10 Jenis Cryptocurrency Populer yang Perlu Kamu Ketahui

Cryptocurrency atau mata uang digital adalah salah penemuan dari Internet. Pada dasarnya seseorang di luar sana berpikir, “bagaimana jika kita dapat membuat sistem di mana uang tidak terikat pada suatu wilayah atau negara, seperti halnya internet” dan sekarang lebih dari 3000 cryptocurrency hadir di sekitar kita.

Tidak semua cryptocurrency diciptakan sama. Beberapa cryptocurrency memiliki fitur menakjubkan dengan teknologi blockchain yang menjadi dasar di balik penciptaannya. Sementara cryptocurrency lainya diciptakan sebagai lelucon.

10 Jenis Cryptocurrency Populer yang Perlu Kamu Ketahui BlockChain

Selain itu beberapa cryptocurrency merupakan bagian dari skema piramida yang rumit. Beberapa lainya dianggap tidak berguna karena dianggap tidak berharga. Setiap cryptocurrency bisa dinilai berharga ketika banyak orang yang memberikan nilai atau value pada satu cryptocurrency.

Seperti aset lainnya (seperti saham atau properti), harga cryptocurrency bisa naik dan turun dengan cepat, menjadikan cryptocurrency investasi yang sangat volatile dan berisiko. Berikut ini adalah 10 cryptocurrency yang cukup dikenal saat ini.

Catatan: Peringkat diambil dari CoinGecko, sebuah situs web yang merangking urutan cryptocurrency berdasarkan aktivitas pengembang, pengguna dan likuiditasnya.

Jenis Cryptocurrency Populer

1. Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency asli dan salah satu yang pertama ada. Bitcoin diciptakan dan dirilis pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto seorang tokoh anonim. Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar terbesar sampai saat ini sekitar 16 miliar USD, terbesar diantara semua cryptocurrency lain pada daftar ini.

Bagi kebanyakan orang pembahasan mengenai cryptocurrency pastinya juga membahas tentang Bitcoin. Karena Bitcoin memiliki reputasi besar, semua cryptocurrency lainnya disebut sebagai “altcoins” atau alternative coin karena merupakan alternatif dari Bitcoin.

 

2. Ether

Eter adalah cryptocurrency untuk Ethereum, platform desentralisasi yang dapat mengeksekusi peer-to-peer “smart contacts”. Pada September 2016 dan sebagai akibat dari serangan The DAO, Ethereum dipecah menjadi 2: Ethereum (ETH) dan Ethereum Klasik (ETC).

Ether di kembangkan oleh Vitalik Buterin dan diluncurkan pada pertengahan 2015 setelah sukses melakukan crowdsale, platform ini dipasarkan sebagai “cryptocurrency generasi berikutnya dan desentralisasi platform aplikasi” dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 3 miliar USD.

Istilah “Peer-to-peer smart contracts” yang dikenal di Ethereum merupakan penamaan lain dari cryptocurrency. Hal ini memungkinkan orang untuk melakukan pengkodean dan memberlakukan kontrak tanpa pihak ketiga.

 

3. Litecoin

Litecoin dirilis pada Oktober 2011 oleh mantan karyawan Google Charles Lee sebagai alternatif lain untuk Bitcoin. Secara keseluruhan, litecoin mirip dengan Bitcoin dan dapat ditambang (mined). Litecoin biasa digunakan sebagai mata uang untuk transaksi barang dan jasa.

Litecoin memiliki kapitalisasi pasar sekitar 500 juta USD, jauh mengecil sejak 2013 dimana pada saat itu mencapai 1,2 miliar USD.

 

4. Monero

Bitcoin sering disalahartikan sebagai mata uang “anonim” (padahal tidak). di sisi lain, Monero adalah cryptocurrency yang berfokus pada privasi dimana menggunakan “ring signature technology” menjadikan Monero cryptocurrency yang aman, privat dan tidak bisa dilacak.

Kapitalisasi Monero saat ini mencapai 300 juta USD. Monero banyak digunakan oleh individu yang ingin tetap anonim di web.

 

5. Ripple

Cryptocurrency berikutnya pada daftar adalah Ripple. Ripple sebenarnya adalah sebuah sistem gross settlement real-time, pertukaran mata uang dan jaringan pengiriman uang. Cryptocurrency ini disebut “ripples”, dirilis pada tahun 2012 dan dengan kapitalisasi pasar saat ini mencapai 1 miliar USD. Sistem Ripple telah diintegrasikan ke beberapa bank dan jaringan pembayaran untuk mengurangi biaya.

 

6. Dogecoin

Dogecoin awalnya dibuat sebagai “mata uang lelucon”, tapi saat ini menjadi cryptocurrency “serius” dengan banyaknya peminat. Digambarkan sebagai anjing di meme “Doge”, Dogecoin dirilis pada Desember 2013 oleh Billy Markus, dan kini sering digunakan untuk memberi tip pengguna di forum.

Dogecoin juga sering dikirim sebagai sumbangan dalam upaya penggalangan dana.

 

7. Dash

Dash (kependekan dari “digital cash”) adalah cryptocurrency dengan fokus pada privasi (menggunakan teknologi anonymization) dan kecepatan (transaksi). Dash merupakan nama baru dari Darkcoin sebagai upaya agar tidak dikaitkan dengan “dark web“.

Dash memiliki kapitalisasi pasar sebesar 400 juta USD. Kamu dapat menggunakan Dash di merchant yang menerimanya (lihat di sini).

 

8. MaidSafeCoin

MaidSafeCoin atau dikenal sebagai Safecoin, adalah cryptocurrency untuk jaringan SAFE (Secure Access For Everyone), yang merupakan platform keamanan data-centric. Dengan apa yang mereka sebut “crowd-sourced internet“, kamu dapat menyediakan ruang (penyimpanan) di komputer kamu untuk ditukarkan dengan koin.

Sejumlah aplikasi desentralisasi sekarang menggunakan jaringan SAFE untuk penyimpanan data dengan aman. Market cap untuk MaidSafeCoin sekitar 80 juta USD.

 

9. Lisk

Lisk adalah cryptocurrency crowdfunded, dan salah satu cryptocurrency unik. Mereka menyebutnya sebagai “modular cryptocurrency utilising sidechains“. Tidak seperti sistem lain pada daftar ini (selain Ethereum), sistem Lisk dapat digunakan oleh siapa saja untuk membuat apps blockchain sendiri yang terdesentralisasi (“dapps“) menggunakan bahasa pemrograman Javascript.

Dengan demikian mata uang ini memiliki nilai praktis dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis “dapps”, termasuk platform sosial media, toko e-commerce, dan banyak lainnya. Saat ini Lisk memiliki kapitalisasi pasar sekitar 30 juta USD.

 

10. Storjcoin X

Storj dirilis Storjcoin X pada bulan Juli 2014. Pada intinya, Storj merupakan desentralisasi cloud data storage open-source dan terenkripsi yang menggunakan token Storjcoin untuk mendapatkan akses dan penggunaan pada jaringan Storj. Storjcoin memiliki kapitalisasi pasar 13 juta USD.

 

Kesimpulan

Disamping daftar ini, terdapat banyak cryptocurrency lain yang yang lebih baru dimana menggabungkan berbagai keuntungan. Ada juga cryptocurrency yang mengalami penurunandan mungkin akan keluar dari daftar ini, seperti SiaCoin dan Counterparty. Hanya waktu yang akan memberitahu jika koin pada daftar ini akan tetap menjadi cryptocurrency yang populer dikalangan pengguna cryptocurrency.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.