11 Aplikasi Gratis Otomasi Perangkat Android

Satu hal yang banyak orang suka tentang Android adalah kebebasan dalam membuat penyesuaian dimana ini menjadi identitas dari sebuah perangkat lunak open source.

Banyak pengembang telah membuat aplikasi menakjubkan yang dapat membuat perangkat Android kamu melakukan hal-hal yang cerdas, termasuk mengotomatisasi tugas-tugas ringan dan berulang agar hidup kamu jauh lebih mudah.

Dalam posting kali ini kami menyertakan 10 aplikasi Android yang menyediakan cara pintas, konfigurasi, pemicu dan aturan yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari perangkat Android kamu.

Kamu dapat mengotomatisasi banyak hal pada perangkat kamu berdasarkan lokasi atau pemicu waktu. Selain itu, beberapa aplikasi ini memungkinkan kamu melakukan merekam panggilan, atau bahkan merekam aktifitas sentuhan pada layar.

Jika kamu mendapati bahwa mempersiapkan semua aturan sangatlah rumit, kamu tidak perlu khawatir, beberapa aplikasi bahkan mendukung untuk men-download pengaturan aturan yang sudah dibuat oleh pengguna lainnya dan kamu hanya perlu menerapkan aturan tersebut.

SkipLock

Jika kamu menganggap bahwa mengaktifkan kunci layar penting tetapi juga mengganggu, Skiplock mungkin menjadi solusi terbaik untuk kamu.

Skiplock dapat secara otomatis menonaktifkan lockscreen ketika perangkat android kamu berada pada jaringan WiFi tertentu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk menonaktifkan lockscreen ketika kamu berada pada jaringan rumah WiFi kamu. Untuk mengaturnya, kamu hanya perlu menambahkan jaringan WiFi tertentu yang mana ketika kamu berada pada cakupan area wiFi tersebut, kamu ingin lockscreen dinonaktifkan.

Link Download

 

App Cache Cleaner

Setiap kamu install aplikasi secara perlahan akan mengambil lebih banyak ruang dari memori internal perangkat kamu. Sebagian besar disebabkan oleh cache dari data aplikasi yang disimpan memori perangkat kamu untuk memastikan kinerja perangkat lebih cepat setiap saat. Namun dalam jangka panjang, hal ini akhirnya memperlambat kinerja perangkat kamu.

App Cache Cleaner akan membersihkan cache kamu secara otomatis. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur otomatis ini di pengaturan aplikasi dimana kamu juga dapat mengatur kapan aplikasi boleh membersihkan cache, seperti setiap 6 menit atau setiap 7 hari.

Link Download

 

Velis Auto Brightness

Jika kamu berpikir layar perangkat kamu terlalu terang atau terlalu redup untuk mata kamu di lingkungan tertentu, kamu mungkin ingin mencoba aplikasi ini.

Velis Auto Brightness tidak hanya menggunakan aplikasi untuk menyesuaikan pengaturan kecerahan perangkat kamu, namun juga dapat secara otomatis mengaturnya berdasarkan sensitivitas cahaya pada lingkungan sekitarnya. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengontrol pengaturan brightness pada tiap tingkatan cahaya.

Link Download

 

Automated Device

Ada beberapa hal yang mungkin kamu lakukan setiap hari, dan dengan pertimbangan kemudahan mungkin kamu ingin dapat mengotomatisasi beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan perangkat Android kamu.

Automated Device dapat membantu kamu melakukanya. Sebagai contoh kamu ingin bepergian bersama-sama teman dan ingin mereka tahu kapan harus siap-siap ketika kamu sudah datang untuk menjemput, dan dengan aplikasi ini kamu dapat mengotomatisasi perangkat Android kamu untuk mengirim pesan teks kepada teman kamu ketika kamu mencapai lokasi tertentu atau sudah dekat dengan lokasi penjemputan.

Link Download

 

Call Recorder

Apakah kamu tahu bahwa sekarang dapat merekam percakapan telepon hanya menggunakan sebuah aplikasi? Coba Call Recorder sebuah aplikasi yang dapat secara otomatis merekam percakapan telepon pada smartphone kamu.

