Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar

Setiap akan terjadi pergantian tahun banyak dari kita mempunyai tujuan yang ingin dicapai pada tahun yang akan datang atau biasa orang menyebutnya resolusi tahun baru. Agar resolusi tahun baru kamu bisa terwujud kamu bisa memanfaatkan aplikasi kalender Google (Google calendar).

Dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa menemukan waktu yang tepat untuk menetapkan jadwal rutinitas untuk membantu kamu mencapai tujuan. Berikut adalah cara untuk mengatur rencana untuk mencapai tujuan pada aplikasi “Google Calendar”.

Aplikasi google calendar terinstal secara default pada perangkat Android. Jika kamu menggunakan iPad atau iPhone, kamu dapat menambahkan Gmail, kontak, dan kalender pada aplikasi built-in iOS, namun lebih baik kamu mendownload aplikasi kalender google resmi untuk mendapatkan semua fitur tambahan seperti reminders dan goal.

Tujuan dari fitur baru aplikasi kalender google yang dinamakan “Goal” ini adalah untuk membantu kamu menetapkan serangkaian jadwal rutinitas untuk mencapai tujuan dimana Google Calendar akan secara otomatis menemukan waktu tang tepat di kalender berdasarkan kriteria yang ditetapkan.

Dan jika kamu menambahkan acara/ jadwal yang persis bersamaan waktunya pada kalender kamu, Google secara otomatis akan menunda jadwal rutinitas untuk pencapaian “goal” kamu tersebut.

Berikut adalah cara untuk mengatur tujuan pada kalender google.

1. Pada aplikasi Google Calendar, tekan tombol “Tambah” di pojok kanan bawah.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 1

 

2. Pada menu pop-up, tekan Goal.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 2

 

3. Selanjutnya, pilih jenis tujuan yang ingin kamu buat. Pilihan yang ada termasuk berolahraga, membangun keterampilan, meluangkan waktu untuk teman dan keluarga, mendapatkan waktu untuk diri sendiri (Me time), atau mengatur kehidupan kamu.

Dalam contoh ini, kami akan menetapkan tujuan untuk belajar bermain alat musik. Untuk tujuan lain langkah-langkah yang dilakukan sama seperti apa yang akan kami contohkan disini. Tekan “Build a Skill”

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 3

 

4. Pada Halaman berikutnya, pilih keterampilan pada kategori yang sesuai atau tekan “Custom …” untuk membuat kategori kamu sendiri. OK, selanjutnya pilih “Practice an instrument.”

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 4

 

 

5. Jika kamu memilih keterampilan yang sudah disediakan, Google Calendar akan memiliki beberapa saran bagi kamu agar tujuan kamu lebih spesifik. Kamu juga dapat mengetikan nama keterampilan kamu sendiri seperti apa yang kami lakukan pada contoh ini.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 5

6. Selanjutnya, pilih seberapa sering kamu ingin melakukan aktifitas untuk pencapaian tujuan kamu tersebut. Pilihan ini akan menentukan seberapa sering Google Calendar menetapkan aktifitas yang berulang.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 6

 

7. Dan kemudian tentukan berapa lama (menit dan jam) aktifitas  dalam satu sesi.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 7

8. Juga tentukan waktu terbaik dimana kamu bisa melakukan aktifitas tersebut misal kamu ingin melakukanya setiap malam maka pilih “Evening”.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 8

 

9. Setelah semua pengaturan telah selesai, Google Calendar akan menampilkan rangkuman untuk tujuan/ goal yang baru dibuat beserta dengan lampiran detail pilihan yang dipilih. Tekan tombol Selesai (tombol centang) untuk mengaktifkan tujuan.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 9

Jika kamu ingin mengubah pilihan pengaturan, kamu cukup tekan “More Options.”

Ketika kamu kembali ke tampilan awal kalender google, kamu akan melihat aktifitas untuk pencapain tujuan yang baru dibuat dan telah dijadwalkan secara otomatis.

Cara Menetapkan Tujuan Pada Google Calendar Step 10

 

Kamu dapat menekan setiap sesi aktifitas tertentu untuk melakukan pendundaan, menandainya telah selesai dilakukan, atau mengedit tujuan.

Kamu dapat mengklik tombol “Edit” untuk melihat opsi dan mengubah pengaturan satu sesi atau semua sesi dalam goal/ tujuan yang sama.

Jika kamu menemukan kamu tidak punya waktu untuk melakukan aktifitas, kamu bisa menekan tombol “Defer” untuk menundanya, dan Google Calendar secara otomatis akan mencari waktu lain agar kamu bisa melakukanya dilain hari.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.