7 Aplikasi Overclock CPU Terbaik untuk Android

Overclocking adalah memaksa komputer atau komponen untuk berjalan pada frekuensi clock yang lebih cepat dari apa yang produsen tetapkan untuk keadaan penggunaan normal. Para penggemar overclock hardware sejati selalu mencari berbagai perangkat sebagai objek untuk mempraktekan kemampuan mereka dan menjadi sebuah tantangan dan kebanggan mereka apabila berhasil overclick sebuah perangkat.

Dan tidak mengherankan bahwa overclocking juga merambah Android sejak sistem operasi ini masih berlum begitu terkenaln. Bahkan, jika kamu masih mempunya perangkat android lama dan ingin meningkatkan kecepatannya, kamu bisa memanfaatkan teknik overclocking dengan cara meroot perangkat dan menginstal beberapa aplikasi yang ada di bawah.

Cara lainya adalah dengan menginstal ROM dan kernel custom yang memiliki alat overclocking! Tapi apa pun yang kamu pilih untuk melakukannya, jangan melakukan overclocking berlebihan pada prosesor smartphone kamu, karena ini akan menimbulkan ketidakstabilan pada sistem, dan tentu saja ada resiko kerusakan perangkat yang sangat nyata.

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik

1. SetCPU for Root Users

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik SetCPU for Root Users

SetCPU bekerja dengan baik pada banyak perangkat Android dan ROM, termasuk HTC One series, Samsung Galaxy, dan Nexus. Fungsionalitas pada SetCPU menawarkan otomatisasi dengan profil untuk mengubah pengaturan dalam kondisi tertentu. SetCPU juga termasuk memiliki “voltage control” yang tersedia untuk perangkat tertentu dengan kernel kustom yang mendukung.

Link Download

 

2. No-frills CPU Control

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik No-frills CPU Control

No-frills CPU Control memungkinkan kamu untuk mencapai frekuensi tertinggi dari CPU ponsel kamu, dimana ini akan berguna untuk untuk mendapatkan FPS yang tinggi ketika kamu sedangng memainkan game favorit.

No-frills CPU Control juga memungkinkan kamu untuk underclock CPU untuk menghemat baterai dengan mengorbankan kinerja. No-frills CPU Control dapat digunakan pada banyak perangkat yang telah diroot mulai dari HTC, Samsung, Motorola, LG, Huawei, ZTE, Oppo dan sejenisnya. Jika kamu merasa seorang overclocker sejati, kamu juga bisa mencobanya pada tab Kindle atau Nook Color. Banyak yang menyebutkan bahwa aplikasi ini tidak bekerja pada Zenithink zt180, tablet Flytouch, HaiPad M7 atau Tabtech M7, KW HTC dan Samsung.

Link Download

 

3. AnTuTu CPU Master

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik AnTuTu CPU Master (Free)

AnTuTu CPU Master adalah alat untuk mengubah kecepatan CPU/ GPU pada hp Android yang sudah di root. Fitur “CPU Master Automatic detection” dapat mendeteksi frekuensi yang bisa dicapai oleh CPU, sehingga kamu tidak harus memilih secara manual. Sementara itu, OverclockWidget dapat menunjukkan secara sekilas statistik CPU dan baterai, dan memungkinkan kamu untuk mengubah dengan cepat langsung dari widget.

Link Download

 

4. Overclock for Android

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik Overclock for Android

Aplikasi ini akan langsung inti dari proses overclock. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengubah pengaturan skala CPU, dan menetapkan profil CPU untuk setiap kondisi yang berbeda, widget cantik dengan informasi baterai, informasi temperatur dan CPU, mengatur frekuensi boot perangkat, menghitung tegangan, dll. Selain itu, ada fitur tambahan yang didukung pada semua perangkat seperti Ad blocker, cleaner memori, membersihkan cache, reboot, hot reboot, pemulihan, power-down, pengaturan lcd density, wifi Interval scan, dan fitur menarik lainnya.

Link Download

 

5. CPU Control

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik CPU Control

Ini mungkin salah satu aplikasi CPU paling sederhana untuk Android. CPU Control kompatibel dengan semua kernel (dan perangkat) yang mendukung overclocking dan undervolting. Kamu juga dapat mengatur tegangan baterai kamu untuk meningkatkan durasi hidup baterai. Aplikasi ini juga mempunya fitur berguna seperti I/O Scheduler,, PU Governor, live overclocking, profil, dan widget.

Link Download

 

6. Faux123 Kernel Enhancement Pro

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik Faux123 Kernel Enhancement

Aplikasi ini secara resmi mendukung smartphone yang telah diroot seperti:

  • Galaxy Nexus, Nexus 4, 5, 9, Google Nexus 7 2012/2013
  • Galaxy Note 3/4, HTC One M7/ M8, Samsung Galaxy S4/ S5
  • Oppo Find 5 dan 7
  • Moto G/ X generasi ke 1 atau ke 2

Secara tidak resmi, Faux123 Kernel Enhancement Pro juga mendukung semua ICS yang telah di root, JB, KK.

Aplikasi ini menawarkan kontrol tegangan yang lengkap untuk CPU, GPU, dan chipset Qualcomm. Aplikasi ini juga Mendukung pemilihan I/O scheduler, Low memory killer, pengaturan Gamma, pengaturan FastCharge , kontrol misc (sinkronisasi file secara dinamis, TCP congestion, manajemen daya WiFi) dan banyak lagi.

Link Download

 

7. [ROOT] Kernel Tweaker

Aplikasi Overclock CPU Android Terbaik Kernel Tweaker

Tuner yang sangat powerfull ini memungkinkan kamu mengatur pada frekuensi maksumum dan minimum dari CPU/ GPU, pengurangan voltase, menetapkan nilai-nilai kernel secara spesifik, dan banyak lagi. Ini adalah sebuah aplikasi open source yang mana pengembangannya sangat aktif, dengan tujuan agar aplikasi selalu tersedia secara gratis dan tanpa iklan.

Link Download

Thread Forum Resmi Kernel Tweaker

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.