Kamu dapat mengirim rekaman telepon kamu ke email kamu atau menghapus rekaman yang tidak penting untuk menghemat ruang di ponsel kamu. Atau, kamu dapat menandai rekaman penting agar tidak dihapus secara otomatis.

Link Download

 

MacroDroid

MacroDroid memungkinkan kamu untuk membuat makro kustom untuk mengotomatisasi tugas pada perangkat Android kamu. Kamu dapat menggunakannya untuk mematikan bluetooth, mengaktifkan mode “diam” telepon kamu, menonaktifkan internet ketika kamu berada di kantor, rumah atau di luar.

Kamu bahkan dapat mengaturnya untuk membaca pesan teks untuk kamu atau membuat upload foto otomatis ke jaringan sosial favorit kamu hanya dengan menggoyangkan ponsel kamu. Ada juga bagian bagian di mana kamu dapat menggunakan macro siap pakai dan bukan menciptakannya sendiri.

Link Download

 

Llama

Dengan Llama, kamu dapat memicu tindakan pada perangkat ketika kamu berada di lokasi tertentu. Llama menggunakan BTS untuk mendeteksi lokasi smartphone kamu.

Kamu dapat memicu headset bluetooth untuk terhubung dengan ponsel kamu ketika kamu berada di luar rumah untuk lari pagi, atau memicu reminder untuk mengambil/ membeli makanan saat kamu sedang berada dilokasi dekat toko favorit kamu.

Link Download

 

RepetiTouch

RepetitTouch memungkinkan kamu merekam aktifitas sentuhan pada layar (sentuhan yang terjadi pada perangkat kamu dan saat itu rekaman akan aktif).

Kamu kemudian dapat memutar ulang aktifitas sentuhan kamu yang telah direkam sebelumnya untuk melakukan tindakan berulang-ulang atau rumit secara otomatis. Versi gratisnya memiliki batasan 10 menit waktu perekaman. Aplikasi ini membutuhkan akses “root”.

Link Download

 

AutomateIt

Buat atau download aturan untuk mengotomatisasi perangkat kamu agar menjalankan tugas-tugas tertentu. Automateit memungkinkan kamu mengatur pemicu yang berasal dari aktifitas, waktu atau lokasi yang nantinya akan menampilkan notifikasi, menjalankan homescreen dll.

Jika kamu tidak mengerti dengan menetapkan aturan, aplikasi ini dilengkapi dengan “Rules Market ” di mana kamu dapat men-download dan menggunakan aturan setup yang dibuat oleh pengguna AutomateIt lainya.

Link Download

 

IFTTT

IFTTT  singkatan dari if this, then that (jika ini, maka itu) merupakan layanan gratis yang sangat berguna dimana memungkinkan menghubungkan aplikasi, alat, dan perangkat yang terhubung ke Internet tanpa harus mengerti pemrograman apapun.

Kamu dapat memanfaatkan IFTTT   untuk mengotomatisasi tugas-tugas ringan seperti menyimpan foto otomatis kegoogle drive setelah mempostingnya ke facebook, dan banyak lagi lainya. Kamu juga bisa menggunakan aturan populer yang dibuat pengguna lainya yang dinamakan recipe. 

IFTTT  mendukung beragam aplikasi, layanan, dan perangkat.

Link Download

 

Atooma

Jika kamu akrab dengan IFTTT, kamu akan mudah menggunakan Atooma. Atooma menggunakan peristiwa bersyarat melalui IF dan DO (Jika – Maka).

Dengan Atooma kamu dapat membuat pemicu dan tindakan yang akan dieksekusi apabila aturan pemicu terpenuhi/aktif. Sebagai contoh, “Jika” kamu sedang dalam keadaan mengemudi dan seseorang mengirim pesan “Maka” Aktifkan Text To Speech

Tampilan yang dikoordinasikan warna membuatnya lebih mudah untuk membuat aturan dan pemicu.

Link Download

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *