5 Aplikasi Gratis Monitoring Penggunaan Bandwidth Internet

Koneksi internet rumahan saat ini hadir dengan paket kuota bandwidth yang banyak dimana cukup untuk kamu gunakan dalam satu bulan. Tapi suatu ketika kamu mungkin tidak dapat menghindari ketika penggunaan bandwidth internet kamu melebihi kuota.

Dan ketika itu terjadi penyedia internet yang kamu gunakan mungkin mengenakan biaya premium (bukan harga paket), atau memperlambat kecepatan kamu ke kecepatan setingkat dial-up. Jika kamu tidak ingin ini terjadi, maka kamu harus memantau penggunaan internet kamu.

Berikut adalah 5 aplikasi gratis untuk Windows PC untuk membantu kkamu memantau penggunaan bandwidth internet kamu.

Aplikasi-aplikasi pada daftar ini sangat disarankan bagi para pelajar yang mempunyai anggaran terbatass, atau ketika belajar di luar negeri dan memiliki paket mobile broadband dengan bandwidth terbatas.

Paket internet broadband biasanya memiliki kuota yang meliputi bandwidth upload dan download dan kami telah menguji kelima ini untuk melihat bagaimana mereka menghitung tarif pemakaian internet.

 

NetWorx

Setelah kamu menginstal NetWorx, aplikasi ini akan melacak semua penggunaan Internet kamu dengan ikon pada taskbar. Kamu dapat mengklik dan menjalankan aplikasi untuk melihat grafik penggunaan setiap harian.

Hal yang sangat bai dari NetWorx adalah kemampuannya untuk menetapkan kuota harian, mingguan atau bulanan untuk monotoring bandwidth upload atau download atau keduanya.

Kamu juga dapat mengaktifkan fitur “peak usage” yang berguna untuk memberi peringatan apabila pemakaian bandwidth internet kamu hampir mencapai batas/ akan habis dimana hal ini juga biasanya dilakukan oleh penyedia internet.

Link Download

 

BitMeter 2

Aplikasi ini dilengkapi dengan widget desktop grafik meter kecepatan download dan upload internet kamu. Mirip dengan NetWorx, kamu dapat menambahkan batasan kuota yang mana pada aplikasi ini dinakaman Pembatasan ISP.

Setelah ditetapkan, ketika pengguna bandwidth internet kamu hamir mencapai batas BitMeter akan memberitahu kamu selama berapa hari. Kamu juga dapat melihat statistik penggunaan internet kamu yang dapat diurutkan berdasarkan jam, hari, dan bulan.

Link Download

 

NetSpeedMonitor

Aplikasi ini secara permanen akan berada pada taskbar untuk menunjukkan kecepatan upload dan download. Untuk mengaktifkannya, klik kanan pada taskbar dan di bawah Toolbars klik NetSpeedMonitor.

Selain menunjukkan kecepatan koneksi, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk monitoring penggunaan internet kamu sehari-hari.

Kamu dapat melihat penggunaan harian atau bulanan kamu, dan juga melihat aplikasi lain apa yang terhubung ke internet. Tidak seperti aplikasi monitoring lainnya, NetSpeedMonitor tidak memiliki pengingat batasan kuota internet.

Link Download

 

Cucusoft Net Guard

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat bersih yang mudah dimengerti. Setelah menginstal aplikasi ini, kamu harus memberikan alamat email untuk mendaftar sebagai cara untuk mendapatkan kode produk gratis.

Setelah itu, kamu dapat mulai menggunakanya untuk monitoring penggunaan internet kamu dan bahkan melihat aplikasi apa yang terhubung ke internet.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengatur kuota bulanan kamu dengan pengingat yang akan dikirim kepada kamu ketika akan mencapai batasan penggunaan bandwidth internet.

Link Download

 

ISP Monitor

ISP Monitor merupakan sebuah aplikasi ringan untuk monitoring penggunaan internet harian atau bulanan kamu. Terlebih dahulu kamu harus mengaturnya dengan mengubah pengaturan adaptor di bagian Settings > Traffic Monitor > Adapter untuk memilih antara koneksi kabel atau Wi-Fi. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, kamu tidak dapat mengatur pengingat kuota.

ISP Monitor Memiliki log yang mudah dibaca di mana kamu dapat langsung melihat penggunaan bandwidth upload dan download kamu.

Link Download

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *