Cara Mengamankan Jaringan WiFi dari Hacker

cara-mengamankan-jaringan-wifi-dari-hacker

Jaringan nirkabel (Wi-Fi) telah membuat begitu mudah bagi siapa saja untuk menggunakan internet di komputer, ponsel, tablet dan perangkat nirkabel lainnya di mana saja di rumah tanpa kekacauan kabel.

Dengan jaringan kabel tradisional, sangat sulit bagi seseorang untuk mencuri bandwidth anda tetapi masalah besar dengan jaringan nirkabel adalah bahwa orang lain dapat mengakses Internet menggunakan koneksi broadband anda bahkan ketika mereka berada di gedung tetangga atau duduk di dalam mobil yang diparkir di luar apartemen anda.

Praktek ini juga dikenal sebagai piggybacking. piggybacking akan meningkatkan tagihan internet bulanan anda terutama ketika anda harus membayar per byte transfer data.

Hal ini juga akan menurunkan kecepatan akses internet anda karena anda sekarang berbagi koneksi internet yang sama dengan pengguna lain. Hal ini juga dapat menjadi ancaman berbahaya dari segi keamanan dimana orang lain mungkin hack komputer anda dan mengakses file pribadi anda melalui jaringan nirkabel anda sendiri.

Ada beberapa kasus di mana pengguna Internet tidak bersalah telah ditangkap karena mengirim email kebencian dan pada kenyataannya, akun email mereka di hack dimana jaringan Wi-Fi yang mereka miliki di rumah tidaklah aman.

Wireshark merupakan aplikasi sniffing paket data untuk Linux, Mac dan Windows yang dapat memindai lalu lintas data pada jaringan nirkabel termasuk cookie dan bentuk dan permintaan HTTP lainnya.

Cara mengamankan jaringan wifi anda

Kabar baiknya adalah bahwa hal itu tidak terlalu sulit untuk membuat jaringan nirkabel anda aman dan mencegah orang lain mencuri internet anda dan juga akan mencegah hacker dari mengambil kendali dari komputer anda melalui jaringan nirkabel anda sendiri.

Berikut beberapa hal sederhana yang harus anda untuk mengamankan jaringan nirkabel anda:

Langkah 1. Buka halaman pengaturan router anda

Anda perlu tahu cara mengakses pengaturan router wifi anda. Biasanya anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan “192.168.1.1” di browser web anda, dan kemudian masukkan nama pengguna dan password router. Hal ini berbeda untuk setiap router, jadi periksa dulu manual router anda.

Anda juga dapat googling untuk mencari manual untuk mencari manual router secara online jika ternyata anda kehilangan buku manual router anda.

Langkah 2. Buat password yang unik untuk router anda

Setelah anda login ke router anda, hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengamankan jaringan anda adalah mengubah password default router menjadi sesuatu yang lebih aman.

Hal ini akan mencegah orang lain mengakses router dan anda dapat dengan mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang anda inginkan. Anda dapat mengubah password dari pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router anda. Untuk username dan password default ari router biasanya adalah admin / password.

Langkah 3. Ubah nama SSID Jaringan anda

SSID (atau Wireless Network Name) dari Wireless Router anda biasanya didefinisikan sebagai “default” atau ditetapkan sebagai nama merek dari router (misalnya, linksys).

Meskipun ini tidak akan membuat jaringan anda lebih aman, mengubah nama SSID jaringan anda adalah ide yang baik karena akan membuatnya lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung ke mana.

Pengaturan ini biasanya di bawah pengaturan wifi dasar dalam halaman pengaturan router anda. Dengan ini anda akan selalu yakin bahwa anda terhubung ke jaringan wifi yang benar bahkan jika ada beberapa jaringan wifi di daerah anda. Jangan menggunakan nama anda, alamat rumah atau informasi pribadi lainnya dalam nama SSID.

Wi-Fi scanning tool seperti inSSIDer (Windows) dan Kismet (Mac, Linux) memungkinkan orang untuk menemukan semua Jaringan Wireless yang tersedia di daerah bahkan jika nama SSID router tidak di broadcast sama sekali.

Langkah 4. Aktifkan Encryption Jaringan

Untuk mencegah komputer lain menggunakan koneksi internet anda, anda perlu untuk mengenkripsi sinyal wifi anda.

Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan wifi, termasuk WEP, WPA (WPA-Personal), dan WPA2 (Wi-Fi Protected Access versi 2).

WEP adalah enkripsi dasar dan oleh karena itu paling tidak aman (yaitu, dapat dengan mudah di crack, tapi ini kompatibel dengan berbagai perangkat termasuk perangkat keras yang lebih tua, sedangkan WPA2 adalah yang paling aman tapi hanya kompatibel dengan hardware diproduksi sejak tahun 2006.

Untuk mengaktifkan enkripsi pada jaringan wifi anda, buka pengaturan keamanan wifi pada halaman konfigurasi router anda. Jika anda memiliki perangkat tua, pilih WEP, jika tidak pilih WPA2.

Masukkan frasa password untuk mengakses jaringan, pastikan untuk mengatur ini untuk sesuatu yang akan sulit ditebak orang lain, dan pertimbangkan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus dalam password.

aircrack dan Cowpatty beberapa aplikasi gratis yang memungkinkan untuk bahkan non-hacker sekalipun mengcrack password WEP / WPA (PSK) menggunakan teknik dictionary atau brute force.

Sebuah video di YouTube menunjukkan bahwa aircrack dapat dengan mudah digunakan untuk memecahkan enkripsi WiFi menggunakan jail-broken iPhone atau iPod Touch.

Langkah 5. Gunakan Filter Mac Address

Apakah anda memiliki laptop atau ponsel dengan Wi-Fi yang diaktifkan, semua perangkat wifi anda memiliki Mac Address yang unik (ini tidak ada hubungannya dengan Apple Mac) seperti setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP yang unik.

Untuk perlindungan tambahan, anda dapat menambahkan Mac Address dari semua perangkat anda untuk pengaturan router wifi anda sehingga hanya perangkat yang telah ditentukan dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi anda.

Untuk mengaktifkan penyaringan Mac Address, pertama membuat daftar semua perangkat keras anda yang ingin anda terhubung ke jaringan wifi anda. Cari Mac Address mereka, dan kemudian tambahkan ke Filter Mac Address dalam pengaturan administrasi router anda.

Anda dapat menemukan Mac Address untuk komputer anda dengan membuka Command Prompt dan mengetikkan “ipconfig / all”, yang akan menampilkan Mac Address anda di samping nama “Physical Address”. Anda dapat menemukan Mac Address ponsel Wireless dan perangkat portable lainnya berdasarkan “network settings”, meskipun ini akan bervariasi untuk setiap perangkat.

* Seseorang dapat mengubah Mac Address dari komputer nya sendiri dan dapat dengan mudah terhubung ke jaringan anda sejak jaringan anda memungkinkan koneksi dari perangkat yang memiliki Mac Address tertentu. Siapapun dapat menentukan Mac Address dari perangkat wifi anda menggunakan aplikasi sniffing seperti Nmap dan kemudian ia dapat mengubah Mac Address dari komputer sendiri menggunakan perangkat gratis lain seperti MAC Shift.

Langkah 6. Mengurangi Range dari Signal WiFi

Jika router wifi anda memiliki jangkauan yang tinggi tetapi anda tinggal di sebuah apartemen studio kecil, anda dapat mempertimbangkan mengurangi jangkauan sinyal dengan baik mengubah modus dari router anda untuk 802.11g (bukan 802.11n atau 802.11b) atau menggunakan chanel wifi yang berbeda.

Anda juga dapat mencoba menempatkan router di bawah tempat tidur, di dalam kotak sepatu atau membungkusnya dengan foil di sekitar antena router sehingga anda dapat membatasi arah sinyal.

Gunakan Cat Anti-Wi-Fi. Para peneliti telah mengembangkan cat khusus untuk Wi-Fi yang dapat membantu anda menghentikan tetangga dari mengakses jaringan rumah anda tanpa anda harus mengatur enkripsi di tingkat router.

Blocking paint mengandung bahan kimia yang memblok sinyal radio dengan menyerap mereka. “Dengan lapisan di seluruh ruangan, sinyal Wi-Fi tidak bisa masuk dan tidak bisa keluar.”

Langkah 7. Upgrade firmware Router anda

Anda harus memeriksa situs produsen sesekali untuk memastikan bahwa router anda menjalankan firmware terbaru. Anda dapat menemukan versi firmware yang ada router anda mengajses dashboard router.

Author:

1 Komentar

  1. Serba Cara mengatakan:

    Okay, thanks sudah berbagi.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *