Aplikasi Simulasi Fisika Gratis untuk PC: Physion

Aplikasi Simulasi Fisika Gratis untuk PC Physion

Physion merupakan aplikasi simulasi 2D Fisika gratis untuk PC Windows dan Linux. Physion dapat digunakan untuk membuat berbagai simulasi fisika interaktif dan eksperimen dalam pembelajaran pendidikan.

Para Guru mungkin akan merasa aplikasi ini sangat berguna karena dapat digunakan sebagai laboratorium fisika virtual yang mana mereka dapat menunjukkan beberapa konsep fisika dasar di dalam kelas.

Dengan Physion kamu dapat membuat berbagai objek fisik pada sebuah adegan simulasi, misalnya membuat lingkaran, persegi panjang, poligon, roda gigi, rantai, tali, balon dan banyak objek fisika lainnya.

Kamu juga dapat menghubungkan objek-objek menggunakan pegas, katrol, paku dan berbagai jenis objek sambungan lainya. Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat berbagai adegan/ skenario seputar percobaan pendidikan sederhana untuk struktur dan mekanisme yang kompleks.

Selain dapat menampilkan adegan simulasi yang sudah ada atau menyimpan adegan simulasi yang dibuat, Physion juga mendukung proses upload/ download adegan simulasi dari dan ke sebuah pusat repositori(tempat pemyimpanan terpusat). Setelah adegan yang menarik selesai dibuat, pengguna dapat meng-upload ke repositori ini dan akan segera tersedia untuk di-download untuk semua pengguna lain yang menggunakan Physion.

Physion juga mendukung scripting dengan Javascript yang berarti bahwa pengguna dapat menulis kode mereka sendiri dan mengeksekusi simulasi memanfaattkan scripting engine Physion. Sebagian besar tindakan yang dapat dilakukan pada tampilan pengguna aplikasi ini memiliki perintah seperti javascript. Dengan cara Physion bekerja seperti itu maka tidak mengherankan apabila aplikasi ini juga dapat bertindak sebagai platform yang menyenangkan dan ramah untuk pengenalan konsep dasar pemrograman.

Physion mungkin sangat berguna untuk para pengembang game karena mereka dapat menggunakannya sebagai editor sederhana sebagai platform game mereka.

Aplikasi ini telah diterjemahkan ke dalam 7 bahasa (Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, Spanyol Yunani, dan Rusia) dan tersedia untuk Windows dan Linux (32 dan 64bit)

Link Download Aplikasi Fisika Physion

Link Tutorial

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.