Cara Convert PDF ke Epub

Ada perdebatan mengenai format file mana yang lebih baik antara PDF atau ePub. Beberapa orang berpendapat bahwa format PDF menghasilkan lebih sedikit ketegangan pada mata dan memberikan pengalaman yang lebih estetis karena menampilkan halaman sesuai dengan file aslinya, menghilangkan penyesuaian pada gambar, ukuran font, dan aspek halaman lainnya.

Namun beberapa orang lainya lebih suka fleksibilitas ePub yang memungkinkan untuk menyesuaikan ukuran teks dengan dimensi tablet atau layar ebook reader saat ini, namun tetap mempertahankan format dan tata letak aslinya.

Apapun pilihan kamu, beberapa perangkat menawarkan dukungan untuk ePub tapi tidak mendukung format file PDF. Dan ada sejumlah situasi di mana ePub merupakan format file pilihan. Maka dari itu, kami menawarkan panduan berikut tentang cara mengkonversi PDF ke ePub.

Konversi PDF ke ePub menggunakan Calibre [Windows, MacOS, Linux]

Aplikasi Open-source Calibre merupakan aplikasi besar ebook untuk Windows, MacOS, dan Linux, dimana aplikasi ini memiliki fitur konversi file. Berikut merupakan cara untuk konversi PDF ke ePUB.

1.Drag n drop” file PDF yang akan dikonversi ke Calibre, dan klik tombol “Convert E-books” di bagian atas layar. Tergantung pada versi Calibre yang kamu gunakan, tombol ini mungkin terlihat seperti dua panah yang memutar (mirip recycle bin) pada sebuah buku coklat.

cara-convert-pdf-ke-epub-convert-buttor

 

2. Pilih format file saat ini dan pilih format output yang kamu inginkan, pilih format Input dan format Output format pada menu drop-down yang terletak di sisi kiri dan kanan atas aplikasi.

cara-convert-pdf-ke-epub-convert

 

3. Pastikan data(informasi) pada form data yang ada disbelah kana sudah benar, klik OK, dan tunggu sampsi proses konversi selesai. Setelah selesai, kamu akan dapat menempatkan file pada ebook reader kamu!

cara-convert-pdf-ke-epub-form-data

Online-Convert.com [aplikasi web]

Convert online merupakan salah satu aplikasi berbasis web yang baik dimana kamu dapat menggunakannya untuk mengkonversi berbagai jenis file. Selain mengkonversi PDF ke ePub, kamu juga dapat mengkonversi file DOCX ke DOC.

Cara konversi PDF ke ePUB di Online-Convert.com

1. Buka halaman khusus untuk convert epub disini.

cara-convert-pdf-ke-epub-onlineconverter

 

2. Klik tombil “Choose File” untuk memilih file PDF yang ingin di convert.

Kamu juga bisa memilih file yang ada pada penyimpanan cloud kamu seperti Dropbox atau Google Drive. Atau, jika file PDF yang kamu convert terdapat diinternet kamu bisa emmasukan URL yang mengarah ke file PDF tersebut. Di sini, kamu juga dapat memasukkan informasi tambahan mengenai buku, seperti judul atau penulis.

3. Klik tombol “Convert File” dan tunggu sampai proses konversi aelesai. Setelah itu, kamu dapat mengakses file dari folder yang sudah dipilih.

 

Cara konversi PDF menggunakan ePUBator [Android]

ePUBator merupakan aplikasi Android yang memungkinkan kamu untuk mengkonversi file PDF langsung pada smartphone atau tablet. ePUBator sangat mudah untuk digunakan, dan sebuah solusi bagi mereka yang mencari aplikasi untuk mengkonversi file PDF di mana saja.

cara-convert-pdf-ke-epub-epubator

1. Download dan jalankan aplikasi ePUBator. Setelah itu, tekan tombol Convert PDF.

2. Cari folder pada smartphone atau tablet yang berisi PDF yang akan dikonversi. Setelah ditemukan, pilih file PDF yang ingin di convert.

3. Proses konversi akan dimulai secara otomatis. Setelah selesai, tekan tombol “Verify Epub” untuk mengkonfirmasi dan memastikan proses konversi berhasil.

File EPUB baru harusnya berada dalam folder yang sama dengan PDF asli. Kamu juga dapat menghentikan konversi untuk alasan apapun dengan menekan Stop selama proses konversi.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *