6 Custom ROM Terbaik Alternatif CyanogenMod

Apa kamu ingin beralih dari CyanogenMod? Pada posting kali ini kami akan membantu kamu memilih alternatif terbaik dari CyanogenMod, sebuah custom firmware alternatif yang pastinya akan kamu sukai untuk di instal pada ponsel kamu.

Tidak diragukan lagi CyanogenMod merupakan salah satu inovasi terbaik yang pernah ada di dunia Android. Namun perlu di catat juga bahwa CyanogenMod seperti firmware lain yang tetap memiliki beberapa kekurangan dimana harus terus dilakukan perbaikan di masa depan.

Hal inilah yang menjadi alasan untuk beberapa orang untuk meggantinya dengan custom firmware/ rom unggulan lainya.

Di sini kami memiliki daftar 6 alternatif terbaik dari CyanogenMod untuk membantu kamu membuat keputusan dan memilih firmware terbaik untuk perangkat kamu. Mari kita pelajari apa yang membuat mereka unik dan apa yang mereka tawarkan.

Slim ROM

custom-rom-terbaik-alternatif-cyanogenmod-slim-rom

Slim ROM merupakan pemain utama di pasar custom firmware. Slim ROM memiliki ukuran yang minimalis, tetapi tetap memiliki banyak fitur. Setiap rilis versi selalu diberi nama yang terkait nama versi Android tertentu, misalnya Slim ROM untuk KitKat dikenal sebagai SlimKat.

Tim pengembang dari Slim ROM selalu menambahkan hal baru yang mana belum ada pada versi Android saat itu dan biasanya fitur baru tersebut diadopsi juga oleh custom Firmwares lainnya di kemudian hari.

Salah satu kelebihan Slim ROM adalah bahwa tim pengembangnya selalu mencoba agar Slim ROM dapat mendukung sebagian besar perangkat Android populer. Hal ini memungkinkan orang yang memiliki perangkat lama untuk tetap bisa menggunakan custom firmware yang luar biasa stabil ini untuk perangkat mereka.

ROM Slim dilengkapi dengan fitur unik dan inovatif. Tim pengembang selalu melakukan hal-hal yang berbeda, dan mereka selalu bereksperimen dengan fitur dan aplikasi dari AOSP (Android Open Source Project) serta custom ROM lainnya, dan sebagian besar eksperimen ini berakhir dengan menciptakan sesuatu yang lebih baik.

Beberapa fitur Terkini antara lain Custom Quick Settings Tiles, Notification Reminder, SlimPIE, dan Slim Diale

Link Download

 

AOSB

custom-rom-terbaik-alternatif-cyanogenmod-aosb

AOSB atau disebut “Android Open Source Project” adalah proyek yang didedikasikan untuk memberikan sesuatu yang spesial pada pada perangkat Android kamu. AOSB merupakan sebuah sistem operasi Android yang cepat, sebuah custom firmware yang diklaim dapat melakukan boot up hanya dalam 2 detik dan shutdown atau reboot hanya 1 detik.

AOSB memang mengagumkan, ROM dengan banyak fitur, dimana terdapat banyak fitur unik yang diadaptasi dari berbagai custom firmware populer lainya.

Salah satu fitur terbaik dari AOSB adalah dukungan OTA, yang memungkinkan kamu memperbarui firmware secara on-the-air tanpa perlu flashing file ROM lagi. Fitur lain termasuk kontrol animasi, kustom progress bar, dll

AOSB memiliki banyak fitur dari Firmware populer. Fitur “Gesture Anywhere” dari OS Chameleon dapat digunakan untuk membuat gerakan kustom untuk menjalankan aplikasi dan cara pintas.

OmniSwitch dari OmniROM adalah switcher aplikasi yang dapat meningkatkan kemampuan multi-tasking kamu. Selain itu AOSB juga dilengkapi dengan HALO, Slim ROMs’ Dark UI, indikator baterai yang canggih, dukungan untuk Xposed framework, dll.

Link Download

 

MIUI

custom-rom-terbaik-alternatif-cyanogenmod-miui

MIUI merupakan Firmware Android yang dikembangkan oleh Xiaomi Tech, perusahaan di balik smartphone populer Mi. MIUI terlihat sangat berbeda dari AOSP untuk alasan yang baik, MIUI menyediakan tampilan yang lebih cepat, unik dan dapat disesuaikan, dimana hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman penggunaan smartphone yang sederhana dan smooth.

