Cara Disable Auto Update Android

Secara default aplikasi Android yang di download dari Google Play Store akan melakukan update secara otomatis. Jika kamu lebih suka mengkonfirmasi secara manual setiap update dan izin baru atau perubahan terkait dengan update, kamu dapat memilih untuk menonaktifkan auto update.

Cara Disable Auto Update Android

Untuk disable auto update di Play Store versi 5 dan terbaru, buka Play Store dan sentuh ikon menu di sudut kiri atas layar. Lalu scroll ke bawah dan pilih “Settings” pada menu.

Cara Disable Auto Update Android Step 1

Jika aplikasi kamu melakukan update secara otomatis, bisa dipastikan pengaturan yang aktif dari “Auto-update apps” di “General” dari “Settings” adalah “Auto-update apps at any time. Data charges may apply“. Untuk mengubah pengaturan ini sentuh “Auto-update apps“.

Cara Disable Auto Update Android Step 2

Untuk mencegah aplikasi secara otomatis melakukan auto update, pada kotak dialog “Auto-Update apps” pilih “Do not auto-update apps“.

Cara Disable Auto Update Android Step 3

Catatan: Jika kamu ingin aplikasi tetap bisa auto update, tetapi kamu ingin paket data internet kamu tidak habis karena terpakai untuk update otomatis, kamu bisa memilih “Auto-update apps over Wi-Fi only“. Pilihan ini memungkinkan aplikasi kamu untuk secara otomatis melakukan update hanya ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi, sehingga paket data internet kamu tidak terpakai untuk update aplikasi android.

Cara Disable Auto Update Android Step 4

Pada versi terbaru dari Google Play Store, kamu tetap bisa melihat izin untuk setiap aplikasi yang terinstal di Android kamu dengan memilih “Permission details” di bagian bawah halaman aplikasi.

Cara Disable Auto Update Android Step 6

Dengan update aplikasi secara manual, memungkinkan kamu untuk meninjau setiap izin untuk masing-masing aplikasi dan memastikan aplikasi tersebut memiliki hak akses/ izin yang kamu setujui atau masih dapat kamu tolerir.

Cara Disable Auto Update Android Step 7

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.