10 Aplikasi Alternatif Terbaik untuk Mengelola Foto

Aplikasi manajemen (pengelolaan) foto memungkinkan kamu untuk mengatur setiap momen dan kenangan dalam hidup kamu dalam album secara cerdas dan efisien.

Dalam posting ini, kami akan menampilkan aplikasi untuk mengelola foto alternatif terbaik untuk desktop/PC yang akan membantu kamu untuk melihat, mengelola metadata dan melakukan lebih banyak lagi pada gmbar atau foto kamu.

Aplikasi untuk mengelola gambar bukanlah hal yang baru, namun di masa lalu aplikasi jenis ini hanya menawarkan fitur yang bersifat “fiksi”. Misalnya “Smart Album” yanga akan mengatur foto kamu secara otomatis, “Remote Albums” untuk pencarian foto di jaringan, dan “Search Photos” untuk melakukan pencarian foto.

Aplikasi untuk mengelola foto standar bawaan OS

 

Photos untuk OS X


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-photos

Photos adalah aplikasi untuk mengelola foto intuitif dan galeri untuk semua perangkat Apple termasuk iPhone. Sebagai pengganti dari iPhotos, Photos menjadi sebuah aplikasi manajemen foto yang mendukung sinkronisasi dengan penyimpanan cloud untuk mengatur library digital kamu di satu tempat dengan mudah.

Photos juga menawarkan berbagai fitur untuk manipulasi gambar seperti untuk menambahkan filter, menyesuaikan detail, dan melakukan editing langusng dari app.

Kelebihan:

  • Menawarkan fitur “Smart Sliders” untuk pengeditan foto layaknya proses editing oleh profesional bahkan jika kamu seorang pemula
  • Memungkinkan kamu melihat foto berdasarkan momen, koleksi, tahun dan lainya
  • Memungkinkan berbagi foto melalui iCloud Photo Sharing dan AirDrop

Kekurangan:

Photos mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan untuk pengguna ahli dimana membutuhkan banyak fitur yang lebih banyak seperti impor dan ekspor foto, membuat kolase, remote albums, perlindungan foto dan dukungan untuk penyimpanan pada cloud pihak ketiga seperti Dropbox, Google Drive, dll.

 

Photo Gallery untuk Windows


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-photo-gallery

 

Photo Gallery termasuk dalam paket Windows Essentials 2012 dimana merupakan paket penting aplikasi editing untuk pengelolaan foto.

Aplikasi gratis ini membawa lebih banyak fitur dan memungkinkan mengimpor foto dari kamera dan perangkat lainnya, tagging dan pencarian gambar, membuat dan melihat slideshow dan banyak lagi. Bahkan Photo Gallery menawarkan berbagai image editing dan fitur penyesuaian foto otomatis.

Kelebihan:

  • Memungkinkan pengeditan banyak foto sekaligus
  • Memungkinkan kamu membuat kolase, panorama dan fuse
  • Menawarkan dukungan untuk 10 format gambar & video populer
  • Memungkinkan berbagi foto dan video ke Facebook, YouTube, blog, dan lainnya

Kekurangan:

Photo Gallery tidak akan memuaskan pengguna ahli. Beberapa fitur yang hilang adalah “Smart Album“,”Remote Album“, editing foto yang lebih kuat, dan dukungan untuk penyimpanan cloud pihak ketiga, dll.

 

Shotwell untuk Linux


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-shotwell

Shotwell adalah manajer foto dan editor untuk desktop GNOME yang mendukung berbagai distro Linux. Meskipun aplikasi ini merupakan aplikasi open source, namun memiliki banyak fitur untuk pengelolaan gambar seperti pengelompokan dan penandaan, pencarian, tagging dan rating pada gambar, juga fitur pengeditan seperti transformasi gambar, penyesuaian warna, dll.

Kelebihan:

  • Menawarkan fungsionalitas dinamis dan dapat diperluas fiturnya dengan penambahan plugin
  • Mendukung lebih dari 15 format file gambar, codec dan video container
  • Memungkinkan pembuatan slideshow dan penerbitan foto di jaringan

Kekurangan:

Meskipun menawarkan beberapa fitur canggih seperti posting gambar online, Shotwell tidak memiliki beberapa kemampuan untuk pengelolaan gambar yang berguna seperti yang dimiliki oleh aplikasi alternatif yang aakan dijelaskan dibawah.

 

10 aplikasi alternatif terbaik untuk manajemen foto

 

Adobe Bridge CC


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-adobe-bridge-cc

Adobe Bridge CC merupakan aplikasi untuk mengelola aset dengan dukungan banyak bahasa yang memungkinkan kemudahan akses dalam pengelolaan aset digital.

Aplikasi ini memungkinkan untuk melihat (preview) file PSDS bahkan bila kamu tidak mengisntal Photoshop. Adobe Bridge CC memungkinkan kamu membuat metadata dan thumbnail, impor foto dari ponsel atau kamera, menyesuaikan pengaturan warna, proses foto, pencarian, filter & mengurutkan gambar juga banyak fitur lainya.

Kelebihan:

  • Mendukung gambar panorama dan HDR
  • Memungkinkan pengeditan beberapa gambar dalam mode batch yang fleksibel
  • Memungkinkan kamu mengatur aset pribadi maupun tim di satu tempat
  • Mendukung berbagai format file foto, video dan dokumen file (PSD, PDF, dan lainya)

Kekurangan:

Adobe Bridge CC membawa berbagai aplikasi produktif, namun aplikasi-aplikasi tersebut itu tidak bisa menyamai kemampuan aplikasi khusus untuk edit foto.

Link Download

 

JetPhoto Studio


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-jetphoto-studio

JetPhoto Studio adalah aplikasi studio foto dengan fitur yang banyak. Aplikasi dual-platform unutk mengelola foto kamu dalam album dan bahkan memungkinkan kamu langsung mempublikasikan foto secara online di Flickr.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengelola dan mengedit video yang terpisah dari untuk pengeloaan gambar. JetPhoto Studio juga memiliki kemampuan untuk editing seperti transformasi, editing metadata, dll.

Kelebihan:

  • Memungkinkan kamu membuat flash dan web galeri foto
  • Memungkinkan geo-tagging (menggunakan GPS) dan menempatkan foto di Google Earth
  • Menawarkan photo map dan photo calendar agar pengelolan foto menjadi lebih menarik

Kekurangan:

JetPhoto Studio gratis hanya untuk penggunaan pribadi, sehingga profesional akan memerlukan lisensi perusahaan. Versi gratis ini menempatkan iklan di galeri flash dan hanya mendukung sejumlah format & fitur dibandingkan dengan versi berbayar atau alternatif lain di sini.

Link Download

 

Phototheca


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-phototheca

Phototheca merupakan aplikasi untuk mengelola foto yang luar biasa, dimana memungkinkan kamu untuk melihat, mencari, membuat struktur dan mengatur foto digital.

Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat grup foto di album, momen, live albums dan smart albums. Phototheca juga memiliki fitur editing untuk touch-up gambar, mengedit metadata, pencarian foto, menemukan file duplikat dan melakukan lebih banyak lagi.

Kelebihan:

  • Memungkinkan pengamanan pada foto dengan password
  • Menawarkan berbagai pilihan penelusuran seperti berdasarkan tanggal dan waktu
  • Memungkinkan kamu mengimpor foto dari berbagai sumber termasuk drive pada jaringan

Kekurangan:

Phototheca menawarkan banyak fitur untuk mengelola gambar tapi kurang untuk fitur editing gambar.

Link Download

 

XnView MP


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-xnview-mp

XnView MP menawarkan media browser, viewer foto, dan konverter gambar dalam satu paket. XnView MP menawarkan banyak fitur untuk mengelola dan optimasi foto seperti transformasi gambar dan aplikasi editing, editing metadata, print module, pencarian file duplikat dan aplikasi pengelolaan banyak file sekaligus.

XnView MP dapat diinstal pada Windows, Mac OS dan Linux.

Kelebihan:

  • Mendukung 500+ format file gambar
  • Menawarkan beberapa tampilan seperti thumbnail, filmstrip, slide, dll
  • MEmiliki fitur untuk ekspor gambar menjadi ke halaman web, strip gambar, form kontak, dll

Kekurangan:

Meskipun XnView MP merupakan aplikasi dengan paket premium, namun dalam paket aplikasi ini tidak terapat beberapa fitur canggih seperti “Smart Album” dan lainya. Selain itu XnView MP hanya gratis untuk penggunaan pribadi atau pendidikan dan organisasi nirlaba. Untuk penggunaan profesional memerlukan sebuah lisensi (berbayar).

Link Download

 

StudioLine Photo Basic


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-studioline-photo-basic

StudioLine Photo Basic adalah paket aplikasi untuk mengelola gambar dengan fitur yang powerfull. Paket aplikasi ini memiliki pilihan yang luas mulai dari aplikasi editing gambar seperti transformasi, efek khusus, mixing warna, dll.

Juga StudioLine Photo Basic memiliki banyak fitur untuk mengelola gambar seperti pencarian cepat, sortir, mengedit metadata, impor dan ekspor, aplikasi khusus untuk print gambar dan banyak lagi.

Kelebihan:

  • Memungkinkan pemrosesan banyak file untuk membuat perubahan dengan mudah
  • Menawarkan pembuatan kalender dan kartu ucapan dari foto kamu
  • Memungkinkan kamu untuk membuat galeri web atau mengirim foto melalui email untuk share foto dengan mudah

Kekurangan:

StudioLine Photo Basic versi gratis mengharuskan kamu untuk mendaftar mendapatkan “key” gratis, yang mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Link Download

 

IrfanView


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-irfanview

IrfanView adalah editor dan preview foto yang sederhana namun juga sangat baik untuk digunakan sebagai aplikasi untuk mengatur dan optimasi gambar kamu.