MIUI dikemas dengan banyak fitur privasi dan keamanan. Fitur MiCloud Messaging menawarkan pesan pribadi dan fitur pin aman untuk melindungi pesan pribadi kamu.

Fitur Anti-Spam akan melindungi kamu dari panggilan dan pesan yang tidak diinginkan, sementara Permission Manager menunjukkan rincian izin untuk setiap aplikasi pada Android kamu. Fitur tambahan termasuk anti-virus, finder, backup, dll

MIUI menjadikan custom Firmware ke tingkat yang berbeda dengan menyediakan ribuan tema, lockscreens dan berbagai MiSpaces. MiSpace adalah pengganti home screen standar, dimana ini membawa cara baru dalam berinteraksi dengan ponsel kamu.

Fitur yang mengesankan yang ada di MIUI antara lain lways-on alarm clock, toggles drop down bar, dan switcher aplikasi yang telah dirancang ulang.

Link Download

 

Paranoid Android

custom-rom-terbaik-alternatif-cyanogenmod-paranoid-android

Paranoid Android menawarkan pengalaman mobile yang penuh dengan kustomisasi, mulai dari dari mode tampilan sampai warna aplikasi dan tema. Paranoid Android menyediakan banyak fitur unik untuk benar-benar mengubah antarmuka perangkat Android kamu sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Kekuatan Paranoid Android terdapat pada fitur multi-tasking nya. Modus PIE pada Paranoid Android memberikan lebih banyak ruang untuk konten dengan menyembunyikan navigasi dan status bar pada quick button, dan swipe pada bawah layar akan menampilkan kembali navigasi.

Floating mode memungkinkan kamu untuk membuka versi yang lebih kecil dari aplikasi dari Apps Terbaru tanpa meninggalkan/ menutup aplikasi yang sedang berjalan.

Paranoid Android hadir dengan layout tampilan hasil campuran dari Phone, phablet dan tablet. Mode hybrid memungkinkan kamu mengatur setiap aplikasi untuk memiliki tata letak tablet pada ponsel kamu. Fitur lain termasuk privasi aplikasi, HALO, tema, dll

Link Download

 

OmniROM

custom-rom-terbaik-alternatif-cyanogenmod-omni-rom

Kamu akan mendapatkan fleksibilitas, inovasi, fitur baru dan kebebasan pada OmniROM. OmniROM merupakan proyek dari beberapa orang yang dreputasi pada komunitas XDA, yang mana mulai dikembangkan sebagai reaksi terhadap komersialisasi ROM populer CyanogenMod.

OmniROM adalah firmware kustom yang relatif baru di pasar. Meskipun begitu, OmniROM menawarkan fitur state-of-the-art. OmniSwitch memiliki switcher aplikasi yang lebih baik dengan dukungan untuk kontrol aplikasi dan favorit. OmniROM menyediakan “action button” untuk kontrol aplikasi seperti “kill all” dan “switch to last app”.

Link Download

 

Carbon Rom

custom-rom-terbaik-alternatif-cyanogenmod-carbon-rom

Carbon Rom merupakan custom firmware Android yang indah dan elegan, dimana mengutamakan tampilan yang bersih dan sederhana. Carbon Rom akan memberi kamu kontrol yang lebih luas pada pengaturan perangkat Android sesuai kebutuhan kamu, yang pada akhirnya hal ini akan membuat perangkat kamu sesuatu yang mencerminkan “style” kamu.

Carbon Rom memiliki Desain yang cemerlang juga dilengkapi dengan fitur yang intuitif dan berguna. Carbon Rom tidak menambahkan fitur yang tidak perlu dan memberikan pengalaman pengguna yang cepat dan responsif. Selain itu Carbon Rom menawarkan pilihan kinerja yang dapat dipilih untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja perangkat Android kamu.

Paket semua fitur pada Carbon Rom berada pada satu tempat yaitu “Carbon Fibres”. Carbon Fibres mengatur semua fitur ROM dengan tab yang dapat di scroll di bawah masing-masing kategori. Carbon Fibre mengintegrasikan engine Tema baru CM dan berbagai fitur menarik lainnya seperti HALO, PIE, active display, navigation bar, lockscreen options, quick settings, dark mode, dan banyak lagi lainya.

Link Download

 

Kesimpulan

Saya harap artikel ini membantu kamu menemukan custom firmware terbaik untuk perangkat kamu, sebuah ROM yang lebih baik dari CyanogenMod dan memberikan personalisasi dan pengalaman penggunaan smartphone Android yang lebih baik.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *