5 Plugin Chrome untuk Mengelola Tab dan Penggunaan RAM

Salah satu dari banyak kelebihan Chrome dibanding browser lain adalah dukungan untuk sinkronisasi semua bookmark dan ekstensi Chrome dengan akun Google, selain itu chrom juga membuka tab baru menggunakan proses memori (RAM) yang terpisah sehingga kamu tidak perlu menutup chrome apabila salah satu tab error atau crash.

Namun, penggunaan proses memori yang terpisah berarti menggunakan banyak memori ketika kamu membuka banyak tab. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja untuk pengguna yang perangkatnya tidak memiliki RAM yang cukup.

Berikut adalah 5 plugin atau ekstensi chrome yang dapat membantu kamu mengelola tab dan meminimalkan penggunaan sumber daya memori yang digunakan pada Chrome. Jika kamu menjelajahi banyak web dan membuka banyak konten dalam beberapa tab, ekstensi Chome ini akan menjadikan pengalaman surfing web lebih baik dan lancar tanpa memperlambat komputer kamu yang pada akhirnya memungkinkan kamu untuk menjalankan banyak aplikasi lain selain browser Chrome.

Daftar plugin Chrome untuk pengelolaan tab dan memori agar browsing lebih baik dan lancar

1. TooManyTabs

Plugin Chrome untuk Mengelola Tab TooManyTabs MY

TooManyTabs adalah alat untuk mengelola tab yang mudah digunakan dan tampilan yang mudah dimengerti. Setelah menginstalnya, kamu akan melihat jendela popup di mana kamu bisa mendapatkan ringkasan dari semua tab yang terbuka/ aktif di Chrome.

Kamu kemudian dapat memilih untuk menonaktifkan sementara (klik tanda panah) tab yang kamu ingin simpan untuk diakses lagi nanti, dimana hal ini dapat mengurangi penggunaan memori oleh Chrome sehingga aktifitas browsing kamu lebih cepat dan lancar.

Link Download

 

2. Tab Hibernation

Plugin Chrome untuk Mengelola Tab Tab Hibernation

Tab Hibernation adalah plugin yang memungkinkan kamu untuk langsung menempatkan semua tab aktif lain kecuali yang sedang kamu lihat ke mode hibernasi (nonaktif). Setelah terinstal, tombol dalam bentuk bulan sabit akan muncul di akhir address bar.

Dengan mengklik tombol tombol bulan sabit tersebut, semua tab lain akan di hibernasi yang pada akhirnya akan mengirangi penggunaan memori oleh Chrom, menjadikan pengalaman suring web kamu lancar. Untuk mengaktifkan kembali tab yang di hibernasi, kamu cukup klik di mana saja di tab tersebut.

Link Download

 

3. OneTab

Plugin Chrome untuk Mengelola Tab OneTab

Jika kamu seseorang yang sering browsing web menggunakan banyak tab dan jendela pada browser, OneTab akan mengkompres semua tab yang dibuka/ sedang aktif ke dalam satu tab, sehingga kamu dapat melihat isi dari semua tab yang dibuka dari sana.

Hal ini akan mengurangi penggunaan memori oleh Chrome. Kamu dapat memilih untuk menutup tab, membukanya satu per satu atau mmembuka kembali semua tab. Kamu juga dapat mengelompokan tab tersebut ke dalam kategori khusus sehingga memungkinkan kamu untuk membukanya di lain waktu.

Link Download

 

4. TabMemFree

Plugin Chrome untuk Mengelola TabMemFree

Tidak punya waktu untuk secara manual mengatur banyak tab yang dibuka pada browser Chrome kamu? kamu dapat mencoba TabMemFree yang secara otomatis membantu kamu “memarkir” tab yang tidak aktif sehingga akan mengurangi penggunaan memori yang digunakan tab tertentu. TabMemFree akan secara otomatis menonaktifkan tab tertentu apabila tidak diakses selama lebih dari 15 menit.

Kamu dapat menetapkan batas waktu penonaktifan tab. Ketika kamu kembali ke tab yang dinonaktifkan, maka secara otomatis TabMemFree akan memuat ulang (reload) halaman pada teb tersebut pada kondisi terakhir kamu meninggalkanya. Misal terkahir kamu melihat halaman pada tab tersebut adalah sedang melihat akhir dari halaman maka TabMemFree akan mereload halaman dan menampilkan akhir halaman.

Link Download

 

5. The Great Suspender

The Great Suspender

The Great suspender membantu kamu menonaktifkan tab untuk mengurangi penggunaan memori oleh Chrome.cDengan mengklik tombol “suspender”. kamu dapat menonaktifkan tab yang sedang kamu lihat, menonaktifkan semua tab lain atau mengembalikan semua tab yang kamu nonaktif sebelumnya.

Alat ini memungkinkan untuk menonaktifkan tab secara otomatis maupun manual yang ini bisa dicapai dengan mengkonfigurasi pada pengaturan. Pengaturan juga memungkinkan kamu untuk menetapkan daftar putih (whitelist) situs-situs yang tidak boleh dinonaktifkan oleh The Great Suspender.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.