IrfanView memungkinkan pembuatan thumbnail dan slideshow, mengedit metadata, mencari gambar dan banyak lagi. Selain itu, kamu dapat menambahkan efek dan sentuhan akhir untuk foto kamu hanya dengan beberapa klik.

Kelebihan:

  • Memungkinkan pemrosesan beberapa foto sekaligus
  • Mendukung 120+ format gambar dan audio/ video
  • Menawarkan dukungan plugin untuk fungsionalitas tambahan

Kekurangan:

IrfanView tidak menawarkan filter canggih atau aplikasi seperti “Remote Album” bagi pengguna ahli. Tampilan aplikasi aga sedikit membingungkan dimana pengguna harus melalui beberapa percobaan sebelum mendapati aplikasi atau filter yang tepat.

Link Download

 

PicaJet


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-picajet

PicaJet adalah organizer foto digital dengan fitur canggih. PicaJet akan mengkategorikan foto kamu secara otomatis menggunakan folder atau metadata. PicaJet juga memungkinkan kamu melihat foto dari jaringan.

Beberapa fitur baik yang ada pada PicaJet termasuk editing gambar, impor otomatis, melihat metadata, pencarian gambar, tampilan timeline, dukungan untuk skin/theme dan banyak lagi.

Kelebihan:

  • Mendukung 60+ format file gambar, audio dan video
  • Memungkinkan untuk menyembunyikan foto pribadi untuk keamanan
  • Memungkinkan kamu membuat slideshow dan galeri web gambar

Kekurangan:

PicaJet memiliki banyak fitur eye-catchy pada versi premium seperti editing gambar yang lebih baik, pengarsipan file secara offline (pada DVD), aplikasi pencarian yang kuat, perlindungan foto dengan password dan banyak lagi. Versi gratis tidak memiliki editing metadata.

Link Download

 

Zoner Photo Studio


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-zoner-photo-studio

Zoner Photo Studio merupakan foto manager dan editor untuk mengatur foto kamu. Zoner Photo Studio dapat mengimpor foto dari kamera.

Aplikasi ini membawa berbagai fitur untuk mengelola foto seperti rating, pelabelan dan tagging (tag lokasi), dll. Beberapa fitur editing termasuk aplikasi untuk transformasi gambar, utilitas untuk ekspor gambar, dll.

Kelebihan

  • Mendukung 55+ format gambar (bitmap + RAW) dan format video
  • Tampilan yang mirip Windows File Explorer
  • Menawarkan Zonerama (galeri foto secara online)

Kekurangan:

Edisi gratis tidak menawarkan banyak fitur dibandingkan dengan versi premium. Aplikasi ini juga tidak memiliki fitur canggih seperti “smart album” atau “live albums” seperti beberapa aplikasi lain yang terdapat pada artikel ini.

Link Download

 

Daminion


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-daminion

Daminion adalah solusi untuk pengelolaan aset digital dan penyimpanan gambar, video dan dokumen struktural. Meskipun tidak menawarkan “smart album” atau fitur sejenis, tetapi Daminion memungkinkan pengaturan file dalam folder, katalogisasi menggunakan multi-level tag, properti gambar dan lainnya.

Aplikasi ini juga menawarkan editing metadata, dan mengimpor file dari berbagai sumber, dll.

Daminion adalah aplikasi untuk mengelola aset digital murni tanpa kemampuan editing. Daminion memiliki edisi Server yang memungkinkan kamu untuk menggunakannya pada lingkungan jaringan sehingga banyak pengguna dapat mengakses katalog bersama sama dari beberapa komputer pada waktu yang bersamaan.

Daminion memiliki web-client sehingga kamu dapat mengaksesnya dari Mac, Windows, Tablet atau Smartphone.

Kelebihan:

  • Memungkinkan kamu mengekspor gambar & file
  • Mendukung 85+ format file gambar, audio / video dan dokumen
  • Memungkinkan pencarian gambar dan file lainnya

Kekurangan:

Daminion versi gratis hanya untuk pengguna rumahan atau penggunaan pribadi. Kamu akan membutuhkan aplikasi editing gambar untuk digunakan berdampingan dengan Daminion.

Link Download

 

FastStone Image Viewer


aplikasi-alternatif-terbaik-untuk-mengelola-foto-faststone

FastStone adalah browser, editor dan konverter foto yang tersedia sebagai paket 3-in-1. FastStone Image Viewer membawa berbagai fitur untuk pengelolaan gambar seperti penyortiran gambar ke album, editing metadata, membandingkan gambar, dll.

Aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur editing seperti fungsi transformasi, efek warna, efek khusus, teks & form, dll.

Kelebihan:

  • Dukungan untuk lebih dari 20 format file foto dan RAW
  • Menawarkan batch processing untuk pemrosesan banyak file sekaligus
  • Memungkinkan pembuatan slideshow, montages, dan form kontak

Kekurangan:

Tidak memiliki banyak fitur yang ditemukan di aplikasi lainnya. Selain itu hanya FastStone Image Viewer mendukung sedikit format gambar dibandingkan dengan Phototheca dan aplikasi-aplikasi lain untuk pengelolaan gambar.

Link Download

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *