Cara Membaca Ebook .ePub di Chrome dan Firefox

ePub merupakan “open standard” format untuk ebook, format yang digunakan untuk menerbitkan buku elektronik, majalah juga surat kabar. Perbedaan antara format file ePub dengan file dukumen normal lainya adalah dukungan untuk memenuhi berbagai ukuran tampilan pada perangkat mobile yaitu tablet, smartphone dll.

Epup diciptakan untuk menjadi file dokumen yang fleksibel pada ukuran font dan tata letak teks, yang memungkinkan kamu untuk membaca materi yang sama pada setiap perangkat mobile yang mungkin kamu miliki.

Namun tidak selalu memungkinkan untuk membuka file dengan ekstensi *epub pada browser kamu, meskipun kamu dapat melakukannya dengan file *.pdf dan *.doc (dibuka dengan Google Docs).

Untuk membuka file dengan format *epub, kamu memerlukan aplikasi ebook-reader seperti yang tersedia di tablet seperti iPad, atau e-reader seperti Kindle atau Nook.

Dengan semakin banyak penerbit beralih dalam menerbitkan ebooks mereka menjadi versi epub, kamu mungkin berpikir bahwa satu-satunya cara untuk tetap bisa membaca kamu memerlukan sebuah sebuah e-reader atau tablet. Jika iya, jangan dulu terburu-buru melakukanya.

Dalam tips cepat ini, kami akan berbagi dengan kamu bagaimana dapat membuka file *epub pada browser kamu dengan EPUBReader untuk Firefox dan MagicScroll untuk Chrome. Ekstensi ini dibuat sebagai ebook reader minimalis yang akan memungkinkan kamu untuk mencari ebooks langsung dari kedua browser tersebut.

EPUBReader untuk Firefox

Jika kamu menggunakan Firefox, buka halaman ekstensi EPUBReader dan klik tombol hijau “Add to Firefox” untuk menginstal EPUBReader. Setelah instalasi selesai, kamu akan melihat tombol tambahan muncul di sudut kanan atas browser Firefox kamu, klik tombol tersebut untuk menjalankan EPUBReader.

Kamu akan diarahkan ke halaman pembaca kamu di mana kamu juga bisa menemukan banyak koleksi ebook gratis yang tersedia dari archive.org dan Gutenberg. Jika kamu ingin men-download ebook dengan ekstensi epub dari Internet, EPUBReader secara otomatis akan memuat ebook untuk kamu.

 

MagicScroll untuk Chrome

Untuk mulai membaca ebook dari browser Chrome kamu, pergi ke halaman ekstensi MagicScroll dan klik “Add to Chrome” untuk menginstalnya. Setelah terinstal kamu dapat membuka tab baru dan pergi ke alamat web ini: MagicScroll.net

Untuk membaca ebook, klik pada cover ebook yang tersedia dari perpustakaan kamu.

Dengan menggunakan MagicScroll pada Chrome membuat kamu merasa seperti membaca menggunakan e-reader. Ada 4 tombol menu yang tersedia di sudut kiri atas pada setiap halaman buku.

Menu tersebut akan membawa kamu ke halaman utama perpustakaan, daftar isi, pilihan untuk mengubah ukuran dan tema warna font serta pilihan untuk mendownload ebook secara lokal ke komputer kamu.

Kesimpulan

Dengan dua ekstensi untuk FireFox dan Chrome ini, sekarang kamu dapat membaca ebook dengan nyaman dari browser kamu bahkan ketika kamu sedang offline, dan tidak perlu untuk membeli perangkat tambahan seperti e-reader atau tablet, atau menginstal aplikasi tambahan untuk ebook.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *