav, Aplikasi Analisis dan Komputasi Numerik Alternatif MATLAB

MATLAB telah menjadi salah aplikasi yang paling hebat untuk menganalisis hampir semua jenis data, seperti spreadsheet, MATLAB dapat membuat plot data. Sayangnya, Aplikasi ini memiliki batasan yaitu harganya yang mahal.

MATLAB melakukan pekerjaan dengan sangat baik dan memiliki support yang aktif, dan kita semua tahu bahwa hal ini tidak bisa lepas dari dukungan uang yang cukup agar tetap bisa berjalan.

Untuk spreadsheet kami memiliki beberapa pilihan gratis yang benar-benar baik seperti Libre Office. Tapi bagaimana dengan aplikasi untuk desain-nya?.

Aplikasi desain berbasis GNU memang bisa digunakan namun cenderung agak “kasar” dalam banyak kasus, hal sama terjadi pada beberapa aplikasi GNU alternatif MATLAB.

GNU Octave adalah aplikasi yang hampir mendekati kemamppuan MATLAB, dengan sintaks bahasa yang sama, dll. Bahkan banyak script dasar MATLAB akan berjalan tanpa masalah di Octave.

octav-aplikasi-analisis-dan-komputasi-numerik-alternatif-matlab

GUI Octave memiliki “window” yang sangat bermanfaat seperti “variable watch window” dan “break point debugging” dengan dukungan untuk “step into” dan “step over” seperti halnya pada Visual Studio.

Untuk analisis data vektoralisasi dasar, GNU Octave menjadi salah satu yang layak untuk dipertimbangkan, dan dengan 100% kompatibilitas script MATLAB, Octave dapat diandalkan bagi mereka yang ingin dengan cepat melakukan analisis data di lab.

Link Download Octave

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *