22 Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows

Apabila kamu sedang siap-siap menginstall ulang program atau sistem operasi (contoh: install ulang Windows), kamu biasanya harus mencari dan memasukkan yang namanya product key (CD key) atau serial number sebelum lanjut proses instalasinya.

Normalnya, product key ini ada bersamaan pada CD instalasi atau di email konfirmasi order. Namun, kalaupun kamu menghilangkannya, kamu bisa menemukannya di Registry Windows, yang proses pencariannya susah dan bahkan bisa saja tidak mungkin dilakukan manual. Untungnya, banyak program key finder gratis yang bisa membantu. Berikut adalah 22 rekomendasi aplikasi key finder gratis terbaik.

1. Belarc Advisor

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Belarc Advisor

Belarc Advisor adalah standar aplikasi sistem informasi. DSG sudah pakai aplikasi ini selama beberapa tahun. Salah satu (bagian kecil) fitur Belarc Advisor adalah kemampuan untuk mengekstrak product key dari banyak program, termasuk Windows.

Kelebihannya adalah menampilkan informasi pada jendela peramban kamu sehingga tidak perlu risau akan adanya adware/toolbar yang tidak diinginkan. Aplikasi juga menyediakan daftar panjang data-data penting seputar komputer kamu.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8 & 8.1, Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2012/2008/2003, Windows XP, Windows 2000, Windows NT, Windows ME, Windows 98, dan Windows 95.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, 2010, (plus semua versi lawasnya), produk Microsoft enterprise, sebagian besar produk dari Adobe, Nero, Corel, dll., juga keys untuk video games populer.

Kamu bisa mencoba Belarc Advisor terlebih dahulu ketika butuh mencari product keys sebelum mencoba aplikasi yang lain, karena sejauh ini aplikasi ini yang menghasilkan hasil pencarian terbaik.

Link Download

 

2. Magical Jelly Bean Keyfinder

Magical Jelly Bean Keyfinder Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows

Magical Jelly Bean Keyfinder adalah utilitas gratis yang akan memperoleh product keys dari file registry. Aplikasi juga memiliki kemampuan untuk mencari product keys untuk program Microsoft Office dan banyak aplikasi non-Microsoft pastinya.

Keunggulan utamanya adalah ukurannya yang kecil, mudah digunakan, menampilkan product keys dengan instan, serta banyak opsi penyimpanan product keys.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows XP, Windows 2000, Windows ME, Windows 98, dan Windows 95.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2007, Office 2003, Office XP, dan beberapa program non-Microsoft.

Situs resminya mengatakan bahwa aplikasi ini bisa menemukan product keys untuk Office 2010 (dan versi di atasnya), tapi DSG belum coba.

Link Download

 

3. Winkeyfinder

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Winkeyfinder

Program Winkeyfinder adalah utilitas gratis lainnya yang akan memperoleh product keys dari registry.

Kelebihannya meliputi ukurannya yang kecil, tidak perlu instalasi (portabel), dan fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengubah informasi pengguna terdaftar.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, Windows ME, dan Windows 98.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2010, 2007, 2003, XP, 2000 SP2, dan 97.

Konon, Winkeyfinder bisa menampilkan product key untuk Windows 10, tapi belum dicoba sih.

Link Download

 

4. LicenseCrawler

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows LicenseCrawler

LicenseCrawler merupakan alternatif tool key finder yang baik.

LicenseCrawler berbeda dengan kebanyakan program key finder lainnya, tampilannya simpel dan mayoritas teks. Tanpa basa-basi dan sangat efektif dalam mencari serial number-nya banyak program di PC kamu.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows XP, dan Windows 2000.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, Office 2010, Office 2007, Office 2003, sebagian besar produk Adobe, dan banyak lagi.

DSG juga sudah mencoba menjalankan LicenseCrawler pada Windows 10 dan Windows 8 dan tidak menemui masalah.

Link Download

 

5. Keyfinder Thing

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Keyfinder Thing

Keyfinder Thing adalah utilitas gratis dan mudah digunakan untuk menemukan product keys dan serial number yang tersembunyi dalam registry Windows.

Kelebihannya adalah ukurannya yang kecil, portabel, dan kompatibel untuk mencari banyak program non-Microsoft.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows XP, Windows 2000, dan Windows ME.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2007, Office 2003, Office XP, Microsoft Money, Nero, Corel Suite, The Sims, dan banyak lagi.

Walau begitu, Keyfinder Thing belum bisa menemukan product keys yang work untuk Windows 10, Windows 8 maupun Windows NT.

Link Download

 

6. Product Key Finder

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Product Key Finder

Terlepas dari namanya yang kesannya kurang kreatif, Product Key Finder terbilang cukup baik untuk program key finder.

Setelah menjalankan Product Key Finder, sebuah window sederhana akan terbuka dan menampilkan semua product key Windows dan semua product key & serial number yang bisa ditemukan oleh Product Key Finder.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2008/2003, Windows XP, Windows 2000, Windows NT, dan Windows 98.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Sebagian besar aplikasi buatan Microsoft dan Adobe, ada lebih dari 200 kalau merujuk dari web resminya.

Sayangnya, Product Key Finder belum bisa digunakan untuk mencari keys pada Windows 8 atau Windows 10.

Link Download

 

7. ProduKey

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows ProduKey

Hal yang paling DSG suka dari ProduKey adalah betapa mudahnya dalam digunakan dan melakukan pencarian key secara lanjut, seperti mencari product keys dari remote registry. Ada juga versi Bahasa Indonesia-nya lho.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, Office 2010, Office 2007, Office 2003, Exchange Server, dan SQL Server.

Semua berjalan lancar meski waktu digunakan pada Windows 10 dan Windows 8.

Link Download

 

8. Windows Product Key Finder Pro

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Windows Product Key Finder Pro

Windows Product Key Finder Pro bikinan Gear Box ini merupakan tool fantastis lainnya yang dapat menemukan product keys Windows. Aplikasi juga dapat menemukan product keys untuk program Microsoft Office.

Keunggulannya meliputi ukuran kecil saat diunduh, dapat dijalankan dari flash disk atau drive portabel lain, tidak perlu mengekstrak file lagi alias portabel. Windows Product Key Finder Pro secara instan menampilkan product keys dan menyediakan opsi untukmu menyimpan atau mencetaknya.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows XP, dan Windows 2000.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, Office 2010, Office 2007, Office 2003, dan Office XP.

Jangan ketipu guys, kata “Pro” dalam aplikasi ini tidak berarti kamu harus membayar untuk menggunakannya. Gratis kok. Oh ya satu lagi, menurut pengembangnya bisa digunakan untuk menemukan product keys pada Windows 8 ke atas, namun waktu dicoba masih gagal.

Link Download

 

9. WinGuggle

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows WinGuggle

WinGuggle adalah program key finder yang sangat sederhana. WinGuggle akan dengan mudah menemukan product keys untuk sistem operasi Microsoft Windows populer dan beberapa program Microsoft Office.

Keunggulan-keunggulan utamanya meliputi ukuran download kecil, tidak perlu instalasi, ada beberapa tool lanjutan, dan tampilan antarmuka yang sederhana. WinGuggle secara instan akan menampilkan product keys Windows dan Office.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2010, Office 2007, Office 2003, dan Office XP.

Meski WinGuggle support Windows 8, Windows 10, dan MS Office 2013, waktu dicoba, masih mengalami kendala.

Link Download

 

10. SIW

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows SIW

SIW (System Information for Windows) adalah program portabel yang menampilkan banyak sekali info mendetail tentang instalasi Windows dan perangkat keras yang terhubung pada PC kamu.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows XP, Windows 2000, dan Windows NT.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2010, Office 2007, Office 2003, Office XP, dan produk Microsoft maupun non-Microsoft lainnya seperti produk buatan Adobe, Norton, Nero, AutoCAD, dan ratusan lainnya.

Walau sudah lama tidak diupdate, SIW masih berjalan baik, walau belum kompatibel untuk Windows 10 atau Windows 8.

Link Download

 

11. RockXP

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows RockXP

RockXP adalah program gratis lainnya yang memperoleh product keys dari registry.

Kelebihannya meliputi ukurannya yang kecil, tidak perlu instalasi, dan fitur-fitur lainnya seperti generator password dan password retriever.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows XP, Windows Vista, Server 2003, 2000, ME, dan 98.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2007 dan Office 2003.

DSG sudah coba menjalankan RockXP di Windows 10 dan Windows 7 tapi menunya tidak ada yang merespon, yang mungkin berarti program ini hanya bisa untuk Windows XP dan Vista.

Link Download

 

12. SterJo Key Finder

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows SterJo Key Finder

SterJo Key Finder merupakan key finder lain yang akan mencarikan product keys untuk lebih dari 500 game dan aplikasi yang terinstall pada PC Windows kamu (lokal) maupun yang remote.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows XP, Windows Server 2003.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, Office 2010, Office 2007, Office 2003, Office XP, Microsoft Money, Microsoft Works, dan banyak program Microsof maupun non-Microsoft lain seperti Adobe, Autodesk, Cyberlink, dll.

SterJo Key Finder merupakan cara jitu dalam mencari product keys karena mudah dibaca dan dipahami, kamu bisa mencari di antara hasil penemuannya, dan mendukung banyak sekali aplikasi.

Sayangnya, kadang SterJo Key Finder ngebug dengan menemukan dua product keys berbeda untuk satu program pada komputer, sehingga bikin bingung.

Link Download

 

13. Product Key Finder (OTT Solutions)

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Product Key Finder (OTT Solutions)

Satu lagi aplikasi key finder dengan nama yang tidak kreatif, tapi merupakan salah satu pilihan bagus kok.

DSG masukkan aplikasi ini dalam daftar karena didesain dengan baik, secara instan menemukan product keys, keys yang ketemu bisa disimpan dalam XML atau CSV, dan bisa juga mengganti product key Windows atau yang lain langsung dari aplikasi.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2008 & 2003, Windows XP, dan Windows 2000.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Sebagian besar versi Microsoft Office serta program Microsoft lainnya plus banyak aplikasi non-Microsoft juga.

DSG sudah mencoba aplikasi ini pada Windows 8 dan Windows 10, namun product key yang ditampilkan incorrect.

Link Download

 

14. MSKeyViewer Plus

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows MSKeyViewerPlus

Beberapa keunggulan program key finder yang satu ini meliputi: ukuran kecil, tidak perlu instalasi, dan tampilan antarmuka yang sangat mudah. Plus, product keys akan ditampilkan secara instan tanpa perlu pemindaian registry.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, Windows ME, Windows 95/98, dan Windows Server 2008 & 2003. Versi 64-bit juga didukung.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, Office 2010, Office 2007, Office 2003, Office XP, Office 2000, dan daftar panjang lain baik untuk program Microsoft maupun non-Microsoft.

Sayangnya masih belum kompatibel untuk Windows 8 dan Windows 10 nih. Bisa sih diinstall di Windows 10, tapi key yang keluar gak valid.

Link Download

 

15. Free PC Audit

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Free PC Audit

Free PC Audit merupakan tool sistem informasi yang tidak hanya menampilkan informasi perangkat keras, melainkan juga product keys untuk beberapa instalasi Windows dan Microsoft Office.

Aplikasi ini berukuran kecil, portabel, memindai otomatis, dan bisa menyalin keys dengan mudah.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan versi-versi jadul lain.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, Office 2010, Office 2007, Office 2003, dan versi-versi jadul lain, plus sebagian aplikasi buatan Adobe dan Corel.

Namun, karena banyaknya fitur dan informasi yang ada pada Free PC Audit, bisa jadi mubazir kalau kamu hanya menggunakannya untuk mencari keys saja.

Link Download

 

16. Windows Product Key Viewer

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Windows Product Key Viewer

Windows Product Key Viewer adalah program key finder lain yang akan menampilkan product key dari beberapa versi Windows.

Kamu bisa dengan mudah menyalin product key langsung dari program, mencetaknya, atau menyimpannya pada file. Detail tambahan juga akan ditampilkan, seperti ID produk, tanggal instalasi, dan build number.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows 2008/2003, Windows XP, Windows 2000, Windows ME, Windows 98, dan Windows 95.

Karena portabilitas dan ukurannya yang kecil, aplikasi ini cocok menjadi product key finder yang disimpan dalam flash disk.

Link Download

 

17. Lazesoft Windows Key Finder

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Lazesoft Windows Key Finder

Lazesoft Windows Key Finder adalah program gratis lain yang dapat menemukan product key dari banyak instalasi Windows dan versi Microsoft Office.

Program ini kecil, portabel, dan mudah digunakan. Kamu dapat mencetak atau menyimpan product keys pada sebuah file.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows Server 2012/2008/2003, Windows XP, dan Windows 2000.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2013, Office 2010, Office 2007, Office 2003, dan Office 2000.

Walaupun support untuk Office 2013, tapi waktu uji coba di Windows 10, Windows 8, dan Windows 7, program gagal menemukan key-nya.

Link Download

 

18. geProductKeys Finder

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows geProduct Key Finder

Bisa jadi, geProductKeys Finder adalah program key finder paling simpel yang pernah DSG gunakan. Kalau kamu butuh yang cepat-cepat terutama kalau masih pakai XP, geProductKeys bisa menjawab kepercayaan dengan baik.

Keunggulannya meliputi ukuran download yang sangat kecil, tidak perlu instalasi, dan tampilan antarmuka yang sangat sederhana.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows XP dan mungkin beberapa versi jadul lain. geProductKeys belum kompatibel dengan Windows 10, Windows 8, Windowss 7, atau Windows Vista.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: sebagian versi Microsoft Office dan beberapa aplikasi pihak ketiga.

Catatan: Kamu mungkin harus menonaktifkan Data Execution Prevention agar bisa menjalankan program ini pada Windows XP SP2 ke atas.

Link Download

 

19. Product Key Informer

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Product Key Informer

Product Key Informer merupakan program key finder lainnya namun hanya mendukung beberapa program Microsoft saja.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, Windows ME, dan Windows 98.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: Microsoft Office 2007, Office 2003, dan Office XP.

Sudah terbatas kompatibilitasnya, belum bisa untuk Windows 10 dan Windows 8 pula…

Link Download

 

20. Windows Product Key Finder

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Windows Product Key Finder

Windows Product Key Finder hanya berukuran 80 KB, portabel, dan dengan cepat menampilkan product key.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

Saat dibandingkan dengan program key finder lain dalam daftar ini, Windows Product Key Finder tergolong biasa saja dan hanya support OS Windows. Memang, aplikasi ini bisa dibuka di Windows 8 dan 10 tapi hasil temuan product key nya tidak akurat.

Link Download

 

21. Game Key Revealer

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Game Key Revealer

Game Key Revealer dapat menampilkan product keys lebih dari 2000 games. Portabel, berukuran kecil, serta bisa mengekspor keys pada sebuah file atau mencetaknya. Ntabs.

Dapat mencari product key untuk game seperti: Half-Life, Battlefield 2, Counter-Strike, Mirror’s Edge, Halo, Need for Speed, Dead Space, Crysis, Harry Potter, dll.

Selain menampilkan, keys juga bisa diganti di aplikasi ini.

Link Download

 

22. Abelssoft MyKeyFinder

Aplikasi Gratis untuk Mencari Product Key di Windows Abelssoft's MyKeyFinder

MyKeyFinder akan menyimpan product keys temuan ke dalam sebuah file PDF atau ke clipboard. Kamu juga bisa mencetaknya.

Kamu bisa mencari dalam daftar keys yang ada dan bahkan mem-blacklist registry keys sehingga program tidak akan mencari serial number di registry tersebut.

Dapat mencari product key untuk sistem operasi: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

Dapat mencari product key untuk aplikasi seperti: VMWare, beberapa produk Microsoft Office, dll.

Saat mencoba MyKeyFinder, proses scan terasa lebih lama daripada kebanyakan aplikasi dalam daftar ini. Dan juga, beberapa hasilnya terkadang tidak valid. Misalnya, Office 2013.

Link Download

 

Info penting tentang Product Key Finder Windows

Kalau dulu kamu beli PC sudah ada Microsoft Windows terinstall (bawaan), sebuah aplikasi key finder bisa sangat bermanfaat untuk menemukan product key yang dimasukkan oleh penjual atau pabrikan PC saat instalasi Windows.

Product key bisa saja tidak bekerja saat kamu install ulang Windows. Kalau sudah begini, biasanya kamu diminta memasukkan product key unik yang ada pada stiker yang ditempel pada case PC. Kalau stikernya gak ada, kamu bisa request product key Windows baru.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.