6 Layanan Email Alternatif Google Gmail

Gmail mungkin salah satu layanan email paling populer saat ini, tetapi ada banyak orang yang merasa bahwa gmail bukanlah yang terbaik.

Banyak pengguna yang mengeluhkan jendela penulisan email yang baru, karena mereka merasa layoutnya kurang ramah untuk pengguna dan banyak kesalahan yang terjadi. Jika kamu memiliki lebih dari satu akun email Google, kamu hanya dapat melihat satu akun pada satu waktu (dalam satu tab).

Selain itu juga tidak ada cara untuk mengimpor akun dari layanan lain ke Gmail. Kamu memang bisa mengakses lebih dari satu tab yang terbuka tetapi untuk akun email yang berbeda, dan ini kurang dari ideal.

Tapi yang paling penting Google melakukan scan pada tiap email yang dikirim dan diterima di akun kamu. Hal ini dilakukan agar para pengiklan dapat dengan baik menargetkan pengguna dan menampilkan iklan yang relevan meskipun dari sudut pandang pengguna Gmail, ini dianggap sebagai pelanggaran privasi.

Jika untuk alasan diatas atau alasan lain yang membuat kamu ingin menganti layanan email yang kamu gunakan dari Gmail/ Google atau hanya ingin mencoba sesuatu yang baru, berikut adalah 9 layanan email besar selain Gmail untuk kamu coba.

 

Zoho

Zoho adalah layanan email hosting gratis dan bebas iklan yang bekerja dengan domain kamu sendiri. Dengan paket gratisnya (lite) kamu dapat host satu domain dengan 5 pengguna (ruang yang diberikan sebesar 5GB untuk masing-masing user) dan 3 group. Jika kamu ingin host beberapa domain, kamu harus melakukan upgrade.

Kabar baiknya, Zoho dapat bekerja pada perangkat mobile yang mendukung POP dan IMAP, atau melalui situs mobile. Ditambah Zoho juga bekerja dengan baik pada klien email eksternal (menggunakan POP dan IMAP). Meskipun kamu dapat mengambil email dari akun email lainnya di Zoho Mail, saat ini akses POP adalah satu-satunya metode yang bisa dipakai(tidak mendukung IMAP).

 

Mail.com

Mail.com adalah layanan email gratis yang memungkinkan kamu memilih dari lebih dari 200 domain. Kamu dapat memilih domain yang berkaitan dengan profesi kamu (contoh @graphic-designer.com), hobi kamu (contoh @petlover.com), teknologi (@techie.com) dll.

Mail.com juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan email tanpa batas, filter spam, antivirus, integrasi kalender, mail collector, layanan mobile dan dukungan 50MB untuk lampiran(attachment).

Mail Collector adalah fitur yang memungkinkan kamu mengirim dan menerima pesan dari semua layanan email eksternal kamu (melalui akses POP) dari dalam akun Mail.com kamu dimana Mendukung Gmail, Hotmail dan Yahoo.

 

Outlook.com

Outlook.com yang merupakan pengganti Hotmail, juga menyertakan Office Web Apps dan OneDrive, jadi jika kamu seorang fanboy Microsoft, kamu akan menyukainya. Kamu dapat mengimpor email dari Outlook Express, Windows Mail atau Windows Live Mail. Ditambah kamu dapat menggunakan Outlook.com untuk mengirim dan menerima email dari akun email kamu yang lain (melalui akses POP).

Outlook.com menawarkan penyimpanan yang hampir tak terbatas yang secara otomatis akan meningkat bila diperlukan.

Outlook.com juga terintegrasi dengan baik dengan jejaring sosial populer. Kamu dapat mengimpor kontak kamu dari Facebook untuk akses mudah dan untuk chatting dengan fitur Messaging. Dan kamu juga dapat melihat teman “update” kamu, akses dan mempublikasikan foto, video, dan status di Facebook dari Outlook.com.

 

GMX

GMX merupakan pemilik Mail.com, sehingga dapat diprediksi hampir semua fiturnya mirip seperti mail.com yang mana fiturnya termasuk Mail Collector, penyimpanan email tanpa batas dan dukungan 50MB untuk attachment.

Yang membedakanya adalah kamu hanya dapat menggunakan domain @gmx.com, tapi dengan GMX kamu bisa menambahkan widget pada halaman depan untuk akses cepat ke Facebook, Twitter, dan banyak lagi langsung dari akun email kamu. Jika kamu perlu untuk mentransfer file yang lebih besar, kamu dapat menggunakan fitur FileStorage yang aman dari GMX.

GMX juga menggunakan modul anti-spam yang canggih untuk membantu memblok email yang tidak diinginkan dan akan memindai virus dan trojan pada pada tiap email yang masuk. Ada beberapa sistem backup yang berbeda yang dapat digunakan untuk mengamankan data dengan tambahan 2GB untuk menyimpan dokumen, gambar dan video kamu.

 

Yandex

Yandex memberikan alamat email @yandex.com secara gratis dengan dukungan ruang penyimpanan 3GB pada Yandex Disk (google drive-nya Yandex).

Kamu bisa mendapatkan tambahan ruang sebesar 7GB lebih jika kamu melakukan beberapa langkah sederhana seperti menginstal program Windows, meng-upload file, atau memberitahu teman tentang layanan Yandex. Yandex sangat populer di Rusia tetapi tetap memiliki dukungan 9 bahasa lainnya termasuk bahasa Inggris.

Tidak seperti layanan email lainya, Yandex memungkinkan kamu mengimpor email kamu menggunakan POP atau IMAP. Kamu juga dapat mengaktifkan fitur tugas, dan RSS sehingga kamu dapat membaca RSS feed dari halaman email yandex. Yandex juga tersedia untuk platform iOS dan Android atau sebagai versi mobile dari situsnya.

 

Yahoo Mail

Banyak orang mungkin menghindari Yahoo Mail yang mereka anggap cukup mengerikan. Walaupun begitu tidak dapat dipungkiri Yahoo mail telah hadir untuk waktu yang sudah cukup lama!

Yahoo Mail dapat diakses di komputer, pada kebanyakan klien email yang mendukung POP, dan pada perangkat mobile (iPhone, Android, Windows). Batas penyimpanan kinit telah ditingkatkan menjadi tanpa batas dan kamu dapat mengimpor kontak kamu dari Facebook, Outlook, Gmail, dan banyak lainya.

Perlindungan Spam di Yahoo mail telah ditingkatkan, bersamaan dengan diimplementasikanya enkripsi SSL.

Jadi sekarang kamu sudah mengetahui bahwa terdapat banyak layanan email gratis lain selain Gmail, mana yang akan kamu pilih? Apa kamu punya layanan email lainya yang layak untuk ditambahkan dalam daftar ini? beri kami masukan pada kolom komentar dibawah.

Pranala luar:

Zoho.com

Mail.com

Outlook.com

Gmx.com

Yandex.com

Yahoo.com

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.