Tips dan Trik Terbaik untuk Pencarian Email di Gmail

Gmail adalah salah satu email terbaik yang ada saat ini. Setiap harinya kita menerima banyak email, dan itu akan menyulitkan jika kita ingin mencari email tertentu. Hal terbaik yang kita lakukan adalah menandai email dengan memberi bintang dan mengelola email dengan menggunakan label.

Tapi, semua itu tidak cukup untuk menemukan email tertentu jika jumlah email terlalu banyak. Untuk mengatasi ini kami memiliki beberapa tips pencarian di Gmail yang dapat membantu kita dengan cepat menemukan email dengan cepat dan akurat.

Tips dan Trik Pencarian di Gmail

Kamu perlu tahu tips pencarian untuk menemukan email tertentu di Gmail. Pada artikel ini, saya akan memberitahu kamu 5 tips terbaik untuk melakukan pencarian di Gmail yang bisa kamu lakukan sekarang juga. Mari kita mulai.

1. from: dan to:

Tips dan Trik Terbaik untuk Pencarian Email di Gmail FROM TO

Saat ini Gmail tidak menyediakan fitur untuk menyortir email berdasarkan penerima dan pengirim email. Tapi jangan khawatir karena kami memiliki operator pencarian untuk mengatasi ini. Gunakan “from:” untuk menemukan email dari pengirim tertentu dan gunakan “to:” untuk menemukan email yang dikirim ke alamat email tertentu.

 

2. filename:

Tips dan Trik Terbaik untuk Pencarian Email di Gmail filename

Ketika kamu ingin mencari email yang memiliki lampiran dengan tipe file tertentu, gunakan operator “filename:”. Cara ini tidak hanya untuk pencarian berdasarkan jenis file, namun dapat juga digunakan untuk mencari email berdasarkan nama lampiran.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan ‘filename: pdf’, maka kamu akan mendapati semua email yang memiliki lampiran dengan jenis file “.pdf”, kamu juga bisa menambahkan nama file seperti ‘filename:resume.pdf’ untuk mencari email yang memiliki lampiran “resume.pdf”.

 

3. in:

Tips dan Trik Terbaik untuk Pencarian Email di Gmail In

Seperti yang kita bahas di awal, Gmail memungkinkan kita untuk mengelola email dengan penggunaan label yang bertindak sebagai folder. Jadi, kita dapat mencari email berdasarkan label tertentu menggunakan operator “in:”. Tentukan nama label bersamaan dengan operator “in:” ditambah teks tambahan untuk pencarian. Jika kamu ingin mencari email di semua label kecuali dari spam dan sampah, maka kamu dapat menggunakan “in:anywhere”.

 

4. after: dan before:

Tips dan Trik Terbaik untuk Pencarian Email di Gmail after before

Gunakan operator “after:” dan “before:” untuk melakukan pencarian email berdasarkan rentang waktu tertentu. Ini adalah salah satu filter pencarian Gmail terbaik sekaligus paling rumit. Kamu dapat menggunakan masing-masing operator secara terpisah atau pun bersamaan untuk digunakan dalam pencarian email dalam jangka waktu tertentu.

Tips dan Trik Terbaik untuk Pencarian Email di Gmail timestamp

cari email yang diterima antara jam 1 sampai jam 6 pagi

Selain dapat melakukan pencarian email antara tanggal tertentu, ada juga cara untuk mencari email dengan berdasarkan waktu tertentu. Kita perlu mengkonversi tanggal dan waktu ke Epoch time yang bisa kamu lakukan di beberapa situs untuk convert waktu seperti epochconverter dan menggunakan hasil konversi tersebut dengan operatot “after:” dan “before:”.

 

5. Filter Starred Emails

Tips dan Trik Terbaik untuk Pencarian Email di Gmail Star

Ini dapat dikatakan sebuah query canggih daripada penelusuran lanjutan. Fitur ini unik di antara tips lain yang sudah disebutkan diatas karena dapat membantu kita untuk melakukan pencarian email berdasarkan pada tanda bintang tertentu. Jika kamu ingin menemukan email yang diberi tanda bintang dan ingin menemukan email dengan bintang tertentu, maka kamu dapat menggunakan operator “has:”. sebagai contoh kamu melakukan pencarian email yang diberi tanda bintang hijau menggunakan “has:green-star ”

Itulah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk mencari email di Gmail. Kamu dapat menggunakan operator-operator tersebut secara terpisah atau gabungan dari beberapa operator untuk membatasi pencarian untuk email tertentu. Kamu dapat melakukan percobaan dengan operator pencarian Gmail dengan mengklik tanda panah yang ada pada bar pencarian di Gmail.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.